Bisnis
·
23 Juli 2021 5:39
·
waktu baca 2 menit

Cara Mempromosikan Diri di JobStreet Agar Cepat Dilirik Perusahaan

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Cara Mempromosikan Diri di JobStreet Agar Cepat Dilirik Perusahaan (73978)
searchPerbesar
Ilustrasi mempromosikan diri pencari kerja. Foto: Thinkstock
Cara mempromosikan diri di JobStreet perlu kamu ketahui jika kamu adalah seorang pencari kerja yang menggunakan situs JobStreet untuk mencari pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana telah diketahui, JobStreet merupakan salah satu perusahaan asal Malaysia yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia. JobStreet akan menghubungkan para penggunanya dengan berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai perusahaan.
Sejauh ini, JobStreet telah menghubungkan para pencari kerja dan perusahaan di wilayah Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, sampai Vietnam.
Agar bisa lebih efektif dalam menggunakan situs JobStreet, kamu perlu mempromosikan diri kamu dengan menuliskan deskripsi tentang diri kamu dalam 300 karakter agar perusahaan dapat melihat dan menilai kamu dengan baik. Tentunya 300 karakter terbilang cukup singkat dan kamu perlu cermat dalam mengemas segala hal tentang diri kamu dalam deskripsi singkat itu.
Menurut JobStreet, promosi singkat adalah salah satu hal terpenting dalam melamar pekerjaan di samping pengoptimalan CV. Bisa dibilang, promosi singkat yang ditulis akan menjadi kesan pertama para perekrut terhadap diri kamu.
Cara Mempromosikan Diri di JobStreet Agar Cepat Dilirik Perusahaan (73979)
searchPerbesar
Ilustrasi pencari kerja. Foto: Pixabay

Cara Mempromosikan Diri di JobStreet

Dilansir oleh Jobstreet di laman situsnya, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menulis data diri dan kemampuan yang dikuasai untuk mempromosikan kamu.
ADVERTISEMENT
1. Menulis dengan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
Tulisan dengan penggunaan tata bahasa yang baik seperti dalam hal tanda baca dan huruf kapital yang tepat, serta susunan kalimat yang baik dan kohesif akan mencerminkan karakter dan tingkat intelektual kamu. Akan menjadi nilai tambah jika kamu dapat menuliskannya ke dalam Bahasa Inggris dan tentunya dengan gramatika yang benar.
2. Memastikan Kemampuan Sesuai dengan Posisi yang Dilamar
Hal ini merupakan salah satu yang penting, sebab para perekrut tentunya ingin kandidat yang mempunyai pengalaman dan skill sesuai posisi yang dibuka. Kamu dapat menjelaskan keahlian dan pengalaman bekerja dengan kalimat singkat. Contohnya:
“Menguasai videografi. Mampu mengoperasikan Adobe Premiere. Pengalaman Kameramen di SCTV selama 5 tahun. Dapat berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.”
ADVERTISEMENT
Jika kamu merupakan seorang fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman kerja, kamu tetap perlu menjelaskan kemampuan yang dikuasai meskipun itu adalah hal-hal kecil atau umum dimiliki orang.
3. Menghindari Hal-Hal Generik
Sebaiknya usahakan untuk menghindari kalimat penutup dalam promosi seperti “Besar harapan saya dapat diterima”, atau “Saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan”. Pada nyatanya, HRD sudah terbiasa dengan kalimat-kalimat klise semacam itu dan hal-hal seperti itu tidak akan mendapat penilaian. Sebab, hal pertama yang dilihat rekruter adalah keahlian dan pengalaman. Kerja keras hanya dapat dinilai saat sudah mulai bekerja.
Jika melihat dari poin-poin di atas, kurang lebih tulisan promosi singkat yang baik dapat dicontohkan seperti ini.
“Lulusan baru S-1 Ilmu Komunikasi. Mempunyai kemampuan menulis artikel soft/hard news yang baik. Mengerti fotografi dan editing. Mampu menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Pengalaman magang di JobNews selama 3 bulan.“
ADVERTISEMENT
(AMP)