Konten dari Pengguna

Cara Mencari Buku di Perpustakaan Nasional, Ini Panduannya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
19 Oktober 2023 13:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Gedung Perpustakaan Nasional RI. Foto: Istimewa.
zoom-in-whitePerbesar
Gedung Perpustakaan Nasional RI. Foto: Istimewa.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bisa menjadi salah satu tujuan bagi masyarakat yang ingin membaca buku atau mengerjakan tugas-tugas kuliah maupun kantor.
ADVERTISEMENT
Namun, sebelum mengunjungi Perpustakaan Nasional, pengunjung sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apakah buku yang ingin dibaca atau dipinjam tersedia di sana atau tidak.
Lantas, bagaimana cara mencari buku di Perpustakaan Nasional? Simak uraian artikel Berita Bisnis di bawah ini untuk mengetahui panduan lengkapnya.

Cara Mencari Buku di Perpustakaan Nasional

Situs Online Public Access Catalog Perpustakaan Nasional RI. Foto: Tangkapan Layar/opac.perpusnas.go.id
Cara mencari buku di Perpustakaan Nasional bisa dilakukan secara mandiri dengan mengakses situs Online Public Access Catalog Perpustakaan Nasional RI. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT

Sekilas tentang Perpustakaan Nasional

Gedung Perpustakaan Nasional RI. Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan.
Gedung Perpustakaan Nasional terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, RW 2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta.
Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2017, Perpustakaan Nasional menjadi gedung perpustakaan nasional tertinggi di dunia dengan 27 lantai dan 3 basement.
Buku di perpustakaan ini termasuk ke dalam golongan koleksi tertutup, artinya hanya bisa dipinjam untuk dibawa keluar oleh para anggotanya. Untuk mendaftar sebagai anggota, masyarakat bisa datang langsung ke Perpustakaan Nasional.
ADVERTISEMENT
Tak hanya bisa melihat beragam koleksi buku, Perpustakaan Nasional juga menyediakan area beranda terbuka yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan kota Jakarta dari lantai teratas gedung ini.
(NDA)