Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir, Ini Tipsnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
25 Januari 2022 15:23
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir, Ini Tipsnya (75168)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mencari NIK KTP. foto: Shutterstock
Sedang membutuhkan informasi mengenai cara mencari NIK KTP berdasarkan nama dan tanggal lahir secara online? Sebenarnya, kamu bisa menemukan Nomor Induk Kependudukan di Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
ADVERTISEMENT
NIK terdiri dari kombinasi angka yang berbeda pada tiap pemiliknya. Kombinasi angka ini bukanlah kombinasi acak, melainkan memiliki arti tertentu di dalamnya.
Dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, Nomor Induk Kependudukan atau yang disebut dengan NIK adalah 16 digit nomor identitas penduduk yang sifatnya unik atau khas, tunggal, dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia sehingga berbeda satu sama lain, serta tak akan bisa diubah sampai yang bersangkutan meninggal dunia.

Kode Penyusun NIK

Cara mencari NIK berdasarkan nama dan tanggal lahir tentunya tidak semudah yang kamu bayangkan. Apalagi, NIK terdiri dari 16 digit angka unik yang khas pada setiap orang.
Kode penyusun NIK terdiri dari:
  • 2 digit awal merupakan kode provinsi.
  • 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten.
  • 2 digit sesudahnya kode kecamatan.
  • 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40).
  • 4 digit terakhir merupakan nomor urut orang yang mempunyai tanggal kelahiran yang sama dalam 1 wilayah kecamatan, dimulai dari 0001.
ADVERTISEMENT
Contoh:
Seorang perempuan lahir di Kota Bandung tanggal 17 Agustus 1990 maka NIK-nya adalah: 10 50 24 570890 0001. Apabila ada perempuan lain dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 570890 0002. Apabila ada orang lain (laki-laki) dengan domisili dan tanggal lahir yang sama mendaftar, maka NIK-nya adalah 10 50 24 170890 0001.
Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir, Ini Tipsnya (75169)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mencari NIK KTP. foto: Shutterstock
Beberapa waktu yang lalu sempat beredar informasi bahwa seseorang dapat mencari NIK berdasarkan nama dan tanggal lahir secara online. Menurut informasi tersebut, cara cek NIK KTP secara online ini dapat dilakukan melalui laman dukcapil.kemendagri.go.id dan beberapa aplikasi yang bebas diunduh.
Namun, apakah informasi mengenai cara cek NIK KTP ini benar adanya? Faktanya saat membuka laman dukcapil.kemendagri.go.id tidak ada layanan untuk cek NIK KTP secara online.
ADVERTISEMENT
Kementerian Dalam Negeri memang sempat membuka layanan pengecekan NIK KTP secara online melalui tautan dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Namun, sejak 2016 silam layanan ini telah ditutup. Hal ini dilakukan guna mencegah adanya penyalahgunaan identitas oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir

Cara Mencari NIK KTP Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir
Lantas bagaimana jika ingin mencari NIK KTP secara online? Sebagai solusi, kamu dapat melakukan cek NIK e-KTP online dengan praktis dan mudah melalui WhatsApp, website, email, dan call center.
1. Cara Cek NIK KTP Via WhatsApp
Mengecek NIK KTP bisa dilakukan melalui WhatsApp dengan mengontak ke nomor Dukcapil pusat. Cara ini terbilang mudah, karena kamu cukup membuka aplikasi WhatsApp di HP kamu dan mengirim pesan dengan cara dan format sebagai berikut. 1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu. 2. Ketik nama lengkap sesuai dengan KTP. 3. Ketik NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. 4. Kirim ke nomor WhatsApp 0813-2691-2479.
2. Cara Cek NIK KTP Via Website
Terdapat situs layanan resmi dari Disdukcapil sesuai dengan wilayah di mana KTP berada. Kamu dapat melakukan pengecekan pada website Disdukcapil sesuai daerah kamu, karena setiap daerahnya memiliki website yang berbeda-beda. Nantinya kamu tinggal mencari menu pengecekan NIK di website tersebut dan mengetikkan 16 digit NIK di kolom yang tersedia dan informasi data kependudukan pun bisa terlihat di layar. Berikut beberapa daerah di Indonesia dan website resminya. - Bekasi= bekasikota.go.id/ceknik - Bandung= disdukcapil.bandung.go.id - Serang= disdukcapilonline.serangkota.go.id/layanan/checknik - Surabaya= dispendukcapil.surabaya.go.id - Tangerang Selatan= kependudukan.tangerangkota.go.id
3. Cara Cek NIK KTP Online Via Email
Pengecekan NIK KTP secara online juga bisa dilakukan melalui email. Kamu bisa melakukannya dengan mengirim email ke Disdukcapil. Isi email yang akan kamu kirim untuk mengecek NIK KTP dengan format berikut: 1. Silakan buka aplikasi email dan klik kirim pesan 2. Ketik #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telepon# Keluhan di badan email. 3. Kemudian kirim ke email Disdukcapil di [email protected]
4. Cara Cek NIK KTP Online Via Call Center
Cara cek NIK KTP online yang terakhir adalah dengan menghubungi hotline Disdukcapil di nomor 1500-537, namun siapkan pulsa untuk menghubungi karena layanan ini berbayar alias tidak gratis.
Semoga bermanfaat!
(SRS)