Cara Mencari NIP Seseorang Melalui Aplikasi MySAPK

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
25 November 2022 15:38
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencari NIP seseorang melalui aplikasi MySAPK. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencari NIP seseorang melalui aplikasi MySAPK. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Cara mencari NIP seseorang bisa dilakukan melalui aplikasi MySAPK. NIP sendiri merupakan singkatan dari Nomor Identitas Pegawai, ini erat kaitannya dengan profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Menurut buku Manajemen Kepegawaian Sipil Indonesia Edisi Kedua tulisan Miftah Thoha, NIP terdiri dari 18 angka yang terdiri dari tanggal lahir, jenis kelamin, dan juga tahun pengangkatan. NIP digunakan untuk membedakan antara PNS yang satu dengan yang lainnya.
Di dalam NIP berisi profil seorang PNS mulai dari data personal, kualifikasi, rekam jejak jabatan, kompetensi, riwayat pengembangan kompetensi, riwayat hasil penilaian kinerja, dan informasi kepegawaian lainnya.
NIP umumnya akan diberikan kepada PNS saat tahap pemberkasan setelah lolos seleksi CPNS. Lantas, bagaimana cara cek NIP seorang PNS melalui aplikasi MySAPK? Simak tutorialnya dalam uraian di bawah ini.

Cara Mencari NIP Seseorang Melalui Aplikasi MySAPK

Ilustrasi profil PNS melalui NIP. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi profil PNS melalui NIP. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Berdasarkan informasi dari laman resmi bkn.go.id, cara mencari NIP seseorang bisa dilakukan melalui aplikasi MySAPK. Aplikasi ini merupakan sistem pelayanan Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi memudahkan PNS di seluruh instansi untuk mengakses data kepegawaian.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu aplikasi yang memudahkan pelayanan kepegawaian, aplikasi MySAPK memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan. Mulai dari mengakses data profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, e-Lapkin, personalisasi, hingga memiliki fitur mengubah data diri.
Adapun data diri yang bisa ditingkatkan (upgrade) melalui aplikasi MySAPK PNS adalah data jabatan, data SKP, data pendidikan, data penghargaan, hingga data prestasi dan kursus. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, data kepegawaian PNS bisa diakses dengan mudah.
Mengutip laman Bima Pajak, berikut cara cek NIP seorang PNS melalui aplikasi MySAPK selengkapnya yang bisa dilakukan dengan mudah.
  1. Unduh aplikasi MySAPK pada Google Play Store maupun App Store.
  2. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan masukkan NIP sebagai username dan NIK sebagai password dari aplikasi.
  3. Masukkan kode captcha sesuai yang diperintahkan kemudian klik Next.
  4. Secara otomatis data profil PNS akan langsung ditampilkan.
Logo aplikasi MySAPK. Foto: BKN RI
zoom-in-whitePerbesar
Logo aplikasi MySAPK. Foto: BKN RI
Dengan mengecek NIP secara rutin, seorang PNS akan mengetahui status kepegawaian beserta informasi-informasi lainnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, pengecekan NIP juga berfungsi untuk mempermudah proses administrasi kepegawaian dan status kenaikan pangkat pada PNS yang bersangkutan.
Oleh karena itu, jangan lupa periksa informasi pribadi seperti data diri, golongan, jabatan, posisi, pangkat, dan data lainnya. Jika dalam informasi tersebut ada beberapa hal yang tidak pas atau tidak sesuai, langsung hubungi pihak BKN masing-masing atau pengelola kepegawaian instansi.
Sebab, profil PNS yang tidak sesuai akan menyebabkan kerugian untuk pegawai negeri sipil itu sendiri. Biasanya gaji dan tunjangan yang diterima tidak sesuai dengan pangkat yang seharusnya.
(NDA)
Apa itu NIP?
chevron-down
Mengapa harus cek NIP?
chevron-down
Apa saja fitur yang tersedia dalam MySAPK?
chevron-down