Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi, Begini Tipsnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
5 Juli 2022 17:04
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi perhiasan emas. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perhiasan emas. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Emas merupakan logam mulia dengan warna kilau kekuningan yang terlihat mewah. Itulah sebabnya, tak sedikit pemiliknya yang mencari tahu cara mencuci emas biar kuning lagi. Dengan begitu, tampilannya bisa tetap megah meski telah digunakan ataupun disimpan bertahun lamanya.
ADVERTISEMENT
Tak dapat dimungkiri, emas merupakan salah satu jenis perhiasan yang banyak digemari. Logam mulia yang dapat dibentuk menjadi berbagai aksesori itu dapat dijadikan opsi investasi sekaligus benda untuk mempercantik diri.
Karena banyak yang menggunakannya sebagai aksesori penunjang penampilan, cara mencuci emas agar tampilannya kembali menjadi baru penting untuk diketahui. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cara Mencuci Emas Biar Kuning Lagi

Mencuci emas merupakan bagian dari rutinitas perawatan yang tak boleh terlewatkan. Sebab, jika tak disimpan dan dirawat dengan baik, emas berisiko mengalami kecacatan yang secara tak langsung memengaruhi harga jualnya di pasaran. Dihimpun dari laman Jewelers Mutual, berikut cara mencuci emas biar kuning lagi yang dapat dipraktikkan dengan mudah:
ADVERTISEMENT
  1. Pakai sarung tangan sebelum mencuci emas.
  2. Campurkan sedikit deterjen pencuci piring ke dalam air hangat. Dalam proses ini, jangan gunakan air panas. Sebab, hal itu justru dapat merusak emas.
  3. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes amonia ke dalam larutan tersebut.
  4. Sikat emas dengan hati-hati menggunakan sikat gigi baru bertekstur lembut.
  5. Kemudian, bilas dengan air hangat.
  6. Lalu, keringkan emas yang telah dicuci menggunakan handuk atau kain biasa.
  7. Kini emas pun tampak bersih dan berkilau kembali.
Selain mencucinya secara manual di rumah, mengembalikan tampilan emas menjadi kuning kembali bisa dilakukan dengan menyepuhnya. Kamu bisa mendatangi toko emas tempat perhiasan dibeli. Biasanya, toko atau gerai tersebut menyediakan jasa penyepuhan emas agar tampilannya kembali berkilau.
Ilustrasi emas yang sudah dicuci menjadi mengkilap kembali. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi emas yang sudah dicuci menjadi mengkilap kembali. Foto: Unsplash.com
Menyadur laman Reader's Digest, metode menyepuhkan emas ke toko atau gerai pembelian emas dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
ADVERTISEMENT
  1. Bawa emas yang akan disepuhkan ke toko atau gerai tempat kamu membelinya.
  2. Petugas akan membersihkan emas dengan mesin pembersih ultrasonik. Selain itu, mereka akan mencelupkan emas ke dalam wadah berisi cairan khusus.
  3. Selesai, kini emas memiliki tampilan layaknya baru dibeli.
Umumnya, toko emas tak memberlakukan biaya tambahan untuk mencuci produk yang dibeli di tempat yang sama. Sebab, hal itu merupakan bagian dari layanan yang ditawarkan ke pelanggan.
Untuk itu, pastikan kamu membawa emas ke toko atau gerai sesuai tempat pertama kali membelinya. Bila perlu, bawa surat atau nota pembelian guna mempermudah proses mencuci emas yang dimiliki.
Dengan mengetahui dua cara di atas, semoga siapa pun yang ingin mengembalikan tampilan emas pribadi seperti sedia kala dapat terbantu. Selamat mencoba!
ADVERTISEMENT
(ANM)