Cara Mengatasi Shopee Error Berdasarkan Penyebabnya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
28 Desember 2022 15:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi Shopee error. Foto: Jofie Yordan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi Shopee error. Foto: Jofie Yordan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi Shopee error dapat dilakukan dengan mengetahui penyebab masalahnya terlebih dulu. Ketika pengguna mengalami erRor saat mengakses Shopee, jangan panik karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.
ADVERTISEMENT
Penasaran dengan metode untuk memperbaiki Shopee yang eror? Simak informasi dari Berita Bisnis selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Aplikasi Shopee Error

Ilustrasi cara mengatasi Shopee error. Foto: Unsplash
Ada beragam alasan aplikasi Shopee error, misalnya, karena koneksi Internet tidak stabil, gangguan pada server, aplikasi belum diperbarui ke versi terbaru, dan lainnya. Untuk memahami lebih jelas penyebab Shopee eror, baca informasinya berikut ini.

1. Jaringan Internet lambat

Disadur dari help.shopee.co.id, penyebab aplikasi Shopee eror bisa jadi karena jaringan Internet yang digunakan bermasalah, seperti lambat atau tidak ada sinyal.
Untuk mengakses Shopee dengan nyaman pengguna harus memakai koneksi Internet yang stabil agar semua fitur dan layanan dapat diakses.

2. Ada bug di aplikasi

Alasan aplikasi Shopee error yang selanjutnya ialah karena ada bug di aplikasi. Disadur dari Pemrograman Dasar untuk SMK/MAK Kelas X, bug adalah bentuk kerusakan dalam sebuah aplikasi sehingga aplikasi tak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika ada bug, aplikasi tak bekerja secara optimal.
ADVERTISEMENT

3. Server tidak menampung banyaknya kunjungan

Jenis galat kali ini dapat digambarkan dengan keadaan aplikasi yang melambat, lemot atau berat saat digunakan. Bila mengalami keadaan seperti ini biasanya server Shopee tak mampu menampung banyaknya kunjungan dalam satu waktu.
Hal tersebut umumnya terjadi saat ada acara besar seperti tanggal kembar, promo hari raya keagamaan, ulang tahun Shopee, dan lainnya.

4. Aplikasi belum diperbarui ke versi terbaru

Penyebab lain erornya aplikasi Shopee ialah karena pengguna belum memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Padahal pembaruan ini sangat penting karena pengguna akan mendapat fitur terbaru dari Shopee.

Cara Mengatasi Shopee Error

Ilustrasi cara mengatasi Shopee error. Foto: Unsplash
Setelah memahami berbagai penyebab Shopee error, kini kamu bisa langsung mengatasinya berdasarkan penyebab yang dialami. Berikut Berita Bisnis rangkum cara mengatasi Shopee eror dengan mudah, mari simak!
ADVERTISEMENT

1. Periksa koneksi Internet

Cara mengatasi Shopee eror yang pertama ialah dengan memastikan koneksi Internet stabil. Pasalnya jika jaringan internet buruk, masalah Shopee eror akan terjadi.
Menurut laman Support Microsoft, kamu bisa menyalakan dan menonaktifkan kembali Airplane Mode untuk memulai ulang koneksi Internet. Kemudian kamu juga bisa berpindah tempat untuk mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih luas.

2. Hapus Recent Apps

Cara kedua untuk memperbaiki Shopee yang eror ialah dengan menghapus aplikasi yang ada di background atau latar belakang. Tujuannya, untuk membersihkan memori ponsel setelah beberapa lama digunakan. Untuk caranya ialah seperti berikut:
ADVERTISEMENT

3. Hapus Cache

Menghapus cache atau singgahan menjadi cara paling umum yang dilakukan pengguna jika ponsel mengalami eror, termasuk galat pada aplikasi Shopee.
Dikutip dari www.shopee.co.id, pengguna bisa menghapus cache lewat aplikasi Shopee langsung. Agar tidak bingung, ikuti cara berikut.

4. Update Shopee ke Versi Terbaru

Shopee rutin memperbarui fitur yang dimiliki dan biasanya pembaruan ini dilakukan secara berkala. Agar aplikasi Shopee di ponsel tidak eror, pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Bagi yang belum tahu cara memperbaruinya ikuti langkah di bawah:
ADVERTISEMENT
(ZHR)