Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online agar Tak Tersebar

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
20 Juli 2022 17:37
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menghapus data KTP di pinjaman online. Foto: kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menghapus data KTP di pinjaman online. Foto: kumparan
ADVERTISEMENT
Cara menghapus data KTP di pinjaman online bisa dilakukan melalui berbagai metode. Cara ini kerap dicari oleh pengguna yang sering mendapat SMS atau pesan WhatsApp berisi tawaran pinjaman online. Biasanya aktivitas ini dilakukan oleh perusahaan pinjol ilegal yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
ADVERTISEMENT
Umumnya pihak pinjaman online tersebut mengirim pesan dalam jumlah yang banyak, bahkan bisa mencapai 3 sampai 5 SMS per hari dengan nomor berbeda-beda. Hal ini dapat menganggu kenyamanan pengguna karena data pribadinya berpotensi tersebar. Sebab, data KTP atau nomor HP sudah masuk ke dalam sistem SMS blast.
Adapun tujuan perusahaan pinjol mengirimkan SMS ke pengguna ialah agar mendapatkan nasabah yang meminjam uang di perusahaan tersebut. Dengan begitu perusahaan pinjol akan mendapat untung dari bunga yang diberlakukan.
Padahal dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan sudah disebutkan bahwa perusahaan pinjol dilarang menawarkan produk lewat SMS karena cara tersebut menggangu kenyaman orang lain.

Cara Menghapus Data KTP di Pinjaman Online

Ilustrasi pinjaman online. Foto: Dok. Finmas
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pinjaman online. Foto: Dok. Finmas
Cara menghapus data KTP di pinjaman online perlu dilakukan dengan segera agar kamu tak terus menerus menerima SMS atau pesan WhatsApp dari perusahaan pinjol.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menawarkan produk, ada banyak perusahaan pinjol ilegal yang menagih utang dengan menyadap nomor HP saudara atau teman yang disimpan di kontak HP pribadi.
Perusahaan pinjol akan menagih ke nomor HP saudara atau teman dekat dengan perkataan kasar. Sebab itulah kamu harus mengetahui cara menghapus data KTP di pinjaman online agar tak diteror penagih utang (debt collector). Secara lebih jelas berikut langkah menghapus data di pinjaman online yang dikutip dari laman www.pentarukkp.id.
  1. Jika masih mempunyai utang di pinjaman online, pastikan kamu melunasi terlebih dahulu utang di aplikasi pinjol tersebut.
  2. Kalau sudah lunas kamu bisa menghubungi customer service pinjol tersebut. Sampaikan bahwa kamu ingin mengajukan permohonan penghapusan data pribadi.
  3. Setelah disetujui, selanjutnya hapus aplikasi pinjol tersebut agar tak bisa lagi mengakses perizinan di HP yang kamu gunakan. Biasanya setelah mengunduh dan menginstal aplikasi baru kamu akan diminta memberi akses perizinan, seperti perizinan kontak HP, lokasi, dan SMS. Dengan menghapus aplikasi pinjol tersebut maka secara otomatis izin akses akan terputus.
  4. Apabila pinjol tersebut masih menghubungi dan kamu merasa sangat terganggu, ganti nomor HP dengan kartu SIM yang baru.
  5. Terakhir, jika kamu tidak bersedia mengganti nomor HP laporkan penyalahgunaan data pribadi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu bisa menghubunginya lewat panggilan telepon di nomor 157 atau email pada alamat [email protected]
ADVERTISEMENT
Itu dia informasi mengenai cara menghapus data KTP di pinjaman online. Semoga membantu!
(ZHR)