Cara Menjadi Reseller Shopee dan Perbedaannya dengan Dropship

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
17 Maret 2022 13:37
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menjadi reseller di shopee. Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menjadi reseller di shopee. Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
ADVERTISEMENT
Menjadi reseller sangat cocok bagi para pemula yang ingin terjun dalam dunia bisnis online yang sedang mencari peluang usaha. Simak cara menjadi reseller Shopee dan perbedaannya dengan dropship yang akan diulas melalui artikel berikut.
ADVERTISEMENT
Kata reseller bisa diartikan sebagai ‘orang yang menjual kembali’, atau menjual kembali produk yang dijual oleh pihak pertama atau dengan kata lain produsen. Semua orang mampu menjadi seorang reseller yang hebat, mulai dari ibu rumah tangga, hingga pelajar sekalipun juga bisa menekuni bisnis online ini. Hal tersebut lantaran bisnis ini tak memiliki batasan usia, tak mengenal waktu, dan fleksibel.
Seorang reseller tak perlu repot-repot memproduksi suatu barang, cukup membeli produk dari supplier atau pedagang lain kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Perbedaan Reseller dan Dropship

Salah satu sistem yang berlaku dalam dunia bisnis online adalah reseller dan dropship. Reseller merupakan model jualan barang yang memerlukan modal tidak sedikit tetapi menghasilkan omzet yang tinggi. Selisih harga jual kepada konsumen dan harga beli dari supplier menjadi keuntungan yang bagi para reseller.
ADVERTISEMENT
Dropship merupakan model jualan barang secara online yang banyak digandrungi masyarakat, lantaran modal yang diperlukan hanya sedikit bahkan nyaris tak ada. Karena dropshipper akan memproses orderan tersebut langsung kepada supplier dengan mekanisme dropship.
Keuntungan yang didapat sangatlah berbeda antara reseller dan dropshipper. Pada umumnya, dropshipper akan mendapatkan keuntungan sebesar 10% hingga 20% dari setiap produk dagangannya.
Sementara reseller, bisa mendapatkan untung yang besar jika bisa mendapatkan stok barang dengan harga yang murah. Biasanya pembelian produk dalam jumlah yang banyak akan mendapatkan harga yang murah dan kompetitif.
Ilustrasi cara menjadi reseller di shopee. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menjadi reseller di shopee. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
Tertarik menjadi reseller dan dropship di Shopee? Berikut langkah-langkah menjadi seorang reseller.

Cara Kerja Reseller

  1. Reseller akan mencari supplier barang dengan harga serendah mungkin namun memiliki kualitas yang tinggi.
  2. Reseller akan melakukan stock barang (modal relatif besar).
  3. Reseller akan menentukan harga jual barang dan mulai memasarkan produknya di media sosial.
  4. Reseller akan memproses orderan barang secara langsung kepada konsumen.
ADVERTISEMENT

Cara Menjadi Reseller Shopee

Cara Menjadi Reseller Shopee
Berikut ini adalah cara dan tips menjadi reseller Shopee yang sukses dan untung.
1. Pastikan Modal
Karena reseller mempunyai sistem stock, kamu kamu harus memiliki modal terlebih dahulu. Sesuaikan modal yang kamu punya dengan banyaknya stok barang. Jika kamu memiliki modal yang sedikit, mulailah dengan stok yang sedikit pula. Ingatlah pepatah "Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit".
2. Pilih Produk yang Menarik Dijual
Pilih produk menarik yang akan kamu jual. Carilah produk yang memiliki pangsa pasar yang tinggi agar keuntungan yang kamu peroleh bisa maksimal.
3. Pilih Produk Berdasarkan Kemampuan Modal
Pilihlah produk berdasarkan modal yang kamu miliki. Kamu bisa memilih produk makanan ringan, makeup, pakaian, otomotif atau produk lainnya sesuai dengan target pasar yang kamu miliki.
4. Cari Suplier yang Terpercaya
Mencari supplier yang berkualitas dan terpercaya. Lakukanlah survei ke beberapa supplier, agar kamu dapat membandingkan dan mendapatkan supplier yang menguntungkan.
5. Membuat Akun Jualan di Shopee
Membuat akun jualan"Toko Saya" di marketplace Shopee. Setelah membuat akun kamu bisa langsung membuka toko dengan cara mengklik Jual lalu masukkan profil toko berupa nama, deskripsi, foto, dan spanduk digital (banner). Kemudian masukkan alamat toko dan nomor rekening bank untuk mencairkan penghasilan dari penjualan.
6. Tentukan Harga Jual Produk
Sebelum memposting produk dan menetapkan harga jual, amati dan pelajari kompetitor yang ada di lapangan. Perhatikanlah berapa harga yang kompetitor kamu tawarkan untuk menjual produk serupa.
7. Posting Produk di Toko Shopee
Memposting produk yang dijual dengan mengklik "Tambah Produk Baru" lalu masukkan foto, deskripsi, nama produk, ukuran, merk, dan lainnya. Pastikan foto yang diunggah memiliki resolusi yang baik. Pastikan juga deskripsi produk sesuai dengan keadaan produk yang dijual. Lalu klik Tampilkan.
8. Promosikan Produk
Mempromosikan produk yang dijual. Setelah kamu berhasil menemukan dan menyetok produk yang sesuai, inilah saat bagi kamu untuk menjual produk tersebut melalui marketplace atau media sosial. Pilihlah platform yang memang sesuai dengan target pasar yang dituju.
9. Update Harga dan Produk
Apabila harga yang diberikan supplier naik, kamu dapat memperbarui dengan mengupdate harga di toko kamu.
10. Proses Transaksi dengan Baik
Apabila ada transaksi yang masuk, layani pelanggan dengan baik dan ramah.

Cara Dropship di Shopee untuk Pemula

Ilustrasi cara dropship di shopee. Foto: Dokumentasi Shopee
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara dropship di shopee. Foto: Dokumentasi Shopee
Melansir dari Pusat Bantuan Shopee, dropshipper memungkinkan pengguna Shopee untuk membeli produk di Shopee dan menjual kembali atas nama penjual yang menggunakan fitur dropshipper. Produk yang dibeli dari Shopee akan dikirim langsung ke pembeli.
1. Membuat Akun Shopee
Langkah pertama untuk menjadi dropshipper, kamu harus memiliki akun Shopee dulu. Jika belum punya, maka kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Shopee. Lalu, silakan isi data penjual dengan memasukkan alamat email dan nomor telepon.
2. Cari Pembeli
Setelah itu, kamu dapat mencari pembeli yang berminat untuk membeli produk supplier kamu. Setelah itu, kamu bisa mencatat nama dan alamat pembeli yang nantinya akan kamu perlukan untuk tahap pengiriman.
ADVERTISEMENT
3. Memesan Produk
Kamu bisa memesan produk yang diinginkan oleh pembeli di toko online yang telah bekerja sama dengan kamu. Perhatikan dengan saksama bahwa produk tersebut memang sudah benar dan sesuai keinginan pembeli apabila ada varian ukuran atau warna.
4. Checkout Produk
Kemudian, silakan melakukan checkout dengan mencentang produk yang akan kamu pesan untuk pembeli.
5. Isi Alamat Pembeli
Biasanya, akun pribadi Shopee kamu berisi alamat kamu sendiri. Masukkan alamat pembeli secara manual usai proses checkout dengan menambahkan alamat baru.
6. Centang “Kirim sebagai Dropshipper”
Terakhir, kamu harus mencentang bagian “Kirim sebagai Dropshipper” yang akan muncul di bawah pengisian alamat baru. Masukkan nama pengirim dan nomor telepon pengirim.
(SRS)