Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
3 Januari 2022 8:36
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega dan Persyaratan yang Dibutuhkan (8951)
zoom-in-whitePerbesar
Kartu Kredit Bank Mega. Foto: bankmega.com
ADVERTISEMENT
Cara menutup kartu kredit Bank Mega dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor cabang Bank Mega terdekat maupun melalui panggilan ke layanan konsumen.
ADVERTISEMENT
Melansir laman bankmega.com, kartu kredit Bank Mega merupakan jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank di bawah lisensi dari visa Worldwide, MasterCard Worldwide atau jaringan internal bank.
Meski menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan, tak jarang banyak nasabah yang ingin menutup kartu kredit yang digunakan.
Adapun menutup kartu kredit bank kerap dilakukan dengan alasan tertentu. Mulai dari tak lagi menggunakan kartu kredit dan berbagai alasan lainnya. Bagi kamu, nasabah pengguna kartu kredit Bank Mega, simak cara menutup kartu kredit Bank Mega berikut ini.

Syarat Menutup Kartu Kredit Bank Mega

Layaknya prosedur bank umumnya, Bank Mega juga memberlakukan sejumlah persyaratan sebelum nasabah menutup kartu kredit yang digunakan. Persyaratan berikut harus dipenuhi untuk mempermudah proses menutup kartu kredit yang telah digunakan.
ADVERTISEMENT
Pastikan nasabah tak memiliki tunggakan pembayaran
Syarat yang satu ini tergolong umum ditemui ketika nasabah akan menutup layanan kartu kredit pada jenis bank apa pun.
Bila kamu masih merasa memiliki tanggungan pembayaran maupun cicilan, pastikan untuk melunasinya terlebih dahulu. Sebab, pihak Bank Mega akan menolak permintaan untuk menutup kartu kredit, jika kamu masih memiliki tunggakan pembayaran.
Kamu bisa melunasi sisa tagihan kartu kredit melalui berbagai metode pembayaran, baik melalui ATM hingga layanan mobile banking.
Pastikan untuk menutup atau mengalihkan pembayaran rutin kartu kredit
Sebelum memutuskan untuk menutup kartu kredit Bank Mega yang digunakan, pastikan untuk menutup atau mengalihkan pembayaran rutin tiap bulannya.
Dengan demikian, kartu kredit Bank Mega yang akan ditutup tak memiliki tanggungan bulanan untuk pembayaran setelahnya.
Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega dan Persyaratan yang Dibutuhkan (8952)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menutup kartu kredit Bank Mega di kantor cabang terdekat. Foto: Unsplash.com

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan, cara menutup kartu kredit Bank Mega dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi kantor cabang terdekat maupun melalui panggilan layanan pelanggan.
ADVERTISEMENT
Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Melalui Kantor Cabang Terdekat
Berikut cara menutup kartu kredit Bank Mega melalui kantor cabang terdekat:
1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan
Sebelum mendatangi kantor cabang Bank Mega terdekat, pastikan kamu mempersiapkan segala jenis dokumen yang dibutuhkan. Misalnya, kartu identitas berupa KTP dan kartu kredit yang akan ditutup.
2. Datangi kantor cabang terdekat
Setelah itu, bawa dokumen tersebut ke kantor cabang Bank Mega terdekat untuk mengajukan penutupan kartu kredit.
3. Ambil nomor antrean
Sesampainya di kantor cabang, ambil nomor antrean di bagian layanan pelanggan (Customer Service) dan tunggu hingga giliranmu tiba.
4. Datangi bagian Customer Service
Setelah nomor antreanmu dipanggil, kamu bisa menuju bagian layanan pelanggan (Customer Service) bank dan menyampaikan tujuan untuk menutup kartu kredit. Pihak CS akan memeriksa apakah kartu kredit masih memiliki tunggakan atau tidak. Jika kartu kredit telah memenuhi syarat untuk ditutup, petugas layanan pelanggan akan memproses ke tahapan selanjutnya.
5. Tunggu proses menutup kartu kredit
Selanjutnya, pihak CS bank akan mengisi formulir penutupan kartu kredit. Nasabah akan diminta menandatangani formulir tersebut. Setelahnya, berkas akan digandakan dan kamu akan mendapatkan salinannya.
6. Lakukan pembayaran biaya penutupan kartu kredit
Setelah kartu kredit ditutup, kamu akan dikenakan biaya sesuai ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Mega. Umumnya, total biaya penutupan kartu kredit tak lebih dari Rp20.000, termasuk biaya meterai. Namun ketentuan biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.
7. Tunggu pihak bank mengirim surat penutupan rekening
Surat penutupan rekening akan kamu dapatkan berselang 20 hari kerja setelah penutupan kartu kredit diajukan.

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Melalui Panggilan Layanan Pelanggan

Selain mendatangi kantor cabang terdekat, kamu dapat menghubungi Customer Service atau layanan pelanggan Bank Mega melalui panggilan telepon. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Hubungi nomor layanan pelanggan Bank Mega di nomor 1500010 atau 60010.
  2. Setelah terhubung, sampaikan keperluan kamu untuk menutup kartu kredit Bank Mega.
  3. Kemudian pihak layanan pelanggan Bank Mega akan meminta data kamu untuk proses verifikasi sekaligus menanyakan alasan penutupan kartu kredit.
  4. Selanjutnya, pihak layanan pelanggan akan memproses permohonan kamu untuk menutup kartu kredit. Dengan catatan jika syarat pengajuan penutupan kartu kredit telah terpenuhi.
  5. Tunggu hingga proses menutup kartu kredit selesai dilakukan.
(ANM)