Contoh Keahlian Pribadi yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 Juli 2022 14:52
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pelamar kerja menjelaskan keahlian pribadi ke perekrut. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelamar kerja menjelaskan keahlian pribadi ke perekrut. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Saat melamar kerja, pelamar pasti akan mencantumkan beberapa keahlian pribadi yang dimiliki. Keahlian atau skill memerankan posisi penting bagi seorang HRD untuk memilih kandidat yang kompeten.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari buku Manajemen Perguruan Tinggi oleh Syahrizal Abbas, keahlian pribadi merupakan hal dasar yang harus dimiliki setiap para pekerja. Keahlian ini biasanya dimiliki oleh seseorang sebagai bagian dari soft skill.
Secara umum, keahlian pribadi didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengelola dirinya sendiri maupun saat berhubungan dengan orang lain. Skill ini berfungsi untuk beradaptasi di dunia kerja maupun masyarakat.
Setiap orang tentu memiliki keahlian pribadi yang berbeda-beda. Bahkan beberapa profesi menuntut keahlian pribadi yang lebih spesifik. Lantas apa saja contoh keahlian pribadi yang umum dibutuhkan di dunia kerja?

Contoh Keahlian Pribadi yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ilustrasi pelamar kerja melakukan wawancara dengan perekrut. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pelamar kerja melakukan wawancara dengan perekrut. Foto: Unsplash.com
Ada banyak contoh keahlian pribadi yang dibutuhkan di dunia kerja. Seperti definisinya, contoh keahlian pribadi dibagi menjadi dua keterampilan utama.
ADVERTISEMENT
Pertama keterampilan seseorang untuk mengatur dirinya atau disebut dengan intrapersonal skill. Sedangkan kedua adalah interpersonal skill atau yang berhubungan dengan orang lain.
Adapun contoh keahlian pribadi dikutip dari buku berjudul Buku Ajar Soft Skill dan Kepemimpinan yang ditulis oleh Suhardjono dan Riyanto Haribowo adalah sebagai berikut.

Keahlian Pribadi Intrapersonal Skill

Berikut contoh keahlian pribadi intrapersonal skill yang sering dibutuhkan di dunia kerja:
1. Berpikir kreatif
Kemampuan intrapersonal yang pertama adalah berpikir kreatif. Keahlian pribadi ini berfungsi untuk mendapatkan ide atau solusi unik dalam memecahkan masalah. Biasanya, kemampuan ini ditandai dengan munculnya ide-ide baru dan berani untuk mengambil risiko.
2. Berpikir kritis
Berpikir kritis bertumpu pada pikiran logis saat mengidentifikasi atau mengevaluasi suatu masalah. Kemampuan ini perlu dimiliki seseorang agar bisa melihat suatu masalah dengan lebih jernih dan rasional.
ADVERTISEMENT
3. Tangkas menyelesaikan masalah
Kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam dunia kerja. Apalagi, jika dirinya berperan sebagai seorang pemimpin dalam suatu tim.
4. Bijak dalam mengambil keputusan
Keterampilan ini adalah kemampuan untuk menilai sesuatu secara objektif berdasarkan kelebihan dan kekurangan.
5. Pandai mengatur emosi
Pandai mengatur emosi merupakan salah satu keahlian pribadi yang penting dimiliki oleh seseorang. Hal tersebut merupakan suatu modal untuk mengurangi tekanan dan stres dari pekerjaan.
6. Optimistis dan bersikap positif
Berpikir optimistis, positif, dan selalu memiliki prasangka baik sangat berguna untuk menghadapi persaingan di dunia kerja.
7. Berpikiran terbuka
Orang yang memiliki keahlian ini biasanya mampu menerima perbedaan dan perubahan, menghargai ide dan pribadi orang lain, serta cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.
Ilustrasi contoh keahlian pribadi. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh keahlian pribadi. Foto: Unsplash.

Keahlian Pribadi Interpersonal Skill

ADVERTISEMENT
Masih dari sumber yang sama, contoh keahlian pribadi yang berkaitan dengan kemampuan berhubungan dengan orang lain atau interpersonal skill adalah sebagai berikut:
1. Terampil berkomunikasi
Terampil berkomunikasi tidak mahir dalam berbicara saja, tapi juga pandai mendengarkan orang lain. Terampil dalam berkomunikasi tidak hanya dibutuhkan saat berbicara dengan orang lain, tapi juga saat berbicara di depan umum. Kemampuan ini dapat dikuasai dengan cara latihan secara terus menerus.
2. Terampil berkolaborasi
Terampil berkolaborasi sangat dibutuhkan saat seseorang bekerja pada bidang yang memiliki banyak tim. Kemampuan ini bisa dilatih dengan aktif mengikuti berbagai macam organisasi.
3. Terampil memimpin
Setiap orang adalah pemimpin untuk dirinya sendiri. Kepemimpinan ini bisa dilatih dan ditingkatkan dengan mengikuti beragam kegiatan atau organisasi.
ADVERTISEMENT
4. Terampil bernegosiasi
Kemampuan negosiasi adalah modal utama untuk bekerja sama. Seseorang yang memiliki skill tersebut diharapkan mampu memahami dan menghargai perbedaan serta meyakinkan orang lain atas ide baru yang ia miliki.
5. Bijak mengelola waktu dan disiplin
Keahlian ini menunjukkan seseorang memiliki pribadi yang bertanggung jawab. Kamu bisa melatih kemampuan ini dengan mengatur, membuat, dan menepati jadwal kegiatan sehari-hari.
6. Terampil beradaptasi
Biasanya orang yang mampu beradaptasi akan mampu menyesuaikan diri dengan cepat dan tepat. Kamu bisa melatih keahlian ini dengan sering bersosialisasi di lingkungan baru.
Itulah contoh keahlian pribadi yang harus dimiliki dalam dunia kerja. Keahlian itu dapat ditingkatkan dengan rajin belajar dan berlatih dalam setiap kondisi.
(IPT)
ADVERTISEMENT