Contoh Quotation, Pengertian, Alur dan Cara Membuatnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
25 November 2022 20:22
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
  Ilustrasi contoh quotation. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh quotation. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Contoh quotation sering kali dicari oleh berbagai pihak. Pasalnya contoh dokumen tersebut bisa berguna sebagai referensi ketika melakukan transaksi bisnis.
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Cambridge, quotation adalah harga yang ditetapkan perusahaan untuk melakukan suatu pekerjaan atau bisnis. Quotation berisi informasi produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan ke pihak ketiga.
Komponen yang ada di quotation, antara lain, nama perusahaan, nama klien, alamat perusahaan, nama produk yang ditawarkan, jumlah produk, harga, syarat ketentuan pembayaran, dan lainnya.

Alur Pengunaan Quotation

Quotation merupakan pengajuan atau penawaran harga dari produk atau jasa yang diberikan perusahaan ke pihak ketiga. Dokumen quotation akan dibuat ketika perusahaan menerima atau menawarkan produk dari pihak ketiga atau klien.
Pada keadaan ini perusahaan akan mengirimkan quotation terlebih dahulu ke pihak ketiga. Hal ini agar klien mengetahui harga, syarat dan ketentuan yang ditawarkan perusahaan.
ADVERTISEMENT
Setelah membaca quotation, klien berhak menyetujui, menolak, atau menegosiasikan penawaran tersebut. Jika kedua belah pihak sepakat, klien wajib menandatangani dokumen quotation lalu mengirimnya kembali ke perusahaan.
Dengan demikian perusahaan sebagai pihak penjual wajib memenuhi permintaan klien sesuai kesepakatan yang ada di dokumen quotation.

Cara Membuat Quotation

 Ilustrasi contoh quotation. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh quotation. Foto: Pixabay
Sebelum melihat langsung contoh quotation, sebaiknya ketahui dulu langkah-langkah untuk membuat dokumen penting ini. Kamu cukup memasukkan semua informasi penting yang akan ditawarkan ke klien. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Spenmo.

1. Bagian atas

Bagian atas dokumen quotation biasanya teridiri dari data atau informasi seputar identitas perusahaan. Adapun identitas tersebut meliputi:
  • Nama perusahaan atau penjual
  • Logo perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Nomor quotation
  • Tanggal quotation dikeluarkan
  • Nama klien atau pembeli
  • Tanggal kedaluwarsa penawaran
ADVERTISEMENT

2. Bagian isi

Selanjutnya quotation juga terdiri dari bagian isi. Bagian ini biasanya disajikan dalam bentuk tabel agar lebih jelas terutama apabila produk yang dipesan lebih dari satu jenis. Komponen isi meliputi hal penting atau inti dari penawaran. Berikut daftarnya:
  • Nama barang atau jasa yang ditawarkan
  • Harga produk per unit
  • Jumlah produk yang dipesan
  • Total harga produk yang dipesan
  • Pajak
  • Syarat dan ketentuan pembayaran

3. Bagian bawah

Terakhir, bagian bawah dokumen quotation umumnya diisi tanda persetujuan. Jika klien setuju dengan penawaran tersebut, mereka harus membubuhkan tanda tangan di bagian bawah quotation.

Contoh Quotation

Jika belum memiliki template quotation untuk bisnis yang baru saja dibangun, berikut Berita Bisnis bagikan contoh quotation agar bisa kamu jadikan referensi.
Ilustrasi contoh quotation. Foto: edrawsoft.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh quotation. Foto: edrawsoft.com
itu dia ulasan singkat seputar quotation, mulai dari pengertian, cara buat, dan contohnya. Melalui dokumen ini proses kerja sama bisnis akan lebih terorganisasi.
ADVERTISEMENT
(ZHR)
Apa itu quotation?
chevron-down
Apakah klien bisa membatalkan quotation?
chevron-down
Apa isi quotation?
chevron-down