Contoh Soal Excel Pemula, Pelajari di Sini

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
25 November 2022 20:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Contoh Soal Excel Pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Soal Excel Pemula. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ketika melamar pekerjaan, biasanya ada sejumlah tes yang perlu dilakukan, salah satunya tes Excel. Bagi yang belum memahami penggunaan rumus di Microsoft Excel, kamu bisa mempelajari contoh soal Excel pemula berikut.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, kemampuan menggunakan Microsoft Excel dasar yang wajib dimiliki. Apalagi jika kamu ingin melamar pekerjaan yang berhubungan dengan olah data, kemampuan mengoperasikan Excel pasti menjadi salah satu rangkaian tesnya.

Rumus Dasar Excel untuk Pemula

  Contoh Soal Excel Pemula. Foto: Microsoft
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Soal Excel Pemula. Foto: Microsoft
Rumus atau formula dasar Excel wajib diketahui oleh kamu yang ingin bekerja sebagai petugas administrasi atau semacamnya. Ada berbagai jenis rumus Excel, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian. Selain itu kamu juga bisa menghitung persentase, rata-rata, dan lain-lain.
Lantas, apa saja rumus Excel dasar yang harus dikuasai? Berikut di antaranya yang disadur dari buku Cepat Mahir Formula Excel 2007-2013 karya Alfa Hartoko.

1. SUM

SUM digunakan untuk menghitung jumlah dari nilai yang ada di jangkauan sel yang dipilih. Sederhananya, SUM digunakan untuk menjumlahkan angka tertentu.
ADVERTISEMENT
Contoh penggunaan rumus SUM adalah =SUM(sel1;sel2;sel3….). Rumus ini menunjukkan bahwa kamu sedang menghitung penjumlahan untuk nilai sel1, sel2, dan seterusnya.

2. AVERAGE

Selanjutnya ada rumus AVERAGE atau rata-rata dari beberapa nilai di sel yang kamu pilih. Adapun rumus yang digunakan, yaitu =AVERAGE(sel1,sel2,sel3,sel4…).
Sementara, untuk jumlah data yang banyak kamu bisa menggunakan rumus berikut: misalnya 100 sel, maka =AVERAGE(sel1:sel100).

3. COUNT

COUNT mirip dengan SUM, tetapi berfungsi untuk menghitung jumlah sel berisi angka yang ingin dicari dari sel yang telah dipilih.
Misalnya, kamu ingin menghitung berapa jumlah sel berisi angka dari total 50 sel. Maka, gunakan rumus ini =COUNT(sel1:sel50).

4. MAX

Fungsi MAX adalah fungsi Excel yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi atau angka maksimum dari sekumpulan nilai. Gunanya untuk mengetahui nilai terbesar dari sejumlah data. Sintaks fungsi MAX ialah seperti berikut =MAX(Number1, [number2],…).
ADVERTISEMENT

5. MIN

MIN adalah fungsi Excel yang berguna untuk mengetahui nilai terendah dari sebuah data. MIN ini merupakan kebalikan dari MAX. Adapun rumus MIN ialah =MIN(number1, [number2],…).

Contoh Excel Pemula

Setelah membaca rumus dasar yang wajib dipahami pemula, pelajari contoh Excel pemula berikut yang dikutip dari laman SMP PGRI 1 Bandar Lampung.
Berdasarkan contoh soal di bawah, kamu harus menghitung PPN 10%, subtotal, total pembelian, nilai tertinggi, rata-rata, dan banyak data.
Ilustrasi contoh Excel pemula. Foto: SMP PGRI 1 Bandar Lampung
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh Excel pemula. Foto: SMP PGRI 1 Bandar Lampung
Penyelesaian :
  • PPN 10 % Barang PC Desktop: =(C4*D4)*10% , untuk jenis barang lainnya, salin rumus dari barang pertama.
  • Menghitung subtotal barang PC desktop: =(C4*D4)+E4, untuk jenis barang lainnya, salin rumus dari barang pertama.
  • Total pembelian gunakan fungsi SUM, yaitu: =SUM(F4:F13)
  • Pembelian tertinggi gunakan fungsi MAX, yakni: =MAX(F4:F13)
  • Mencari rata-rata gunakan fungsi Average: = AVERAGE(F4:F13)
  • Sedangkan untuk mengetahui banyak data gunakan fungsi COUNT: = COUNT(F4:F13
ADVERTISEMENT
Itu dia rumus dasar dan contoh soal Excel untuk pemula. Bagiamana? Apakah kamu sudah memahami penggunaan rumus Excel sederhana? Semoga bermanfaat!
(ZHR)
Bagaimana rumus SEL?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan rumus MIN?
chevron-down
Apa fungsi rumus SUM?
chevron-down