Contoh Tanggung Jawab Sosial, Pengertian, dan Manfaatnya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
14 September 2023 12:21 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Tanggung Jawab Sosial. Foto: Unsplash.com/Joel Muniz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Tanggung Jawab Sosial. Foto: Unsplash.com/Joel Muniz
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Contoh tanggung jawab sosial bagi perusahaan salah satunya menyumbangkan sebagian pendapatan perusahaan untuk bantuan kemanusiaan, seperti pendidikan anak miskin, korban bencana alam, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Bagi investor maupun konsumen, tanggung jawab sosial yang ada di suatu perusahaan memiliki nilai lebih tersendiri. Perusahaan tersebut dinilai tak hanya memikirkan keuntungan semata, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat.
Untuk mengetahui contoh tanggung jawab sosial lainnya, simak informasi beserta manfaatnnya di artikel Berita Bisnis berikut ini.

Pengertian Tanggung Jawab Sosial

Ilustrasi Contoh Tanggung Jawab Sosial. Foto: Unsplash.com/Joel Muniz
Pada lingkup bisnis, tanggung jawab sosial diartikan sebagai kegiatan bermanfaat yang diperuntukkan bagi keseluruhan komponen di bawahnya dan bukan hanya fokus mencari keuntungan semata.
Mengutip investopedia.com, tanggung jawab sosial ini penting bagi investor dan konsumen dalam mencari suatu investasi yang tak hanya menguntungkan tetapi juga berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.
Meski sifat dasar bisnis tak mempertimbangkan masyarakat sebagai pemangku kepentingan, adanya kegiatan tanggung jawab sosial dapat membantu bisnis memiliki tujuan sosial, mengikuti konsep keberlanjutan, dan fokus pada pertumbuhan jangka panjang.
ADVERTISEMENT

Contoh Tanggung Jawab Sosial

Ilustrasi Contoh Tanggung Jawab Sosial. Foto: Unsplash.com/Melanie Lim
Berikut contoh tanggung jawab sosial perusahaan yang dikutip dari indeed.com:

1. Pemberian Amal dan Upaya Sukarela

Perusahaan memberi cuti untuk karyawannya agar bisa menjadi sukarelawan setiap tahunnya dan menyumbangkan sebagian dari pendapatan ke organisasi amal.

2. Perubahan Kebijakan bagi Lingkungan

Perusahaan mengadakan acara penanaman pohon, meminimalkan limbah kertas, beralih ke lampu hemat energi, menyiapkan tempat sampah daur ulang, dan mengizinkan kerja jarak jauh untuk mengurangi dampak negatif dari lalu lintas komuter.
Kebijakan-kebijakan tersebut dapat memperbaiki dan memberi manfaat bagi lingkungan.

3. Meningkatkan Kebijakan Ketenagakerjaan

Perusahaan-perusahaan meningkatkan kondisi kerja dan kesejahteraan karyawan. Mereka memberikan cuti berbayar yang lama, waktu liburan tak terbatas, pencahayaan yang lebih alami, fasilitas yang nyaman, dan tempat di kantor untuk meningkatkan energi dan semangat kerja.
ADVERTISEMENT

Manfaat adanya Tanggung Jawab Sosial

Ilustrasi Contoh Tanggung Jawab Sosial. Foto: Unsplash.com/Nguyễn Hiệp
Pada intinya, manfaat dari adanya tanggung jawab sosial perusahaan dirasakan karyawan, lingkungan, masyarakat, dan perusahaan itu sendiri. Berikut manfaat dari tanggung jawab sosial yang dikutip dari laman wallstreetmojo.com:
ADVERTISEMENT
(MQ)