Manfaat Bisnis Internasional bagi Perusahaan dan Negara

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
4 September 2023 8:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Manfaat Bisnis Internasional. Foto: Unsplash.com/Abbe Sublett
ADVERTISEMENT
Manfaat bisnis internasional salah satunya meningkatkan peluang kerja yang akan berimplikasi pada pendapatan domestik negara. Semakin banyak pekerja, pendapatan nasional melalui pajak juga akan semakin meningkat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bisnis internasional juga meningkatkan hubungan diplomatik positif antar-negara yang dapat berpengaruh pada peningkatan sektor lainnya.
Untuk mengetahui manfaat bisnis internasional lainnya, simak informasi selengkapnya di artikel Berita Bisnis berikut ini.

Manfaat Bisnis Internasional

Ilustrasi Manfaat Bisnis Internasional. Foto: Unsplash.com/Rob Wilson
Bisnis internasional mengacu pada perdagangan produk berupa barang atau jasa yang dilakukan dari negara satu dengan negara lainnya. Salag satu contoh bisnis internasional adalah dalam bidang perminyakan antara Indonesia dengan China.
Berikut beberapa manfaat dari bisnis internasional, baik bagi masyarakat domestik, perusahaan, maupun negara itu sendiri yang dikutip dari laman brightoncollege.com:

1. Meningkatkan Peluang Kerja

Peluang kerja akan meningkat saat perusahaan domestik memperluas pasar yang tersedia. Ketika pasar yang tersedia tumbuh dan pangsa pasar meningkat, secara alamiah kemampuan manufaktur dan layanan juga berkembang. Hasil akhirnya adalah lebih banyak kesempatan kerja yang tersedia untuk kelas pekerja.
ADVERTISEMENT

2. Memperluas Target Pasar dan Menaikkan Pendapatan

Selain penciptaan lapangan kerja, target pasar yang lebih besar memungkinkan perusahaan menjalankan produksi tanpa takut kelebihan produksi. Sebab, kelebihan produk yang dihasilkan dapat dijual secara internasional.
Setiap negara yang ditambahkan ke dalam daftar bisnis domestik akan membuka potensi baru untuk pertumbuhan bisnis dan peningkatan pendapatan.

3. Memiliki Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Selain ukuran target pasar yang lebih besar, perdagangan internasional menawarkan peluang untuk diversifikasi pasar. Diversifikasi pasar ini akan menurunkan risiko dari penurunan ekonomi, peristiwa lingkungan, pengaruh politik, dan faktor risiko lainnya.
Dengan tak terlalu bergantung pada satu pasar saja, perusahaan dapat mengurangi potensi risiko yang terkait dengan pasar inti mereka.

4. Lebih Banyak Variasi Barang yang Tersedia

Perdagangan internasional memberikan kesempatan untuk konsumen negara lain untuk membeli barang dan jasa yang tak tersedia atau lebih mahal untuk diproduksi di negara mereka sendiri.
ADVERTISEMENT

5. Menciptakan Hubungan yang Lebih Baik Antar-negara

Saling ketergantungan ekonomi antar-negara yang dihasilkan dari perdagangan internasional dapat mengarah pada hubungan kerja sama yang kuat di bidang lain.
Ketika negara-negara terlibat dalam perdagangan dalam jumlah besar, mereka lebih mungkin untuk menghindari area konflik lain antar negara tersebut.

6. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Perdagangan secara global dapat meningkatkan reputasi perusahaan di pasar internasional. Ketika sebuah perusahaan sukses berbisnis di suatu negara, hal ini dapat secara signifikan memengaruhi kesuksesan perusahaan tersebut di wilayah negara tetangga dan negara terdekat.
Meski sulit diukur, peningkatan kredibilitas perusahaan dapat berdampak besar ketika menargetkan seluruh wilayah, bukan hanya satu negara.

7. Memperoleh Peluang untuk Melakukan Spesialisasi

Dengan berpartisipasi di pasar internasional, perusahaan dapat memperoleh peluang untuk berspesialisasi di bidang tertentu.
Peluang untuk melakukan spesialisasi ini sering kali mengarah pada efisiensi yang lebih besar dalam produksi, tingkat inovasi yang lebih tinggi, dan peningkatan kualitas pembangunan.
ADVERTISEMENT
Hal ini dapat memberikan keunggulan kompetitif jangka panjang dan pertumbuhan pangsa pasar global bagi perusahaan.
(MQ)