Bisnis
·
22 Juli 2021 5:58
·
waktu baca 3 menit

Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha (354351)
searchPerbesar
Ilustrasi berdoa. Foto: Pexels
Islam mengajarkan manusia untuk senantiasa berusaha diiringi dengan doa kepada Allah SWT , termasuk saat mendirikan usaha agar dilancarkan rezekinya. Maka dari itu, berikut ini kami rangkum dari beberapa sumber doa-doa mustajab yang insyaallah akan membuka pintu rezeki dari usaha yang sedang kamu jalankan.
ADVERTISEMENT

Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha

Doa yang Pertama
اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي
"Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.”
Artinya:
“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”
Doa yang Kedua
Untuk memohon rezeki yang halal dan berkah, berikut bacaan doanya.
اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
"Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairita’abin wala masyaqqatin walaa dhoirin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syai in qadiir."
ADVERTISEMENT
Artinya:
“Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan, sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.”
Doa Melancarkan Rezeki dan Usaha (354352)
searchPerbesar
Ilustrasi berdoa. Foto: Shutterstock
Doa yang Ketiga
Doa ini tercantum dalam Surat Shaad ayat 35, yang berbunyi:
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لَا يَنْبَغِي لِأَحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
"Rabbighfirlii wahablii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii, innaka antalwahhaab."
Artinya:
"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."
Doa yang Keempat
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً
"Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa."
ADVERTISEMENT
Artinya:
“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Doa yang Kelima
اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
"Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak."
Artinya:
“Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).
Doa yang Keenam
اللهم يا غني يا كريم يا ذ الفضل العظيم يا واسع العطاء والكرم ،اللهم اغنني بحلالك واكفني بفضلك عمن سواك
ADVERTISEMENT
"Allahumma ya ghaniyyu ya kariimu bh ya dzal fadhlil adiimi ya wasi`al `athooi wal karomi. Allahumma aghninii bikhalalika wakfinii bifadzlika`amman siwaaka."
Artinya:
"Ya Allah Dzat yang kaya yang mulia yang mempunyai anugerah yang besar yang luas pemberian-Nya dan kemuliaan-Nya. Ya Allah kayakanlah kami dari kehalalan Engkau dan cukupkanlah padaku dengan anugerah yang tidak dari selain Engkau."
Demikianlah keenam doa mustajab melancarkan rezeki dan usaha. Tak ada usaha yang mengkhianati hasil, apalagi jika usaha tersebut dibarengi dengan doa.
(AAG)