Jam Kerja Kantor Pos dan Mengetahui Sejarah Singkatnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Juli 2022 15:16
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kantor Pos Indoensia, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kantor Pos Indoensia, Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Jam operasional atau jam kerja kantor pos sering ditanyakan oleh masyarakat yang hendak menggunakan jasa ekspedisi atau jasa pengiriman milik negara ini. Pasalnya, perusahaan milik negara atau BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini menjadi jasa ekspedisi yang cukup digemari masyarakat.
ADVERTISEMENT
Meski awal pendiriannya tidak memiliki fokus dalam pengiriman barang, PT POS Indonesia (Persero) telah melebarkan sayapnya ke wilayah pengiriman barang, bahkan juga ke jasa keuangan.
Mengetahui jam operasional atau jam kerja kantor pos ini ialah informasi yang penting untuk diketahui. Tentunya hal ini bisa semakin membuat masyarakat tidak berspekulasi untuk bisa datang ke kantor pos dan mengirimkan barangnya.

Sejarah Singkat Pos Indonesia

Berdasarkan situs resminya posindonesia.co.id, Pos Indonesia bermula pada tanggal 26 Agustus 1747 di Batavia atau yang sekarang dikenal sebagai Jakarta, oleh Gubernur Jenderal G.W Baton van Imhoff.
Tujuan pendirian kantor pos di Batavia tak lain ialah untuk menjamin keamanan surat-surat penduduk yang berdagang dari luar Jawa atau bahkan dari negeri Belanda. Setelah berdiri di Batavia, kemudian Semarang jadi kota selanjutnya yang mendirikan kantor pos di Jawa.
ADVERTISEMENT
Lalu melompat jauh ke tahun 1945, kantor pos berubah status menjadi Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Tujuan utamanya ialah memberikan pelayanan publik terkait tiga hal tersebut.
Ilustrasi pegawi Pos Indoensia, Foto: posindonesia.co.id
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pegawi Pos Indoensia, Foto: posindonesia.co.id
Berlanjut ke tahun 1965, Jawatan PTT berubah nama kembali menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro). Hal demikian lantaran perkembangan di bidang pos dan telekomunikasi begitu tinggi. Maka dari itu, perubahan tersebut diusulkan.
Kemudian berubah kembali menjadi Perum Pos dan Giro yang mengemban tugas untuk menyelenggarakan dinas pos dan giropos selama kurang lebih 17 tahun. Dan akhirnya pada tahun 1995, statum Perum itu berubah menjadi Perseroan dan menjadikan nama perusahaan tersebut sebagai PT Pos Indonesia (Persero).
Tercatat di situs resminya, Pos Indonesia memiliki infrastruktur jejaring yang mencapai 58.700 titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan, 42 persen kelurahan/desa, serta 940 titik lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, perkembangan informasi, komunikasi, dan teknologi membuat Pos Indonesia memiliki sekitar 4.800 kantor pos online yang dilengkapi sistem elektronik mobile app di sejumlah kota besar.

Jam Kerja Kantor Pos Indonesia

Masih berdasarkan situs resmi posindonesia.co.id, adapun jam operasional kantor pos dari hari Senin sampai Minggu, yakni pukul 08.00-22.00 (waktu setempat). Selain itu, kantor pos juga buka pada hari-hari libur nasional pada jam operasional yang sama.
Namun perlu diketahui bahwa jam operasional ini akan berbeda di sejumlah kantor cabang seperti agen maupun kantor cabang. Berikut keterangan lengkapnya:

1. Agen Kantor POS

  • Senin-Kamis: 07.30-15.00
  • Jumat: 07.30-11.30 (beberapa buka kembali pukul 13:00-15:00)
  • Sabtu: 07.30-13.00
  • Minggu: Jam operasional tergantung lokasi cabang.

2. Pusat Kantor POS

Sementara itu, jam kantor atau operasionalnya berbeda di kantor cabang yang lebih besar lagi. Berikut keterangannya:
ADVERTISEMENT
  • Senin-Kamis: 07.00-22.00
  • Jumat-Sabtu: 07.00-19.00
  • Minggu dan Hari Libur: Jam operasional tergantung kebijakan lokasi cabang, umumnya tutup pada pukul 13.00
Kantor Pos tutup hari apa?
chevron-down
Apakah Kantor Pos buka hari Sabtu?
chevron-down
Hari Jumat Kantor Pos istirahat buka jam berapa?
chevron-down
(NNR)