Jurusan Kimia Kerja Apa? Ini Jenis Pekerjaan untuk Lulusannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
16 Agustus 2022 13:14
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pekerjaan mahasiswa lulusan kimia, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pekerjaan mahasiswa lulusan kimia, Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Seseorang yang hendak melanjutkan studi di jurusan kuliah kimia, mungkin akan bertanya perihal jurusan kimia kerja apa? Mempertanyakan dan mengetahui prospek kerja dari suatu jurusan kuliah yang bakal diambil merupakan hal yang lumrah.
ADVERTISEMENT
Hal itu tidak hanya berlaku bagi mereka yang hendak memasuki kuliah di jurusan kimia saja, tetapi juga untuk semua jurusan. Maka dari itu, pertanyaan tersebut ialah hal yang wajar dan memang semestinya dipertanyakan.
Jurusan kimia sendiri masuk dalam rumpun sains dan teknologi (Saintek). Saat di kampus, jurusan ini umumnya masuk dalam ke dalam fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam (FMIPA).
Secara garis besar, mahasiswa yang berada di jurusan kimia akan mempelajari hal-hal terkait sifat dan struktur dari suatu zat, dan interaksi antara materi penyusun zat. Selain itu juga mempelajari senyawa organik, anorganik, protein dan sebagainya.
Beberapa mata kuliah yang menunjang pelajaran tersebut, yakni kimia organik, kimia anorganik, termodinamika kimia, kimia fisik, pemisahan kimia, geokimia, kimia analitik, dan mata pelajaran lainnya.
ADVERTISEMENT
Pelajaran-pelajaran itu akan mendukung prospek kerja mahasiswa jurusan kimia. Adapun lulusan kimia memiliki kesempatan bekerja di berbagai sektor, seperti industri, perusahaan, dan lembaga penelitian pemerintah atau swasta.

Prospek Kerja Jurusan Kimia

Ilustrasi pekerjaan mahasiswa lulusan kimia, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pekerjaan mahasiswa lulusan kimia, Foto: unsplash
Jurusan kimia sendiri dinilai sebagai jurusan yang memiliki prospek pekerjaan yang bagus. Bagi kalian yang baru mau masuk atau sudah memilih jurusan kimia sebagai studi lanjutannya, berikut ini prospek kerja yang mungkin bisa dipilih nantinya:

1. Research and Development

Pekerjaan pertama yang bisa dipilih bagi seorang lulusan jurusan kimia ialah posisi research and development di suatu perusahaan. perlu diketahui bahwa posisi ini mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam melakukan penelitian dan pengembangan produk yang dipasarkan oleh perusahaan, agar sesuai kebutuhan konsumen, dan dapat diminati banyak konsumen.
ADVERTISEMENT

2. Lembaga Penelitian Pemerintah

Pekerjaan kedua ialah di sejumlah lembaga penelitian pemerintah yang masih bersinggungan dengan ilmu kimia. Beberapa lembaga penelitian negara tersebut, seperti LIPI yang kini dilebur ke BRIN, juga ada Badan Narkotika Nasional (BNN) yang juga membutuhkan lulusan kimia sebagai analisis jenis narkotika.

3. Analis Laboratorium Perusahaan Swasta

Selain di instansi pemerintah, para lulusan jurusan kimia juga dapat bekerja di sejumlah perusahaan swasta sebagai analis laboratorium. Pekerjaan ini tidak menuntut bertemu banyak pihak, dan lebih fokus di laboratorium saja.

4. Quality Assurance

Kemudian ada posisi pekerjaan quality assurance atau QA yang bertugas untuk mengecek produk-produk dari bagian quality control atau QC. Selain itu, QA juga bertugas untuk mengawasi jalannya suatu proses produksi di perusahaan.

5. Quality Control

Lalu ada posisi quality contorol atau QA yang mempunyai tugas untuk melakukan pengecekan kualitas bahan baku, proses produksi yang sesuai standar mutu yang berlaku di sebuah perusahaan tempatnya bekerja.
ADVERTISEMENT
(NNR)