Kelebihan dan Kekurangan Ekspedisi Kargo dan Reguler

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 Desember 2023 17:27 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ekspedisi kargo dan reguler. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ekspedisi kargo dan reguler. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Kelebihan dan kekurangan ekspedisi kargo dan reguler penting untuk diketahui pelanggan sebelum lakukan pengiriman barang. Dengan mengetahui informasi tersebut, pelanggan jadi dapat menentukan jenis ekspedisi yang sesuai kebutuhannya.
ADVERTISEMENT
Sebagai informasi, ekspedisi kargo adalah jenis pengiriman yang diperuntukkan bagi barang-barang besar dan berat. Sementara ekspedisi reguler merupakan jenis pengiriman untuk barang berukuran kecil hingga sedang.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar perbedaan ekspedisi kargo dan reguler sekaligus kelebihan serta kekurangannya, simak terus uraian artikel Berita Bisnis berikut ini hingga tuntas.

Perbedaan Ekspedisi Kargo dan Reguler

Ilustrasi ekspedisi kargo dan reguler. Foto: Pexels
Perbedaan pengiriman kargo dan reguler dapat diamati dari skala, waktu pengiriman, biaya, serta keamanannya. Berikut penjelasan lengkapnya yang bisa Anda simak:

1. Pengiriman kargo

Pengiriman kargo digunakan untuk mengirimkan barang dengan ukuran dan jumlah yang besar. Biasanya, penyedia jasa kirim akan memanfaatkan moda transportasi besar seperti kontainer, kapal, dan pesawat terbang untuk mengirim barangnya.
Umumnya, pengiriman kargo memerlukan waktu yang lebih lama. Namun, biaya yang diperlukan cenderung lebih murah dibandingkan pengiriman reguler.
ADVERTISEMENT
Dijelaskan dalam buku Manajemen Operasional Bandar Udara karya Arista Atmadjati, ada dua jenis pengiriman kargo yang biasa digunakan, yaitu general cargo dan special cargo.

2. Pengiriman reguler

Ini mengacu pada pengiriman barang yang jumlahnya lebih kecil. Biasanya, pihak penyedia jasa kirim akan menggunakan jasa kurir atau pengiriman ekspres.
Pengiriman reguler dapat dilakukan dengan berbagai moda transportasi, seperti truk, mobil, ataupun sepeda motor. Biayanya cenderung lebih mahal dibandingkan kargo, tapi paket bisa sampai dalam waktu yang lebih cepat.
Jenis barang yang bisa dikirim di metode pengiriman reguler harus berukuran kecil sampai sedang. Beratnya maksimal mencapai 10-20 kg saja.
ADVERTISEMENT

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Kargo

Ilustrasi ekspedisi kargo. Foto: Pexels
Seperti metode lainnya, pengiriman kargo juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut penjelasannya:

Kelebihan pengiriman kargo

Kekurangan pengiriman kargo

ADVERTISEMENT

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Reguler

Ilustrasi ekspedisi reguler. Foto: Pexels
Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pengiriman reguler, yakni sebagai berikut:

Kelebihan pengiriman reguler

Kekurangan pengiriman reguler

(NDA)