Keterampilan dalam CV Apa Saja? Ketahui 12 Soft Skills dan Hard Skills Ini

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
13 Juli 2022 12:57
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi CV. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi CV. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Menulis keterampilan dalam CV merupakan suatu poin yang akan menentukan kualitas atau nilai dari suatu kandidat. Mungkin kamu sering kali menanyakan pada diri sendiri seperti "Keahlian dan kemampuan apa yang saya miliki?" dan "Keterampilan apa yang bisa saya jual pada perusahaan?"
ADVERTISEMENT
Nah, kedua pertanyaan di atas sering kali didengar dalam dunia kerja saat ingin melamar suatu pekerjaan. Aagar menarik perhatian HRD, kamu dapat mengetahui beberapa tips menuliskan tentang keterampilan untuk menonjolkan kemampuan yang dimiliki.
Paramitha Selviana Oktora dalam buku Panduan Praktis Membuat Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (CV) Indonesia-Inggris 2007, daftar riwayat hidup atau CV yang baik harus bisa memberikan informasi tentang diri, sejarah profesional, keterampilan, kemampuan, dan juga pencapaian.
Menuliskan keterampilan dan keahlian yang dimiliki menjadi suatu hal terpenting. Kemungkinan perusahaan akan mengabaikan calon kandidat yang tidak memiliki kualifikasi tertentu.
Akan tetapi, kualifikasi diri tidak hanya berlaku bagi seorang yang telah memiliki pengalaman kerja. Kandidat fresh graduate juga dinilai bisa memiliki potensi sesuai dengan latar belakang pendidikan dan beragam keahlian seperti soft skill dan hard skill yang dimiliki.
ADVERTISEMENT

Jenis Keterampilan dalam CV

Keterampilan atau keahlian terbagi atas dua jenis, yakni soft skill dan hard skill. Menurut studi dari Harvard, 85 persen kesuksesan seseorang berasal dari soft skill dan juga kemampuan berinteraksi dengan orang lain, sedangkan 15 persen lainnya berasal dari pengetahuan dan keterampilan teknis (hard skills).
Untuk lebih jelas apa saja keterampilan yang bisa dicantumkan pada CV, kamu bisa memasukkan beberapa keahlian berikut agar tampilan semakin menarik perhatian recruiter dan lolos seleksi screening CV.

1. Soft Skills

Ilustrasi keterampilan kerja sama tim dalam CV. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keterampilan kerja sama tim dalam CV. Foto: Pexels
Soft skill adalah kemampuan seseorang yang berkaitan dengan karakter, kepribadian, serta atribut dan memengaruhi cara bekerja sekaligus berinteraksi dengan orang lain yang sifatnya secara alami tumbuh di tiap individu.
Berikut beberapa soft skill yang bisa kamu masukkan dalam CV yang dikutip dari laman kitalulus.com
ADVERTISEMENT
1. Komunikasi
Kemampuan komunikasi yang baik seperti mampu berbicara, negosiasi, menyampaikan ide, dan pendengar yang baik.
2. Kepemimpinan
Kepemimpinan atau leadership dapat menentukan jiwa seorang pemimpin seperti mampu memberikan inspirasi, memengaruhi orang lain, mengambil keputusan, dan menggerakkan seseorang untuk kesuksesan bersama.
3. Kerja sama
Mampu bekerja sama dengan tim atau teamwork merupakan keterampilan yang sangat penting karena akan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan seperti mampu memberikan masukan atau ide, mampu menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja.
4. Manajemen waktu
Mampu menyelesaikan tugas sesuai deadline yang diberikan dengan manajemen waktu yang baik untuk menghasilkan pekerjaan berkualitas.
5. Perhatian terhadap detail
Memiliki kemampuan untuk mengecek kembali pekerjaan sebelum diserahkan untuk menghindari kesalahan sekecil apapun.
ADVERTISEMENT
6. Adaptasi dan fleksibel
Kemampuan untuk menerima tugas dan tantangan baru yang diberikan dengan menunjukkan kemauan, optimis, dan dapat menerima perubahan.
7. Inisiatif
Mampu mengidentifikasi masalah dan mencari solusi sendiri tidak harus selalu menunggu perintah atasan. Pekerja seperti ini dinilai lebih efisien dalam bekerja.

2. Hard Skills

Ilustrasi Keterampilan desain dalam CV. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Keterampilan desain dalam CV. Foto: Pexels
Sementara itu, hard skill adalah kemampuan yang dapat dimiliki, dipelajari, dan ditingkatkan melalui pendidikan, pelatihan, serta kemampuan dalam mengoperasikan tools tertentu.
1. Analisis data
Mampu menganalisis data adalah contoh kemampuan seseorang untuk meneliti, mengamati, dan memahami berbagai jenis data untuk menemukan solusi bagi permasalahan.
2. Marketing
Keterampilan satu ini mencakup pengetahuan tentang penjualan, periklanan, riset konsumen, dan pemasaran yang banyak dicari perusahaan. Kamu bisa memasukkan keahlian seperti social media marketing, campaign management, ads, copywriting, SEO, dan SEM.
ADVERTISEMENT
3. Desain
Apabila ingin melamar kerja di bidang kreatif desain, kamu bisa mencantumkan tools yang biasa dipakai seperti Adobe, Corel Draw, UX/UI design, Figma, Canva, dan lainnya.
4. Komputer
Mampu mengoperasikan komputer merupakan keahlian dasar yang wajib dimiliki, setidaknya seorang karyawan dapat mengoperasikan Microsoft Office.
5. Bahasa asing
Dengan mencantumkan kemampuan berbahasa asing, seorang kandidat akan memiliki plus di mata HRD. Apalagi jika perusahaan yang dilamar adalah perusahaan multinasional yang sering bekerja sama dengan perusahaan asing. Kamu bisa mencantumkan nilai TOEFL, IELTS, atau sertifikat course bahasa lainnya.
Untuk merangkai beragam keterampilan di atas dalam satu kalimat, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti mengelola, mengatur, mengembangkan, mencapai, memimpin, membangun, meningkatkan, mengoperasikan. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT
Apa saja contoh skill?
chevron-down
Apa saja hard skill dalam CV?
chevron-down
Apa saja soft skill yang bisa masuk dalam CV?
chevron-down
(SRS)