Kode Jenis Setoran Pajak Penghasilan Pasal 21 beserta Keterangannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
26 September 2022 13:21
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pajak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pajak. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Dalam melakukan pembayaran pajak, maka wajib pajak perlu mengisi data atau informasi terkait pembayaran di dalam Surat Setoran Pajak (SSP). Data tersebut meliputi NPWP, nama wajib pajak, alamat wajib pajak, nomor objek pajak, alamat objek pajak, kode akun pajak, dan kode jenis setoran pajak.
ADVERTISEMENT
Kode jenis setoran (KJS) pajak yang dimasukkan pada saat melakukan pembayaran pajak tersebut diperlukan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk mengidentifikasi atas pembayaran pajak yang masuk ke kas negara.
Hal tersebut sesuai dengan yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2021 tentang Perubahan atas Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-09/PJ/2020 mengenai Bentuk, Isi, dan Tata Cara Pengisian Surat Setoran Pajak.
Bagi wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, maka harus memasukan kode jenis setoran pajak yang sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2021. Apa saja? Ketahui jawaban selengkapnya di bawah ini.

Kode Jenis Setoran Pajak Penghasilan Pasal 21

Ilustrasi mengisi kode jenis setoran pajak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengisi kode jenis setoran pajak. Foto: Pexels
Menurut Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2021, kode jenis setoran pajak yang berlaku untuk pembayaran Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 100-Masa Pajak PPh Pasal 21. Untuk pembayaran pajak yang masih harus disetorkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 106 – Pembayaran Pajak Masa. Berasal dari kegiatan permintaan keterangan yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait yang tercantum dalam BAPK/BAP. Untuk pembayaran pajak yang harus disetorkan sebagai akibat permintaan keterangan yang dilakukan terhadap pihak-pihak terkait yang tercantum dalam BAPK/BAP
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 199-Pembayaran Pendahuluan Surat Ketetapan Pajak (SKP) PPh 21. Untuk pembayaran pajak yang dilakukan sebelum diterbitkannya Surat Ketetapan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 200-Tahunan PPh Pasal 21. Untuk pembayaran pajak yang masih harus disetorkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 300 - STP PPh Pasal 21. Untuk pembayaran jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Tagihan Pajak (STP) Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 310 - SKPKB PPh Pasal 21. Untuk pembayaran jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB) Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 311 - SKPKB PPh Final Pasal 21 Pembayaran Sekaligus Atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon. Untuk pembayaran jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar (SKPKB) Pajak Penghasilan (PPh) Final Pasal 21 pembayaran sekaligus atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon.
  • Kode Jenis Setoran (KJS) : 320 - SKPKBT PPh Pasal 21. Untuk pembayaran jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan (SKPKBT) Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 321 - SKPKBT PPh Final Pasal 21 Pembayaran Sekaligus Atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon. Untuk pembayaran jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Ketetapan Pajak Kurang Bayar Tambahan (SKPKBT) Pajak Penghasilan (PPh) Final Pasal 21 pembayaran sekaligus atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 390 - Pembayaran atas Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, atau Putusan Banding. Untuk membayar jumlah yang masih harus dibayarkan sesuai dengan yang tercantum dalam Surat Keputusan Pembetulan, Surat Keputusan Keberatan, atau Putusan Banding.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 401 - PPh Final Pasal 21 Pembayaran Sekaligus atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon. Untuk membayar Pajak Penghasilan (PPh) Final 21 pembayaran sekaligus atas Jaminan Hari Tua, Uang Tebusan Pensiun, dan Uang Pesangon.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 402 - PPh Final Pasal 21 atas Honorarium atau Imbalan Lain yang Diterima Pejabat Negara, PNS, Anggota TNI/POLRI dan Para Pensiunnya. Untuk membayar Pajak Penghasilan (PPh) Final Pasal 21 atas honorarium atau imbalan lain yang diterima Pejabat Negara, PNS, anggota TNI/POLRI dan para pensiunnya.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 500 - PPh Pasal 21 atas Pengungkapan Ketidakbenaran. Untuk membayar Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atas pengungkapan ketidakbenaran.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 501 - PPh Pasal 21 atas Penghentian Penyidikan Tindak Pidana. Untuk membayarkan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 atas dilakukannya penghentian tindak pidana.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 510 - Sanksi Administrasi Berupa Denda atau Kenaikan atas Pengungkapan Ketidakbenaran Pengisian SPT PPh Pasal 21. Untuk pembayaran atas sanksi administrasi berupa denda atau kenaikan atas pengungkapan ketidakbenaran pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21.
  • Kode Jenis Setoran (KJS): 511 - Sanksi Administrasi Berupa Denda atas Penghentian Penyidikan Tindak Pidana di Bidang Perpajakan. Untuk pembayaran atas sanksi administrasi berupa denda atas penghentian penyidikan tindak pidana di bidang perpajakan.
ADVERTISEMENT
(NDA)
SSP singkatan dari apa?
chevron-down
Apa informasi yang diisi dalam SSP?
chevron-down
Apa itu kode jenis setoran pajak 100?
chevron-down