Komunikasi Bisnis: Definisi, Bentuk, dan Manfaatnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
20 September 2023 10:24
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Komunikasi Bisnis. Foto: Unsplash.com/Brooke Cagle
ADVERTISEMENT
Komunikasi bisnis adalah elemen terpenting bagi perusahaan dalam menentukan keberhasilan bisnisnya. Komunikasi yang ada dalam bisnis dapat berupa pertukaran informasi, gagasan, opini, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Komunikasi bisnis yang efektif cenderung akan menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Ini akan meningkatkan retensi pelanggan perusahaan.
Untuk mengetahui informasi seputar komunikasi bisnis lebih lanjut, simak pembahasan selengkapnya di artikel Berita Bisnis berikut ini.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Ilustrasi Komunikasi Bisnis. Foto: Unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions
Mengutip laman onlinemanipal.com, komunikasi bisnis adalah pertukaran informasi yang efektif antara pihak-pihak bisnis atau individu yang berhubungan dengan bisnis demi tercapainya tujuan organisasi atau perusahaan.
Komunikasi bisnis bertujuan untuk mengurangi kesalahan dan meningkatan prosedur organisasi atau perusahaan.
Merujuk indeed.com, komunikasi dalam bisnis juga berperan penting untuk menyampaikan pesan yang jelas dan kuat tentang strategi, layanan pelanggan, dan merek.
Dalam bisnis, komunikator yang baik sangat penting bagi margin keuntungan dan reputasi bisnis. Karyawan yang berkomunikasi dengan baik dan memahami visi perusahaan juga membantu membuat perusahaan sukses dalam menggapai tujuannya.
ADVERTISEMENT

Bentuk Komunikasi Bisnis

Ilustrasi Komunikasi Bisnis. Foto: Unsplash.com/Headway
Mengutip onlinemanipal.com, ada sejumlah bentuk komunikasi bisnis yang bisa mengubah nada atau substansi di beberapa kondisi, antara lain:

1. Komunikasi Bisnis Internal

Komunikasi bisnis internal mengacu pada komunikasi antara anggota perusahaan, baik komunikasi formal maupun informal. Komunikasi internal harus efektif karena merupakan sarana penting untuk melihat dan mewakili kepentingan perusahaan.
Komunikasi bisnis internal yang efektif dapat meningkatkan kepuasan kerja, produktivitas, dan efisiensi karyawan sekaligus meminimalkan keluhan dan meningkatkan pendapatan.

2. Komunikasi Bisnis Lateral

Pentingnya komunikasi bisnis antara rekan kerja, baik secara lisan maupun tertulis disebut sebagai komunikasi lateral atau horizontal.
Hal ini dapat melibatkan komunikasi antar-departemen atau komunikasi lintas departemen, serta komunikasi antara orang-orang yang memiliki status sama atau serupa di perusahaan.
ADVERTISEMENT
Komunikasi horizontal atau lateral penting untuk mengupayakan kerja sama dan dukungan timbal balik untuk mencapai efektivitas fungsional dari unit-unit organisasi yang berbeda.

3. Komunikasi Bisnis Eksternal

Komunikasi bisnis eksternal mengacu pada interaksi dengan orang-orang di luar organisasi atau perusahaan, seperti klien, pemegang saham, pemasok, mitra, organisasi pengatur, dan lainnya.
Komunikasi eksternal bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi di antara berbagai organisasi atau perusahaan atau entitas.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Ilustrasi Komunikasi Bisnis. Foto: Unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions
Berikut manfaat dari adanya komunikasi bisnis yang dikutip dari laman studiousguy.com:

1. Membantu Meningkatkan Produktivitas

Komunikasi bisnis yang efektif meningkatkan produktivitas staf dengan meningkatkan kerja sama tim. Hal ini menciptakan lingkungan yang saling percaya dan saling pengertian di antara atasan dan karyawan.
Dengan demikian, karyawan dapat menyelesaikan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, ruang lingkup melakukan kesalahan atau kekeliruan selama bekerja dapat diminimalkan dengan adanya komunikasi yang efektif.
ADVERTISEMENT

2. Membantu dalam Meningkatkan Pelanggan

Pelanggan adalah bagian penting dari bisnis apa pun. Komunikasi bisnis yang efektif dapat memfasilitasi dalam menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan saat ini.
Strategi pemasaran dan kampanye hubungan masyarakat yang baik dapat menarik minat pelanggan terhadap barang atau jasa dan membantu membangun citra perusahaan di mata pelanggan.

3. Meningkatkan Kemitraan Bisnis

Komunikasi bisnis berperan penting dalam berurusan dengan klien atau vendor bisnis eksternal. Selain itu, hubungan yang efektif dan harmonis dengan bisnis lain menentukan keberhasilan organisasi lebih lanjut.

4. Memfasilitasi Inovasi dalam Bisnis

Komunikasi bisnis yang efektif membantu dalam inovasi bisnis serta memfasilitasi karyawan untuk menyampaikan ide dan saran mereka secara terbuka tentang produk, khususnya saat pemasaran produk.
(MQ)