Konten dari Pengguna

KUR Mandiri: Persyaratan dan Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
18 Januari 2022 12:53 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Gedung Bank Mandiri Foto: Fitra Andrianto/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Gedung Bank Mandiri Foto: Fitra Andrianto/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
KUR Mandiri atau Kredit Usaha Rakyat adalah kredit pembiayaan yang diberikan oleh perbankan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable untuk pinjaman modal usaha. KUR merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan pembiayaan modal bagi para pegiat UMKM yang disalurkan melalui lembaga keuangan.
ADVERTISEMENT
Melansir dari laman bankmandiri.co.id, KUR bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas pelayanan Bank kepada UMKM produktif, meningkatkan kapasitas daya saing UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, serta menanggulangi kemiskinan.

Keuntungan KUR Mandiri

Kredit Usaha Rakyat Mandiri memiliki berbagai keuntungan jika nasabah ingin mengajukan pinjaman bagi para pelaku usaha yang membutuhkan pinjaman modal.
ADVERTISEMENT

Jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri

1. KUR Super Mikro
Dengan limit kredit maksimal sampai Rp 10 juta per debitur dan jangka waktu untuk kredit Modal Kerja (KMK) maksimal selama 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.
2. KUR Mikro
Dengan limit kredit di atas Rp 10 Juta dengan maksimal sampai dengan Rp 50 juta per debitur dengan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) selama 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal selama 5 tahun.
3. KUR Kecil
Dengan limit kredit di atas Rp 50 juta sampai dengan maksimal Rp 500 juta per debitur dengan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal selama 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal selama 5 tahun.
ADVERTISEMENT
4. KUR Khusus
Dengan limit sampai dengan Rp 500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR Khusus. dengan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal selama 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun.
5. KUR Penempatan TKI
Dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu selama 3 (tiga) tahun.
Ilustrasi Bank Mandiri Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Persyaratan KUR Mandiri

Berikut adalah persyaratan umum untuk pengajuan pinjaman KUR Mandiri, yakni.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui persyaratan umum, berikut syarat-syarat pengajuan pinjaman berdasarkan jenis-jenis Kredit Usaha Rakyat Mandiri.
1. KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, KUR Khusus
2. KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia
ADVERTISEMENT

Tata Cara Pengajuan KUR Mandiri

Setelah memenuhi persyaratan yang disebutkan di atas, berikut langkah untuk mengajukan KUR Mandiri.
Itulah informasi seputar KUR Mandiri. Bila mengalami kendala dan memiliki pertanyaan, silakan menghubungi call center Mandiri di nomor 14000 atau 021-52997777. Semoga bermanfaat!
ADVERTISEMENT
(SRS)