Bisnis
·
23 Juli 2021 5:41
·
waktu baca 3 menit

Lelang BTN, Begini Cara Membeli Produknya Anti Ribet

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Lelang BTN, Begini Cara Membeli Produknya Anti Ribet (39301)
searchPerbesar
Peluncuran Portal Rumah Lelang KPR Bank BTN di Bogor. (Foto: Abdul Latif/Kumparan)
Sama seperti bank pada umumnya, Bank BTN juga kerap mengadakan lelang aset yang merupakan agunan kredit dengan harga lebih miring. Pada gelaran Asset Sales Festival Nasional tahun ini sebagai strategi mengundang investor untuk membeli aset-aset perseroan. Total aset yang ditawarkan mencapai 8.140 unit dengan nilai sekitar Rp 3 triliun yang terdiri dari rumah tapak, ruko, apartemen, proyek perumahan dan hotel. Berikut ini penulis rangkum dari berbagai sumber mengenai cara membeli rumah lelang Bank BTN.
ADVERTISEMENT

Cara Membeli Rumah Lelang Bank BTN

Lelang BTN, Begini Cara Membeli Produknya Anti Ribet (39302)
searchPerbesar
Ilustrasi pembangunan rumah. (Foto: Pixabay)
1. Kunjungi Situs Rumah Murah BTN
Beli rumah lelang bank BTN langkah awalnya adalah menentukan pilihan rumahnya yang bisa diakses melalui situs yang dimiliki bank BTN. Dalam situs tersebut, kamu tinggal mencocokkan keinginan, mulai dari lokasi, kabupaten, kecamatan, dan harga.
2. Lengkapi Data
Setelah mendapati rumah lelang bank BTN mana yang mau kamu beli, kamu akan diminta untuk mengisi Form Peminat yang berisi:
  • Nama Peminat
  • Email Peminat
  • HP
  • Pesan atau Keterangan
3. Ikut Kompetisi Lelang di KPKNL
Usai memasang penawaran, proses pengajuan kamu akan ditindaklanjuti dan diproses oleh pihak BTN Properti. Kamu tetap diperbolehkan untuk mensurvei dan mengecek langsung kondisi rumah lelang bank BTN sebelum mengikuti kompetisi lelang di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Sebagai informasi, untuk bisa bergabung di lelang yang diadakan KPKNL kamu diwajibkan membayar sejumlah uang jaminan yang nominalnya ditentukan dari pihak KPKNL.
ADVERTISEMENT

Contoh Pengumuman Lelang BTN

Lelang BTN, Begini Cara Membeli Produknya Anti Ribet (39303)
searchPerbesar
Ilustrasi lelang. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Setelah mengenal lebih jauh soal lelang BTN, serta kiat dan cara mengikutinya, kamu juga bisa menyimak contoh pengumuman lelang BTN.
Yang tertera di bawah ini adalah contoh pengumuman lelang Pengadaan Jasa Kontraktor Pekerjaan Renovasi Relayout Gedung Bank BTN KC Malang. Berikut contoh pengumumannya.
PENGUMUMAN LELANG
No. 029/BTN/PGSD/VII/2O19
Tanggal : 23 Juli 2021
Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan melaksanakan Lelang Pengadaan Jasa Kontraktor Pekerjaan Renovasi Relayout Gedung Bank BTN KC Malang, dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Kualifikasi:
Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Pelaksanaan Konstruksi yang masih berlaku yang diterbitkan LPJK dengan Klasifikasi Bidang Bangunan Gedung Sub Bidang Jasa Pelaksana untuk Konstruksi Bangunan Gedung Lainnya (BG009) dan / atau Sub Bidang Jasa Pelaksana Konstruksi Bangunan Komersil (BG004).
Memiliki pengalaman renovasi/pembangunan bangunan gedung kantor lebih diutamakan Bank selama 5 tahun terakhir (tahun 2016-2021) dilampirkan dengan kontrak.
Ketentuan lain dipersyaratkan dalam dokumen kualifikasi.
Pengambilan dokumen kualifikasi calon peserta pelelangan dilakukan oleh Direktur Perusahaan dengan membawa Fotocopy Sertifikat Badan Usaha (SBU) Jasa Pelaksanaan Konstruksi dan dilaksanakan pada :
Hari / tanggal : Senin s.d Rabu / 26 s.d 28 Juli 2021
Pukul : 09.00 WIB s/d 15,00 WIB
ADVERTISEMENT
Tempat : Bank BTN Kantor Pusat,
Procurement and General Services Division
Gedung Menara Bank BTN Lt.5
Jl.Gajah Mada No.1 Jakarta Pusat
Apabila pengambilan dokumen tersebut diwakilkan dengan orang lain (selain Direktur Perusahaan) maka yang bersangkutan harus menyerahkan Surat Kuasa pengambilan dokumen kualifikasi yang ditandatangani Direktur Perusahaan (di atas meterai yang bernilai cukup) yang dilampiri copy identitas pemberi kuasa dan penerima kuasa.
Ketentuan Lainnya :
  • Hanya peserta pelelangan yang mendaftarkan diri yang akan dievaluasi oleh panitia, dan hanya peserta yang menyerahkan berkas prakualifikasi yang lengkap dan memenuhi persyaratan yang dapat diundang untuk ikut serta dalam proses pelelangan selanjutnya.
  • Peserta yang dinyatakan lulus prakualifikasi akan diundang untuk pengambilan Dokumen Lelang (Kerangka Acuan Kerja).
  • Semua berkas yang telah diserahkan menjadi milik Panitia.
  • Pelaksanaan pelelangan ini tunduk pada ketentuan yang berlaku di Bank BTN dan persyaratan-persyaratan yang ada.
  • Anggaran menggunakan Rencana Bisnis Bank BTN.
  • Pengambilan dokumen tidak dipungut biaya.
ADVERTISEMENT
Demikian pengumuman ini disampaikan.
Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai lelang BTN, kamu dapat menghubungi Bank BTN melalui email rumahmurah@btn.co.id atau PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Consumer Collection, Recovery and Asset Sales Division (CRSD), Menara BTN Lantai 12 A Jl. Gajah Mada No 1, Jakarta 10130. Telepon: (021) 6336789, 6332666 ext. 1339.
(AAG)