Lupa Nomor BPJS Kesehatan? Begini Cara Ceknya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 16:00
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan.com
zoom-in-whitePerbesar
Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: Fanny Kusumawardhani/Kumparan.com
ADVERTISEMENT
Beberapa orang pernah mengalami lupa nomor BPJS Kesehatan yang mereka miliki. Padahal nomor tersebut diperlukan untuk bisa membayar tagihan, mengecek saldo, dan mengetahui status kepesertaan kartu.
ADVERTISEMENT
BPJS Kesehatan menjadi program unggulan pemerintah karena menciptakan sistem kesehatan secara menyeluruh. Salah satu yang ditawarkan layanan jaminan asuransi kesehatan tersebut adalah kemudahan cek nomor BPJS Kesehatan.
Harapannya, jika lupa nomor BPJS Kesehatan, penyelesaiannya bisa di atasi dengan mudah dan cepat. Lebih lanjut, simak artikel Berita Bisnis di bawah ini yang akan menjabarkan cara mengatasi lupa nomor BPJS kesehatan selengkapnya.

Cara Mengatasi Lupa Nomor BPJS Kesehatan

Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: Aprillio Akbar/ANTARA
zoom-in-whitePerbesar
Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: Aprillio Akbar/ANTARA
Dirangkum dari laman resmi BPJS Kesehatan, untuk mengatasi lupa nomor BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui layanan SMS Gateway, aplikasi mobile JKN, situs resmi BPJS Kesehatan, pusat panggilan BPJS Kesehatan, hingga kontak layanan media sosial resmi. Berikut penjelasan lengkap metode tersebut.
Layanan SMS Gateway
BPJS Kesehatan memiliki layanan SMS gateway untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan yang terlupa. Layanan ini bisa diakses melalui nomor telepon 08777-5500-400.
ADVERTISEMENT
Pengecekan nomor BPJS lewat SMS Gateway dapat dilakukan dengan dua cara, yakni memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Pegawai (NIP). Adapun format pesan yang bisa digunakan adalah sebagai berikut:
  • Untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan lewat NIK, ketik NIK<spasi>Nomor Induk Kependudukan.
  • Jika lewat NIP, ketik NIP<spasi>Nomor Induk Pegawai.
Aplikasi mobile JKN
Cara lain untuk mengatasi lupa nomor BPJS Kesehatan juga bisa melalui JKN mobile. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis di Google Playstore ataupun Appstore. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan kamu.
  • Buka aplikasi Mobile JKN yang terpasang di HP.
  • Lakukan login menggunakan NIK dan password terdaftar.
  • Masukkan kode captcha di kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik Login.
  • Selanjutnya, pada halaman utama klik menu Peserta.
  • Nantinya, nomor BPJS Kesehatan kamu dapat dilihat di kartu digital yang ada dalam aplikasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Situs resmi BPJS Kesehatan
Selain dua cara di atas, kamu juga bisa mengatasi lupa nomor BPJS Kesehatan dengan mengeceknya di situs resmi BPJS Kesehatan. Namun, layanan ini hanya bisa digunakan dengan memasukkan nomor BPJS Kesehatan.
Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan nomor BPJS Kesehatan milik salah satu keluarga yang terdaftar dalam Kartu Keluarga. Adapun langkah-langkah untuk memeriksa nomor BPJS Kesehatan lewat website resminya adalah sebagai berikut.
  1. Buka peramban pada perangkat elektronik.
  2. Kunjungi fasilitas BPJS Checking pada laman daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  3. Masukkan nomor kartu salah satu anggota keluarga.
  4. Isi Tanggal Lahir pada kolom yang tersedia.
  5. Isi Angka Validasi kemudian tekan tombol cek.
Nantinya, situs tersebut menampilkan informasi nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, hingga saldo yang dimiliki pengguna.
ADVERTISEMENT
Data peserta yang muncul adalah data peserta dalam satu keluarga. Jadi, kamu tidak hanya mengetahui nomor BPJS milikmu sendiri, tapi juga nomor BPJS milik anggota keluarga lainnya.
Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
zoom-in-whitePerbesar
Cara atasi lupa nomor BPJS Kesehatan. Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Pusat Panggilan BPJS Kesehatan
Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menghubungi pusat panggilan BPJS Kesehatan di nomor 1500 400. Untuk mengaksesnya pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup. Layanan pusat panggilan ini bisa dihubungi 24 jam dalam seminggu.
Media sosial BPJS Kesehatan
Alternatif lain untuk mengatasi lupa nomor BPJS Kesehatan adalah dengan mengirimkan pesan langsung di media sosial resmi BPJS Kesehatan. Adapun kontak layanan media sosial BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Twitter: @BPJSKesehatanRI
  • Facebook: BPJS Kesehatan RI
Pastikan akun yang kamu tuju sudah memiliki centang biru. Lewat kedua media sosial di atas, kamu bisa menanyakan nomor BPJS Kesehatan dengan cara mengirimkan pesan dan menginformasikan bahwa kamu ingin mengetahui nomor BPJS Kesehatan pribadi.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, petugas customer service BPJS Kesehatan akan meminta NIK dan Nomor KK kamu untuk pengecekan. Setelah berhasil, petugas akan menghubungi kamu dan memberikan informasi tentang nomor BPJS Kesehatan yang ditanyakan.
Demikian cara mengatasi lupa nomor BPJS Kesehatan yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika sudah berhasil mendapatkan nomor BPJS Kesehatan kembali, catat dan simpan dengan baik agar tidak lupa lagi. Semoga bermanfaat!
(IPT)
Bagaimana fomat pesan untuk mengecek nomor BPJS Kesehatan?
chevron-down
Berapa nomor pusat panggilan BPJS Kesehatan yang bisa dihubungi?
chevron-down
Apa saja media sosial BPJS Kesehatan yang bisa dihubungi?
chevron-down