Bisnis
·
11 Mei 2021 5:34

Manajemen Bisnis dan Istilah-Istilahnya yang Perlu Kamu Tahu

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Manajemen Bisnis dan Istilah-Istilahnya yang Perlu Kamu Tahu (53543)
Ilustrasi manajemen bisnis. Sumber: Unsplash
Dunia manajemen bisnis sangat luas dan di dalamnya terdapat banyak istilah dengan pengertian yang beragam. Dalam sekian banyak istilah-istilah tersebut juga kerap kali ada yang memiliki arti serupa tetapi berbeda dalam penerapannya.
ADVERTISEMENT
Istilah-istilah dalam lingkup manajemen bisnis sudah sepatutnya diketahui oleh setiap pelaku bisnis. Untuk kamu yang masih awam dan baru terjun ke dalam dunia bisnis harus sudah mulai mempelajari berbagai istilah tersebut.
Sebagai langkah awal, berikut kami rangkum melalui beberapa sumber tentang beberapa istilah dalam manajemen bisnis yang patut kamu ketahui sebagai business person, supaya karir kamu di dunia bisnis bisa makin lancar.

Istilah-Istilah dalam Manajemen Bisnis

1. Revenue (Pendapatan)
Revenue adalah bentuk pemasukan dari perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu sebuah pendapatan atau revenue bisa dalam periode bulanan, kuarter, semester, dan tahunan.
2. Profit (Keuntungan)
Istilah ini terbilang cukup umum bagi orang-orang. Profit merupakan pendapatan yang dikurangi dengan biaya pengeluaran lain, misalnya modal, maintenance, dan lain-lain. Profit kemudian terbagi menjadi 2 macam, yaitu gross profit dan net profit.
ADVERTISEMENT
Gross profit merupakan pendapatan yang dikurangi dengan harga pokok penjualan, sedangkan net profit merupakan nilai gross profit dikurangi dengan biaya yang tak langsung berhubungan dengan produksi, misalnya pajak, biaya promosi, dan lain sebagainya.
3. Arus Kas (Cash Flow)
Cash flow atau arus kas merupakan laporan keuangan yang berisi informasi tentang pemasukan dan pengeluaran kas perusahaan dalam periode tertentu.
Arus kas umumnya digunakan untuk mengetahui aktivitas keuangan yang dilakukan perusahaan.
4. Income (Penghasilan)
Income merupakan jumlah pendapatan melalui hasil penjualan yang dikurangi dengan harga pokok pejualan, beban, dan biaya lainnya.
Income sekilas serupa dengan revenue, tetapi dua istilah ini cukup berbeda. Income hampir selalu mengacu pada laba bersih karena jumlahnya dapat mewakili jumlah uang tunai yang tersisa.
ADVERTISEMENT
5. Beban (Expense)
Terakhir adalah beban atau expense. Beban yang dimaksud dalam manajemen bisnis adalah penurunan nilau ekonomi berupa kas keluar atau aktiva yang berkurang.
Istilah-istilah tersebut merupakan beberapa di antara sekian istilah yang paling umum dalam dunia manajemen bisnis. Minimal pahamilah beberapa istilah tersebut agar kamu tidak terlalu awam ketika terjun ke dalam dunia bisnis.
(AMP)