Mata Uang Terkecil di Dunia, Apa Saja? Ini Daftarnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
30 Maret 2023 17:51
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mata Uang Terkecil di Dunia. Foto: Unsplash.com/Ibrahim Boran
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mata Uang Terkecil di Dunia. Foto: Unsplash.com/Ibrahim Boran
Mata uang terkecil di dunia didominasi negara-negara di benua Asia. Penyebab penurunan nilai mata uang atau devaluasi adalah karena terjadinya kemerosotan ekonomi di negara tersebut.
Mengutip laman fxssi.com, nilai mata uang yang kecil akan menyebabkan defisit neraca pembayaran dan meningkatkan tingkat inflasi. Devaluasi ini terjadi karena perang, penurunan PDB, penurunan daya beli, ketidakstabilan politik, dan lainnya.
Lantas, negara apa saja yang memiliki nilai mata uang terkecil di dunia? Berikut Berita Bisnis jabarkan lima negara dengan mata uang terkecil di dunia.

Daftar Mata Uang Terkecil di Dunia

Ilustrasi Mata Uang Terkecil di Dunia. Foto: Unsplash.com/Alexander Schimmeck
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mata Uang Terkecil di Dunia. Foto: Unsplash.com/Alexander Schimmeck
Mengutip laman in.lastminute.com, berikut negara yang memiliki nilai mata uang terkecil di dunia:

1. Iran

Rial merupakan mata uang negara Iran yang memiliki nilai terendah di dunia terhadap mata uang dollar (USD). Penyebab penurunan nilai Rial adalah perang antara Iran dan Irak, ancaman yang dihadapi oleh Palestina, dan bahaya perang nuklir yang mungkin terjadi.
Faktor tersebut membuat akses Iran ke pasar dunia terbatas, sehingga menyebabkan kerugian yang signifikan terhadap ekonomi negara Iran.

2. Vietnam

Mata uang termurah kedua di dunia adalah Dong Vietnam. Vietnam masih dalam proses menuju kemajuan penuh dari ekonomi terpusat menjadi ekonomi pasar.
Mata uang ini memiliki nilai tukar terendah di semua negara, kecuali Iran. Namun, para ahli mata uang menyatakan bahwa pemerintah Vietnam sedang melangkah maju di jalur yang benar menuju pertumbuhan dan akan segera menyusul negara-negara tetangganya di Asia.

3. Indonesia

Meski Indonesia adalah negara yang stabil secara ekonomi dan berkembang di Asia Tenggara, Rupiah memiliki nilai tukar yang sangat rendah.
Otoritas regulator yang beroperasi di negara ini telah menerapkan semua langkah untuk memperkuat mata uang nasional. Namun, hingga saat ini, semua upaya tersebut hanya menghasilkan perubahan kecil dan tidak signifikan.

4. Laos

Kip Laos adalah satu-satunya mata uang dalam daftar mata uang termurah di dunia yang nilainya tidak menurun.
Sejak tahun penerbitan mata uang pada 1952, Kip Laos tidak mampu menguat terhadap nilai Dolar AS. Meskipun demikian, nilai mata uang ini terus meningkat secara bertahap.

5. Sierra Leone

Sierra Leone adalah negara yang berada di Afrika Barat dan terus menerus mengalami kemunduran dan penderitaan.
Mata uang Leone Sierra Leone terus mengalami devaluasi yang konsisten selama bertahun-tahun karena pertumbuhan ekonomi dan sosial yang sangat rendah.
Rendahnya mata uang Leone Sierra Leone salah satunya disebabkan oleh Virus Ebola yang telah berulang dalam jangka waktu lama.
Demikian informasi seputar mata uang terkecil di dunia yang bisa disimak. Semoga bermanfaat.
(MQ)
Apa nama mata uang negara Laos?
chevron-down
Apa saja penurunan nilai mata uang negara Iran?
chevron-down
Sierra Leone itu di mana?
chevron-down