Mengenal Apa Itu Asuransi dan Manfaatnya bagi Kehidupan

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
15 Februari 2023 12:24
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi asuransi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi asuransi. Foto: Unsplash
Asuransi menjadi suatu hal yang penting dimiliki setiap orang guna memberikan perlindungan dari berbagai macam bahaya di masa depan. Apa itu asuransi?
Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 1 tahun 1992, asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. Sementara menurut buku Perasuransian yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi atau insurance berarti jaminan atau perlindungan.
Secara hukum, terjadi ikatan atas kesepakatan antara perusahaan asuransi dan individu atau badan usaha di mana perusahaan asuransi memberi ganti rugi ketika peristiwa atau musibah terjadi sesuai polis.
Kemudian individu atau badan usaha akan membayar premi ke perusahaan asuransi sebagai imbal jasa pengalihan risiko. Dengan melakukan pembayaran premi pada perusahaan asuransi, kita bisa mengurangi risiko yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari.

Apa Itu Asuransi?

Ilustrasi membuat asuransi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat asuransi. Foto: Unsplash
Pemerintah telah mengatur sejumlah peraturan terkait asuransi, salah satunya dalam UU Nomor 40 tahun 2014 tentang Perasuransian. Menurut peraturan tersebut, asuransi merupakan perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis.
Bentuk perjanjian di antara keduanya, yaitu perusahaan polis wajib memberikan pengganti kerugian terhadap pemegang polis atas peristiwa yang dialami, sedangkan pemegang polis wajib membayar premi terhadap perusahaan asuransi.
Konsep asuransi pada intinya adalah pengalihan risiko dari pemegang polis kepada perusahaan asuransi karena sudah membayarkan premi dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi apabila terjadi sesuatu yang tidak pasti dan menyebabkan kerugian.
Mengutip dari buku Perasuransian terbitan OJK, terdapat tiga unsur yang harus dimiliki oleh asuransi, yakni pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung, tertanggung membayar premi, dan penanggung wajib ganti rugi sesuai persyaratan polis.

Prinsip-prinsip Asuransi

Ilustrasi asuransi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi asuransi. Foto: Pexels
Mengutip buku Lembaga-lembaga Keuangan dan Perbankan Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya karya Ade Onny Siagian, prinsip-prinsip asuransi adalah sebagai berikut:
  • Insurable interest, merupakan hal hukum untuk pertanggungan risiko berkaitan dengan keuangan.
  • Utmost good faith atau itikad baik, didasarkan kepada itikad baik antara penampung mengenai seluruh informasi baik material maupun immaterial.
  • Indemnity atau ganti rugi, artinya mengendalikan posisi keuangan tertanggung setelah terjadi kerugian seperti pada posisi sebelum terjadinya kerugian tersebut.

Manfaat Asuransi

Penggunaan asuransi pada dasarnya ditujukan untuk memberi perlindungan bagi diri sendiri maupun keluarga selama hidup. Bagi kamu yang masih ragu untuk mengambil asuransi, berikut beberapa manfaat dari asuransi menurut OJK.
  • Adanya polis asuransi memberikan perlindungan serta rasa aman bagi tertanggung (individu/badan usaha) atas peristiwa yang menimbulkan risiko kerugian di kemudian hari.
  • Asuransi mendistribusikan biaya serta manfaat secara adil. Semakin besar premi yang dibayar, semakin besar juga manfaat yang didapatkan tertanggung.
  • Asuransi dapat menjadi sarana menabung, terutama jika kamu mengambil jenis asuransi seperti whole life atau endowment karena memiliki nilai tunai yang dapat diambil.
  • Asuransi dapat digunakan sebagai jaminan kredit. Umumnya polis asuransi yang dapat dijadikan jaminan kredit hanya asuransi jiwa pada bank tertentu untuk jenis kredit tertentu juga. Penilaiannya pun sangat selektif jika ingin dijadikan jaminan kredit.
(NDA)
Apa tujuan dari asuransi?
chevron-down
Bagaimana cara kerja asuransi?
chevron-down
Apa dasar hukum asuransi di Indonesia?
chevron-down