Niche Market: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menentukannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
23 Desember 2022 8:10
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
Ada banyak peluang bisnis yang dinilai mampu menarik konsumen hingga mendatangkan keuntungan. Salah satu yang bisa dicoba seorang pelaku usaha adalah dengan menerapkan strategi niche market.
Menurut Leduc dalam buku Handbook of Niche Marketing oleh Tevfik Dalgic, niche market adalah sekelompok pelanggan potensial yang memiliki kesamaan karakteristik yang membuat mereka dapat menerima suatu produk, layanan, atau mendapatkan kesempatan tertentu.
Strategi ini dapat menjadi pilihan apabila kamu ingin menangkap sebagian kecil calon konsumen di pasaran. Contohnya dalam bisnis pakaian, kamu bisa memilih untuk menjual pakaian khusus untuk acara kondangan saja.

Pengertian Niche Market

Mengutip Webster Dictionary, niche sendiri berarti sebuah ruang atau ceruk yang tersembunyi. Dalam konteks marketing, niche dipahami sebagai sebagian kecil target pasar yang tidak digarap oleh produk pesaing.
Diterangkan juga dalam laman e-journal.uajy.ac.id, niche market adalah kelompok yang lebih sempit yang diidentifikasi dengan membagi segmen menjadi subsegmen dengan berbagai spesialisasi sebagai kunci utama dalam pembagian tersebut.
Berbagai spesialisasi itu bisa berupa geografis, demografis, atau segmentasi berdasarkan produk. Ini merupakan langkah lanjutan dari segmentasi pasar untuk menciptakan kelompok pelanggan yang berbeda.

Manfaat Niche Market

Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
Dengan menggunakan strategi niche market, bisnis kita tentu akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat dari menerapkan niche market pada bisnis mengutip laman The Business Profesor.

1. Mudah Menangkap Pangsa Pasar

Strategi niche market dapat memudahkan pebisnis untuk menangkap pangsa pasar yang sesuai dan benar-benar membutuhkan atau mencari produk yang ditawarkan. Dengan begitu, pebisnis dapat memenuhi sebagian besar permintaan dalam kategori niche tersebut.

2. Persaingan Lebih Sedikit

Pasar yang besar tentu sudah menjadi tujuan utama banyak pelaku usaha. Dengan menggunakan strategi niche market, pelaku usaha dapat berfokus pada pasar yang kecil dengan persaingan cenderung lebih sedikit.

3. Tidak Terlalu Menarik Perhatian Pesaing Besar

Berfokus pada strategi niche market juga membuat pelaku usaha kecil tidak terlalu diperhatikan atau dianggap mengancam oleh pesaing besar. Pesaing besar yang dimaksud misalnya seperti perusahaan berskala nasional atau multinasional.
Kelompok konsumen dalam niche market juga cenderung tidak begitu diperhatikan secara khusus oleh pelaku usaha besar, lantaran mereka memiliki pasar yang sangat luar dan harus memenuhi kebutuhan pasar yang besar tersebut.

4. Pijakan ke Pasar yang Lebih Besar

Pelaku usaha kecil juga bisa mengembangkan usahanya menjadi lebih besar, dengan niche market sebagai pijakan awalnya. Jika kamu sudah menguasai niche market, tentu akan lebih mudah bagi mereka untuk masuk ke pasar yang cakupannya lebih besar.

Cara Menentukan Niche Market

Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi niche market. Foto: Pixabay
Setelah memahami pengertian dan manfaat niche market, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menentukan niche market. Merujuk buku Handbook of Niche Marketing oleh Tevfik Dalgic, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan niche market.
  • Ruang lingkup niche market biasanya lebih kecil daripada segmentasi. Karena itu, tentukan segmentasi pasar lebih dulu, baru kemudian tentukan niche market yang akan dituju berdasarkan database pelanggan yang dinilai potensial.
  • Niche market selalu berfokus pada individual dalam satu kelompok kecil yang homogen. Karena itu, temukan individu-individu yang memiliki kesamaan khusus dalam suatu segmentasi pasar yang lebih besar.
  • Niche market memiliki kebutuhan spesifik yang bisa jadi berbeda daripada rata-rata segmen pasar. Untuk itu, pebisnis perlu mencari kelompok market kecil yang sesuai dengan produk atau layanan yang sudah disediakan.
  • Pilih salah satu karakteristik. Ada beberapa karakteristik yang bisa dijadikan patokan dalam menentukan niche market, di antaranya wilayah geografis, jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendapatan, dan gaya hidup.
(NDA)
Apa yang dimaksud dengan niche market?
chevron-down
Apa contoh niche market?
chevron-down
Mengapa niche market penting?
chevron-down