Pengertian Xendit dan Mengenal Produk-produknya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
6 Juli 2022 14:40
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Xendit, Foto: xendit.co
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Xendit, Foto: xendit.co
ADVERTISEMENT
Xendit adalah salah satu perusahaan financial technology (fintech) terbesar dan terkemuka di Indonesia, juga kawasan Asia Tenggara.
ADVERTISEMENT
Bisa dikatakan juga Xendit merupakan salah satu startup payment gateaway atau gerbang pembayaran yang mampu membantu setiap bisnis dalam melakukan pembayaran kepada konsumennya secara mudah, sederhana dan aman.
Kehadirannya tentu karena pertumbuhan dan berkembangnya teknologi di dunia. Xendit jadi salah satu produk digital yang hadir secara online.
Jika melihat buku Konsep Dasar Pemasaran di Era Digital yang ditulis Dedy Lzuardi dkk, Xendit ialah payment gateaway terbaik di Indonesia yang mampu membantu dan meringankan bisnis seseorang untuk berkembang.
Adapun kehadiran Xendit mampu membuat semua transaksi online si suatu perusahaan bisa berjalan secara otomatis, tanpa perlu konfirmasi manual.

Sejarah Xendit

Xendit muncul pada tahun 2016. Adapun kehadirannya berkat hasil kerja sama Moses Lo (CEO), Tessa Wijaya (COO), Bo Chen (CTO), dan Juan Gonzales (CINO).
Ilustrasi pegawai Xendit, Foto: xendit.co
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pegawai Xendit, Foto: xendit.co
Xendit yang merupakan layanan payment gateway ini menyediakan infrastruktur pembayaran bagi masyarakat Indonesia, terutama para pengusaha. Kehadirannya guna membantu marketplace dalam menyederhanakan pembayaran, memproses pembayaran, mengirimkan pembayaran, serta mendeteksi segala bentuk penipuan.
ADVERTISEMENT
Melalui situs resminya, Xendit memiliki fokus utama membangun rel pembayaran terdepan untuk Indonesia. Tentunya agar pembayaran yang terjadi di Indonesia terjadi secara aman sederhana dan mudah bagi semua orang.
Tidak hanya itu, Xendit juga muncul dan hadir untuk semakin meningkatkan perihal digitalisasi perekonomian yang ada di Indonesia.
Dengan menyediakan sistem pembayaran yang mudah, ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha atau para wirausahawan dalam menjalankan bisnisnya. Terutama perihal sistem pembayaran yang dijalankannya.
Adapun Xendit memiliki sejumlah produk dalam menunjang hal tersebut, berikut produk-produknya:
  • Pembayaran online: menerima ragam metode pembayaran, lokal dan internasional
  • Checkout: menerima pembayaran dengan membagikan link dan laman checkout
  • Integrasi: menerima pembayaran dengan integrasi toko e-commerce dan banyak lagi
  • Manajemen risiko: sistem pencegahan penipuan dan verifikasi identitas
  • Transfer otomatis: kirim uang ke bank dan e-wallet dengan integrasi API
  • Transfer massal: kirim uang ke 10.000 tujuan dengan mengunggah file excel
  • Kirim refund: menyederhanakan pengiriman refund tanpa perlu mencatat rekening tujuan
  • Pembayaran platform: daftarkan mitra, terima dan bagikan pembayaran, kirim dana
ADVERTISEMENT
Sebagai tambahan informasi, Xendit sendiri telah menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia. Unicorn sendiri ialah istilah bagi perusahaan yang telah memiliki nilai valuasi mencapai 1 miliar dolar AS atau lebih.
Pada September 2021 lalu, Xendit memberikan keterangan bahwa mereka telah menerima dana sebesar 150 juta dolar AS, atau sekitar Rp2,1 triliun dari funding round seri C yang dipimpin oleh Tiger Global Management.
Adapun selain Xendit, sejumlah perusahaan Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO, J&T Express, dan OnlinePajak juga merupakan perusahaan-perusahaan unicorn.
(NNR)