Bisnis
·
11 Juni 2021 5:38
·
waktu baca 2 menit

Perusahaan Manufaktur: Pengertian dan Contoh yang Terdaftar di BEI

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Perusahaan Manufaktur: Pengertian dan Contoh yang Terdaftar di BEI (17477)
Ilustrasi perusahaan manufaktur. Dok: Unsplash
Sudahkah kamu tahu bahwa produk seperti kendaraan, perangkat elektronik, alat-alat dapur, dan lainnya adalah produk perusahaan manufaktur? Ada banyak hal seputar perusahaan manufaktur. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak uraian berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang bergerak dalam perakitan bahan baku untuk dijadikan produk tertentu.
Lebih lengkapnya, perusahaan manufaktur adalah sebuah badan usaha yang mengoperasikan mesin, peralatan, dan tenaga kerja dalam untuk mengubah bahan-bahan mentah (raw material) menjadi barang jadi yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.

Contoh Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI

Sejak era revolusi industri hingga sekarang ini, sudah lahir banyak sekali perusahaan manufaktur di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) yang telah kami rangkum dari beberapa sumber.
1. Ades (Akasha Wira International Tbk)
Ades atau Akasha Wira International Tbk merupakan salah satu perusahaan manufaktur di Indonesia yang sudah terdaftar di BEI. Ades telah berdiri sejak tahun 1980-an dan saat itu masih bernama PT Alfindo Putrasetia.
ADVERTISEMENT
Perusahaan PT Alfindo Putrasetia kemudian berkembang pesat pasca perusahaan diambil alih oleh WPB, sebuah asosiasi perusahaan yang didirikan antara Refreshment Product Services dan Nestle S. A pada tahun 1994, dan akhirnya menjadi perusahaan yang besar.
2. MAIN (PT Malindo Feedmill Tbk)
PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN) merupakan perusahaan manufaktur lain yang terdaftar di BEI. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1997. Unit usaha MAIN bergerak di bidang peternakan seperti pengolahan pakan ayam, pembibitan ayam ternak, dan usaha ayam pedaging.
MAIN sudah memiliki beberapa cabang di antaranya PT Quality Indonesia, PT Bibit Indonesia, PT Leong Ayamsatu Primadona, dan PT Prima Fajar.
Perusahaan Manufaktur: Pengertian dan Contoh yang Terdaftar di BEI (17478)
Ilustrasi pabrik perusahaan manufaktur. Dok: Unsplash
3. ASII (ASTRA International Tbk)
Perusahaan lain yang terdaftar di BEI adalah ASTRA International Tbk. Perusahaan manufaktur ini cukup terkenal dan besar. ASII sudah berdiri sejak tahun 1957 dan didirikan oleh Astra Internasional INC.
ADVERTISEMENT
Jumlah diversifikasi bisnis ASII sudah mencapai 7 unit, di antaranya bisnis otomotif, jasa keuangan, agribisnis, pertambangan, properti, TI, sampai logistik.
4. FPNI (Titan Kimia Nusantara)
FPNI atau Titan Kimia Nusantara adalah badan usaha yang berdiri pada tahun 1990. Para pendirinya terdiri dari empat perusahaan raksasa yang tergabung dalam PT Petrokimia Nusantara Interindo, yaitu PT Arseto petrokimia Nusantara Interindo, Mitsui Co Ltd, BP Chemicals Investment Limited dan Sumitomo Corporation.
5. IKBI (Sumi Indo Kabel Tbk)
Sumi Indo Kabel Tbk atau IKBI merupakan unit usaha yang berdiri pada tanggal 1981 di kota Tangerang. Perusahaan IKBI bergerak di bidang jasa perkabelan. Beberapa produknya antara lain kabel serat optik, kabel telekomunikasi tembaga, dan kabel konduktor.
ADVERTISEMENT

Contoh Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI lainnya

Selain perusahaan-perusahaan di atas, terdapat juga beberapa perusahaan lain yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berikut adalah nama-nama perusahaan tersebut.
  • Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP)
  • Ekadharma International Tbk (EKAD)
  • Argha Karya Prima Industry Tbk (AKPI)
  • Tirta Mahakam Resources Tbk (TIRT)
  • Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk (KBRI)
  • Arwana Citramulia Tbk (ARNA)
  • Keramika Indonesia Assosiasi Tbk (KIAS)
  • Betonjaya Manunggal Tbk (BTON)
  • Barito Pacific Tbk (BRPT)
(AMP)