Pinjaman Bank BRI Jaminan Sertifikat Rumah dan Cara Pengajuannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
8 April 2022 14:50
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jaminan Rumah. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jaminan Rumah. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Pinjaman Bank BRI jaminan sertifikat rumah dapat kamu lakukan saat mengajukan pinjaman. Bank BRI sendiri menyediakan beberapa layanan kredit bagi masyarakat. Biasanya jaminan digunakan saat mengajukan pinjaman maupun menambah jumlah pinjaman.
ADVERTISEMENT
Jaminan yang diminta oleh bank biasanya merupakan aset yang dimiliki peminjam. Salah satu jaminan yang dapat digunakan dalam pengajuan kredit adalah sertifikat rumah. Jaminan ini menjadi salah satu pilihan karena nilai aset yang besar sehingga proses pencairan dana kredit lebih cepat.
Walaupun menjadikan rumah bernilai besar sebagai jaminan, tidak selalu bank menerima pengajuan peminjam dengan jaminan ini. Bank akan menilai peminjam berdasarkan 5C atau capacity, character, condition, capital, dan collateral. Hal ini bertujuan agar bank terhindar dari masalah seperti kredit macet.
Lalu pinjaman BRI apa saja yang dapat menjadikan sertifikat rumah sebagai jaminan? Simak penjelasannya berikut ini.

Pinjaman Bank BRI Sertifikat Rumah

Ilustrasi Pengajuan Pinjaman. Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengajuan Pinjaman. Foto: Unsplash.
Pinjaman Bank BRI dapat menjadi pilihan pinjaman yang aman apabila kamu ingin mengajukan kredit dengan jaminan sertifikat rumah. Selain aman, pengajuan kredit di bank dengan jaminan sertifikat rumah juga menawarkan keuntungan dan keringanan yang menarik peminjam.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan pinjaman online yang belum tentu aman dan pasti legalitasnya. Berikut beberapa pinjaman Bank BRI yang dapat kamu ambil dengan jaminan sertifikat rumah.

1. KUR Mikro Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat Mikro milik Bank BRI merupakan kredit dengan plafon hingga 50 juta rupiah per debitur. Kredit ini memiliki dua jenis yaitu Kredit Modal Kerja dengan maksimum tenor 3 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimum tenor 5 tahun.

2. KUR Kecil Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat Kecil milik Bank BRI merupakan kredit bagi pemilik usaha yang produktif dan layak dengan plafon mulai dari 50 hingga 500 juta rupiah. Kredit ini memiliki dua jenis yaitu Kredit Modal Kerja dengan maksimum tenor 3 tahun dan Kredit Investasi dengan maksimum tenor 5 tahun.
ADVERTISEMENT
Apabila kamu ingin mengajukan kredit pinjaman di BRI dengan sertifikat rumah sebagai jaminannya, kamu dapat melakukan tahapan berikut ini untuk pengajuannya.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BRI

  1. Pertama, siapkan beberapa dokumen persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman Bank BRI seperti salinan sertifikat rumah atas nama pribadi, bukan milik orang lain, e-KTP yang masih aktif dan valid, pas foto 3×4 dua lembar, NPWP, surat nikah, salinan rekening tabungan, dan salinan Kartu Keluarga
  2. Kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki usaha yang sudah berjalan minimal selama satu tahun
  3. Kunjungi kantor cabang terdekat BRI untuk mengajukan kredit.
  4. Ambil antrean di customer service untuk melakukan pinjaman uang menggunakan sertifikat rumah
  5. Setelah itu, petugas customer service akan meminta untuk mengisi formulir.
  6. Berikan kembali formulir yang sudah kalian isi tadi beserta dokumen persyaratan dan customer service akan memproses pengajuan pinjaman kamu.
  7. Selanjutnya, tunggu keputusan dari pihak BRI selama beberapa hari ke depan.
ADVERTISEMENT
Sekian informasi mengenai pinjaman Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah. Pastikan untuk mengajukan pinjaman di tempat yang aman dan tepercaya agar sertifikat rumah kamu juga berada di tangan yang aman. Semoga bermanfaat!
Kenapa sertifikat rumah bisa dijadikan jaminan pinjaman bank?
chevron-down
Apa dasar penilaian bank atas suatu pengajuan pinjaman?
chevron-down
Berapa plafon pinjaman KUR Mikro BRI?
chevron-down

(NDA)