Profil Airlangga Hartarto, Riwayat Pendidikan dan Karier Politiknya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2022 8:26
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Profil Airlangga Hartarto, Foto: kumparan.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Profil Airlangga Hartarto, Foto: kumparan.com
ADVERTISEMENT
Menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Profil Airlangga Hartarto banyak dicari masyarakat. Terutama sebab ia digadang-gadang jadi salah satu calon kuat untuk maju pada pilpres 2024.
ADVERTISEMENT
Airlangga Hartarto lahir di Surabaya pada 1 Oktober 1962. Ia adalah anak dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi. Sepak terjang Airlangga di dunia politik tidak terlepas dari latar belakang ayahnya.
Ayahnya, Hartarto Sastrosoenarto adalah salah satu orang kepercayaan presiden ke-2 Indonesia, yakni Soeharto. Tercatat Hartarto Sastrosoenarto pernah menjabat Menteri Perindustrian Kabinet Pembangunan VI, dan lalu berganti posisi menjadi Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi Kabinet Pembangunan VI.
Tidak sampai di situ, ayah Airlangga kemudian diketahui juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Pengawasan, Pembangunan, dan Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Pembangunan VII. Airlangga belajar banyak dari sosok ayahnya.

Riwayat Pendidikan Airlangga Hartarto

Pria yang terinspirasi dari sosok kemerdekaan India, yakni Mahatma Gandhi ini pernah bersekolah di SMA Kolese Kanisius, Jakarta. Sejak duduk di bangku SMA, Airlangga cukup aktif dalam kegiatan berorganisasi.
ADVERTISEMENT
Saat SMA, ia aktif di organisasi OSIS dan menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS di sekolahnya. Berlanjut ke bangku kuliah, Airlangga yang berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan Teknik Mesin juga turut aktif berorganisasi.
Ilustrasi Airlangga Hartarto, Foto: kumparan.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Airlangga Hartarto, Foto: kumparan.com
Pada saat berkuliah, ia pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Ketika lulus, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM.
Setelah lulus dari jurusan Teknik Mesin di UGM, ia melanjutkan studinya di Monash University Australia dan kemudian meraih gelar MBA (Master in Bussiness Administration) pada tahun 1996. Selain itu, ia juga memperoleh gelar Master of Management Technology di University of Melbourne, Australia pada tahun 1997.

Karier Politik Airlangga Hartarto

Pria yang gemar dalam olahraga bela diri wushu ini memulai karier politiknya pertama kali pada tahun 1998, yakni dengan masuk ke dalam Partai Golkar (Golongan Karya). Kemudian pada tahun 2004 ia mengemban jabatan sebagai Wakil Bendahara Partai Golkar untuk periode 2004-2009.
ADVERTISEMENT
Akhirnya pada tahun 2009, ia berhasil menempati salah satu kursi di parlemen DPR RI untuk periode 2009-2014. Di parlemen, ia berhasil menjabat sebagai Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi sektor perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM, dan BUMN untuk periode 2009-2014.
Di Partai Golkar, kedudukan Airlangga naik sebagai Ketua Umum Partai pada tahun 2017. Lalu, ia terpilih lagi sebagai ketua partai secara aklamasi oleh seluruh anggota Musyawarah Nasional Partai Golkar.
Posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2014 membuatnya berhasil menduduki jabatan sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husein di Kabinet Indonesia Kerja 1 tahun 2016. Catatan ini membuat dirinya mengikuti jejak ayahnya yang juga pernah menjadi Menteri Perindustrian RI.
ADVERTISEMENT
Tak cukup sampai di sana, pada Pilpres tahun 2019 ketika Jokowi kembali terpilih sebagai presiden, Airlangga kemudian menduduki kursi Menteri Perekonomian RI untuk periode 2019-2024.
(NNR)