Proses Pengambilan Keputusan yang Wajib Diketahui

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
25 November 2022 20:11
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi proses pengambilan keputusan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi proses pengambilan keputusan. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Proses pengambilan keputusan menjadi aspek yang perlu diperhatikan untuk memecahkan suatu masalah. Menurut Handoko dalam buku Manajemen, pengambilan keputusan adalah proses menyelesaikan suatu masalah tertentu.
ADVERTISEMENT
Dalam proses ini, pemimpin dan tim yang terlibat akan memutuskan banyak hal, mulai dari solusi tujuan organisasi yang akan dicapai, sumber daya yang akan digunakan, dan pihak yang akan melaksanakan tugas tersebut.

Apa Itu Proses Pengambilan Keputusan

 Ilustrasi proses pengambilan keputusan. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi proses pengambilan keputusan. Foto: Pexels
Dikutip dari Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, proses pengambilan keputusan ialah metode untuk mengumpulkan informasi, menilai alternatif, dan menentukan pilihan akhir.
Proses pengambilan keputusan secara rasional dan ilmiah terdiri dari berbagai tahapan. Dikutip dari kkp.go.id, berikut uraiannya:

1. Rumuskan Masalah

Proses pengambilan keputusan yang pertama dilakukan dengan merumuskan masalah. Kamu bisa mengajukan pertanyaan ke diri sendiri, misalnya:
  • Apa permasalahan yang akan diselesaikan?
  • Apa tujuan yang ingin dicapai?
  • Bagaimana kamu mengukur kesuksesan?
Pertanyaan semacam ini membantu kamu menemukan solusi dari permasalahan secara tepat. Melalui metode ini kamu bisa mendapat banyak informasi guna mencapai keputusan terbaik.
ADVERTISEMENT

2. Kumpulkan data

Kamu bisa mengumpulkan data dan informasi mengenai keputusan yang akan diambil. Ini menjadi langkah penting dalam menentukan suatu keputusan.
Kumpulkan data sebanyak-banyaknya, baik dari dalam atau luar tim. Kamu bisa melakukan riset pasar, kerja sama dengan konsultan atau bertanya ke kolega di perusahaan lain yang memiliki pengalaman relevan.

3. Kembangkan alternatif

Pada proses ini kamu wajib mencari berbagai solusi untuk beberapa permasalahan berbeda. Siapkan lebih dari satu alternatif karena para pemangku kepentingan yang berbeda juga mempunyai kebutuhan berbeda. Hal ini tergantung pada peran mereka masing-masing.

4. Evaluasi solusi dari tiap permasalahan

Proses pengambilan keputusan selanjutnya ialah dengan mengevaluasi semua solusi yang berbeda. Tim akan mengidentifikasi dan mengeliminasi kelebihan dan kekurangan dari setiap solusi.

5. Pilih alternatif

Jika sudah sampai pada tahap ini, kamu bisa menentukan keputusan akhir. Pertimbangkan juga data dan informasi yang dikumpulkan. Pikirkan juga matang-matang bagaimana pengaruh keputusan akhir ini ke setiap pemangku kepentingan.
ADVERTISEMENT

6. Laksanakan keputusan

Setelah sepakat dengan keputusan akhir, kamu dapat menerapkan solusi tersebut secara langsung. Sebaiknya pantau juga progres dari keputusan akhir ini untuk mengetahui apakah ini keputusan yang baik atau bukan.

7. Evaluasi hasil keputusan

Lakukan evaluasi dari keputusan yang telah diambil. Berikut pertanyaan untuk mengetahui apakah solusi atau keputusan sudah memenuhi kriteria kesuksesan tim.
  • Apakah keputusan memengaruhi tim secara positif atau negatif?
  • Apakah pemangku kepentingan menikmati manfaat dari keputusan ini?
  • Apakah ada pemangku kepentingan yang terdampak secara negatif?
Demikian penjelasan mengenai proses pengambilan keputusan. Melalui proses di atas, kamu bisa mengetahui mana solusi yang tepat untuk permasalahan yang dialami.
(ZHR)
Apa itu pengambilan keputusan?
chevron-down
Apa saja contoh hasil dari sebuah pengambilan keputusan?
chevron-down
Apakah perlu melakukan evaluasi keputusan?
chevron-down