Rekrutmen ASN Khusus Fresh Graduate 2024, Buka 690.000 Formasi

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
28 Februari 2024 14:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2021 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB,  Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/9). Foto: Fransisco Carolio/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2021 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/9). Foto: Fransisco Carolio/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa pemerintah akan membuka rekrutmen sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2024 bagi para fresh graduate.
ADVERTISEMENT
Mengutip laman resmi KemenPANRB, Presiden Jokowi mengatakan bahwa rekrutmen ASN khusus fresh graduate atau lulusan baru yang disiapkan mencapai 690.000 formasi.
“Pemerintah memberikan kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate dengan membuka formasi CASN tahun 2024 sebanyak 690.000 orang,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (5/1), dikutip dari kumparanBisnis.
Dari 690.000 orang tersebut, 207.000 di antaranya adalah kuota yang disiapkan untuk mengisi kursi di instansi pemerintah pusat dan 483.000 lainnya untuk instansi daerah.

Formasi Rekrutmen ASN Khusus Fresh Graduate 2024

Peserta Tes CPNS di Surabaya Bawa. Foto: Dok: Kemenkumham Jatim
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan, formasi yang terbuka dalam rekrutmen ASN khusus fresh graduate antara lain dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital dan banyak sektor penting lainnya.
ADVERTISEMENT
Alokasi untuk fresh graduate dalam rekrutmen ASN 2024 adalah komitmen negara guna memberikan kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik untuk mendarmabaktikan pikiran dan tenaganya kepada bangsa.
Perekrutan talenta digital diharapkan dapat mendorong birokrasi dan pelayanan publik berjalan lebih efektif melayani dan efisien. Rekrutan baru CASN 2024 juga akan didorong untuk memperkuat akuntabilitas kinerja pemerintah.
"Talenta-talenta baru baru ini selain agar berdampak dan mengakselerasi ekonomi nasional yang penting adalah agar akuntabilitas birokrasi ini semakin bagus. Talenta digital dan formasi baru kita dorong agar dapat memperkuat Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)," kata Anas, dikutip dari laman resmi KemenPANRB.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Formasi Rekrutmen ASN 2024

Ilustrasi cek formasi yang tersedia dalam rekrutmen ASN 2024. Foto: Pexels
Jika ingin cek formasi yang tersedia dalam rekrutmen ASN 2024, masyarakat bisa akses laman resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN).
Sementara itu, untuk posisi ASN yang diincar dan menyesuaikan dengan jurusan, maka bisa cek di masing-masing laman resmi kementerian. Berikut panduan lengkapnya:

Cara Cek Formasi Rekrutmen ASN 2024 Lewat SSCASN BKN

Cara Cek Formasi Rekrutmen ASN 2024 Lewat

ADVERTISEMENT
(NDA)