Salary Credit Mandiri: Definisi dan Manfaatnya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
10 Mei 2022 15:51
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Salary Credit Mandiri: Definisi dan Manfaatnya (426473)
zoom-in-whitePerbesar
Kantor cabang Bank Mandiri. Foto: Irfan Adi Saputra/Kumparan
ADVERTISEMENT
Terdapat beberapa istilah yang perlu diketahui oleh nasabah, salah satunya, yakni Salary Credit. Istilah tersebut kerap ditemukan pada berbagai jenis bank, termasuk Bank Mandiri. Secara singkat, Salary Credit Mandiri adalah fasilitas Bank Mandiri yang digunakan oleh perusahaan untuk mengatur pemberian gaji karyawannya.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Salary Credit Mandiri?

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai jenis aktivitas menjadi lebih mudah dilakukan termasuk di bidang perbankan dan keuangan. Salah satu fasilitas perbankan yang umum dikenal, yakni Salary Crediting.
Dilansir dari laman layanan.ditjenpas.go.id, Salary Crediting merupakan suatu proses membayar gaji pegawai dengan memindahbukukan dana dari rekening kantor ke tiap rekening pegawai.
Umumnya, sebuah perusahaan harus membuka akun giro melalui bank. Pada saat yang sama, pihak karyawan dianjurkan memiliki rekening bank yang sama. Nantinya, perusahaan hanya perlu mengirimkan salinan digital (softcopy) dari jumlah gaji yang akan ditransferkan ke rekening tiap-tiap karyawan.
Berdasarkan definisi di atas, Salary Credit Mandiri dapat disebut sebagai salah satu jenis layanan perbankan yang ditawarkan oleh Bank Mandiri guna memudahkan perusahaan dalam menggaji karyawan.
ADVERTISEMENT
Melalui fasilitas tersebut, perusahaan dapat membayarkan gaji karyawan secara akurat dan efektif. Dengan kata lain, risiko kesalahan dapat diminimalkan meski jumlah karyawan puluhan hingga ratusan.
Transaksi di atas dapat dilakukan secara waktu nyata (real-time) dan pihak karyawan pun dapat mengambil gaji melalui ATM. Lebih dari itu, terdapat keuntungan yang bisa didapatkan oleh karyawan mulai dari fasilitas transaksi melalui Mandiri online, hingga berbagai jenis kebutuhan pinjaman, seperti Mandiri kartu kredit, Mandiri kredit pemilikan rumah, Mandiri kredit serbaguna mikro, Mandiri kredit kendaraan bermotor), dan investasi maupun proteksi.

Produk Mandiri Tabungan Payroll

Salary Credit Mandiri: Definisi dan Manfaatnya (426474)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi melakukan tarik tunai di ATM. Foto: Unsplash.com
Salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, yakni Mandiri Tabungan Payroll. Dilansir dari laman resminya, produk yang satu ini memudahkan sistem penggajian dan memungkinkan para nasabahnya untuk mendapatkan berbagai manfaat. Produk ini dapat digunakan bagi perusahaan maupun individu.
ADVERTISEMENT
Melalui produk ini, perusahaan dapat memilih metode pembayaran melalui sistem elektronik Mandiri Cash Management atau mengirimkan salinan digital data gaji ke Bank Mandiri. Adapun biaya per transaksi jika menggunakan sistem Mandiri Cash Management mulai dari Rp2.500. Sementara itu, biaya per transaksi menggunakan jasa payroll package mulai dari Rp5.000.
Selain itu, pembayaran menggunakan Mandiri Cash Management, yakni dengan mengirimkan perintah melalui situs web Mandiri Cash Management dengan pilihan instruksi Standing instruction, atau Immediate. Sedangkan apabila menggunakan jasa payroll package, pengiriman data gaji dilakukan pada waktu yang ditentukan di hari kerja pembayaran.

Metode Pendaftaran Layanan Payroll Perusahaan

Dilansir dari sumber yang sama, berikut langkah pendaftaran layanan payroll perusahaan:
  1. Perusahaan menghubungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat dan melakukan pendaftaran layanan pembayaran payroll melalui sistem Mandiri Cash Management atau melalui kantor layanan Jasa Payroll Package dengan file transfer terenkripsi.
  2. Pihak Bank Mandiri menjelaskan berbagai fitur dan keuntungan yang didapatkan. Pada saat yang sama, pihak perusahaan dapat melengkapi dokumen yang dibutuhkan untuk pembayaran payroll dan layanan perbankan khusus pegawai payroll.
ADVERTISEMENT
Itulah pengertian dan manfaat dari salary credit Mandiri. Semoga bermanfaat!
(ANM)