Bisnis
·
3 Agustus 2021 7:48
·
waktu baca 2 menit

Sebutkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran dalam Dunia Bisnis

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Sebutkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran dalam Dunia Bisnis (69773)
searchPerbesar
Ilustrasi penawaran. Sumbe: Unsplash
Kira-kira apa saja ya faktor yang mempengaruhi penawaran dalam dunia bisnis? Yuk simak penjelasan di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Dalam dunia bisnis, terdapat istilah permintaan dan penawaran. Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yang tersedia untuk ditawarkan pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran maupun permintaan.
Untuk pertanyaan soal sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran, berikut adalah jawabannya.

Sebutkan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Menyadur dari modul berjudul Teori Permintaan dan Penawaran yang bersumber dari situs prodi4.stpn.ac.id, perilaku penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Secara umum faktor-faktor tersebut antara lain adalah:
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain (yang sejenis)
3. Biaya produksi
4. Teknologi
Sebutkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran dalam Dunia Bisnis (69774)
searchPerbesar
Ilustrasi mesin sebagai teknologi, salah satu faktor yang mempengaruhi penawaran. Dok: Pixabay
Harga Barang Itu Sendiri
Harga barang adalah faktor yang yang penting dalam penawaran. Tanpa adanya harga, maka tidak akan ada sistem penawaran. Sistem hukum penawaran berkaitan dengan harga barang dan prospek jumlah barang.
ADVERTISEMENT
Jika harga barang naik, jumlah barang yang ditawarkan juga meningkat. Sedangkan, harga barang yang turun membuat jumlah barang yang tersedia akan turun.
Harga Barang Lain yang Sejenis
Pada kondisi riil di masyarakat, terdapat persaingan antar barang yang sejenis (pengganti), yaitu antara satu produk dengan produk yang lain dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini akan berdampak pada persaingan di dalam penawaran suatu barang.
Sebagai contoh, kenaikan biaya produksi susu di luar negeri akan membawa akibat pada kenaikan harga susu yang diimpor menjadi lebih mahal, sehingga konsumen susu di dalam negeri akan cenderung untuk mengalihkan konsumsi susu pada susu yang berasal dari dalam negeri. Kenaikan konsumsi susu yang berasal dari dalam negeri ini akan mendorong produsen dalam negeri untuk meningkatkan atau menaikkan produksi dan penawaran susu.
ADVERTISEMENT
Biaya Produksi
Biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh faktor produksi merupakan pengeluaran yang sangat penting dalam proses produksi. Pengeluaran tersebut mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan biaya produksi.
Tanpa adanya kenaikan produktivitas dan efisiensi, kenaikan harga dari faktor produksi akan mengakibatkan pada kenaikan biaya produksi. Kenaikan harga untuk memperoleh faktor produksi sudah dapat dipastikan akan mengurangi keuntungan mereka (perusahaan), sehingga penawaranpun cenderung akan berkurang.
Bahkan, tidak menutup kemungkinan apabila biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh faktor produksi lebih tinggi dari keuntungannya maka perusahaan tersebut akan menutup usahanya.
Kemajuan Teknologi
Tingkat teknologi memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan jumlah penawaran. Kenaikan produksi dan perkembangan ekonomi yang meningkat pada umumnya dipengaruhi oleh teknologi yang semakin modern. Kemajuan teknologi bahkan mampu untuk mengurangi biaya produksi, mempertinggi produktivitas, meningkatkan mutu, serta menciptakan barang baru.
ADVERTISEMENT
Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi berpengaruh terhadap 2 hal, yaitu produksi dapat ditambah secara lebih cepat dan biaya produksi yang semakin menurun murah. Indikasi dari hubungan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi cenderung akan menaikkan penawaran.
Demikianlah ulasan singkat mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penawaran. Semoga bermanfaat!
(AAG)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020