Sekolah Penerbangan di Indonesia, Ini 5 Rekomendasinya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
28 September 2021 14:07
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sekolah Penerbangan di Indonesia. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sekolah Penerbangan di Indonesia. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Sekolah penerbangan adalah jawaban bagi kamu yang memimpikan profesi sebagai pilot.
ADVERTISEMENT
Ada begitu banyak pilihan sekolah penerbangan, berikut ini 5 rekomendasi sekolah penerbangan di Indonesia.

Rekomendasi Sekolah Penerbangan di Indonesia

Ilustrasi Sekolah Penerbangan di Indonesia. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sekolah Penerbangan di Indonesia. Foto: Pexels
1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug
Sekolah penerbangan Curug dapat dikatakan pendidikan penerbangan yang paling populer di Indonesia. Didirikan di tahun 1952, sekolah tinggi ini berstatus negeri dan berada di bawah naungan pemerintah.
Proses seleksi untuk menjadi bagian dari STPI sangat ketat dengan persaingan yang tinggi. Setiap tahun ajaran baru sekolah ini hanya menerima 20-an siswa yang dinilai kompeten dari segi akademik maupun fisik.
4 jurusan yang bisa kamu pilih adalah Jurusan Penerbang, Manajemen Penerbangan, Keselamatan Penerbangan, dan teknik Penerbangan. Sayangnya sejak tahun 2015 STPI bukan lagi sekolah pilot gratis karena Kementerian Perhubungan memutuskan untuk menghilangkan fasilitas subsidi.
ADVERTISEMENT
2. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
Sekolah tinggi ini dinaungi oleh Kementrian Perhubungan dan berstatus sebagai sekolah kedinasan. Poltekbang Surabaya telah menjalin kemitraan dengan berbagai maskapai dan stakeholders lainnya sehingga para alumninya dapat segera bekerja setelah lulus.
Jurusan yang tersedia di sekolah tinggi ini adalah Diploma III Manajemen Transportasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara.
3. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya
ATKP berawal dari sekolah tinggi Organisasi Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Surabaya di tahun 1989. Baru pada tahun 2002, nama sekolah tersebut berganti menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya.
ATKP Surabaya adalah pilihan yang ideal jika kamu ingin menempuh studi berbiaya terjangkau. Inilah sebabnya persaingan yang akan kamu hadapi sangat berat, dan tanpa persiapan ekstra sulit untuk lolos menjadi taruna/taruni ATKP.
ADVERTISEMENT
Sekolah tinggi ini menyediakan studi program diploma serta non diploma dengan jurusan utama Teknik Penerbangan dan Keselamatan Penerbangan.
4. Bandung Pilot Academy
Jika cita-citamu untuk menjadi pilot sudah tidak terbendung lagi, berarti tempat yang paling pas untuk melanjutkan studi adalah di sekolah penerbangan Bandung. Didirikan sejak tahun 2008, sekolah ini mendidik kamu untuk mengoperasikan berbagai pesawat berteknologi terbaru.
Untuk mendapatkan lisensi pilot kamu harus menempuh training untuk 4 program selama 12 bulan. Program dimaksud adalah Instrument Rating, Multi-Engine Rating, Commercial Pilot License, dan Private Pilot License.
Selain memenuhi persyaratan akademik dan fisik, kamu juga wajib menyediakan dana sekitar Rp 850 juta.
5. Nusa Flying International
Sekolah penerbangan di Jakarta yang juga direkomendasikan untuk menempuh flight training adalah Nusa Flying International yang bermitra dengan Lion Air. Pelatihan untuk menjadi pilot salah satunya dilakukan di Bandara Raden Inten II Bandar Lampung serta Bandara Ahmad Yani Semarang.
ADVERTISEMENT
Di sini para calon pilot berkesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan petugas ATC saat menjalani pelatihan terbang. Dengan begitu mereka akan mendapatkan pengalaman sebagaimana pada kondisi riil.
Sama seperti sekolah-sekolah penerbang lainnya, paling tidak kamu perlu mempersiapkan dana pelatihan terbang sebesar 800 jutaan.
Semoga membantu!
(AAG)