Supervisor Trainee: Pengertian, Tugas dan Besaran Gajinya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
1 Februari 2023 18:19 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi supervisor trainee. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi supervisor trainee. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Supervisor trainee adalah salah satu jabatan yang eksistensinya cukup kuat dalam lingkungan tim suatu perusahaan. Pasalnya, seseorang yang menjabat sebagai supervisor trainee sangat berperan penting dalam pengelolaan seluruh karyawan baru.
ADVERTISEMENT
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, supervisor trainee berarti pengawas pelatihan. Dalam lingkup perusahaan, supervisor trainee adalah seseorang yang bertanggung jawab mengawasi dan mengontrol seluruh pelatihan yang diberikan kepada karyawan baru.
Pelatihan tersebut misalnya seperti perkenalan, pembekalan, dan penempatan kerja untuk masing-masing karyawan baru sesuai bidang keahliannya. Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut seputar supervisor trainee, simak penjelasannya dalam uraian di bawah ini.

Tugas Supervisor Trainee

Ilustrasi tugas supervisor trainee. Foto: Unsplash
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), supervisor diartikan sebagai pengawas utama, pengontrol utama, atau penyelia. Secara harfiah, supervisor adalah seseorang yang diberi tugas dan wewenang untuk mengeluarkan perintah terhadap bawahannya dalam suatu perusahaan.
Supervisor umumnya dianggap sebagai posisi yang penting lantaran sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan perusahaan. Ada banyak jenis-jenis supervisor dalam suatu perusahaan, salah satunya supervisor trainee.
ADVERTISEMENT
Merujuk laman tipkerja, supervisor trainee adalah jabatan yang bertugas untuk mengawasi pelatihan karyawan baru tentang tugas-tugas yang akan dikerjakannya berdasarkan posisinya. Adapun tugas lain supervisor trainee, yakni:
ADVERTISEMENT

Gaji Supervisor Trainee Indomaret

Ilustrasi gaji supervisor trainee. Foto: Pixabay
Di Indonesia, perusahaan yang menyediakan posisi supervisor trainee adalah PT Indomarco Prismatama atau lebih dikenal dengan Indomaret. Gaji supervisor trainee di Indomaret adalah sebesar Rp5.500.000 – Rp6.500.000 per bulan.
Namun, angka tersebut dapat berbeda-beda, tergantung lokasi perusahaan supervisor trainee itu bekerja dan pengalaman yang dimilikinya. Mengutip situs career.indomaretgroup.com, berikut benefit lain yang juga akan didapatkan supervisor trainee Indomaret:
ADVERTISEMENT
(NDA)