Supplier Baju Tangan Pertama, Ini 5 Cara Mencarinya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
11 November 2022 12:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi supplier baju tangan pertama. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi supplier baju tangan pertama. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Untuk menjadi seorang dropshipper atau reseller di bidang fashion, maka kamu perlu mencari supplier baju tangan pertama terlebih dahulu. Namun, untuk menemukan supplier tangan pertama yang terpercaya tidaklah mudah.
ADVERTISEMENT
Selain terpercaya, kamu juga perlu mencari supplier baju tangan pertama yang dapat memberikan harga murah. Apabila supplier memberi harga murah, maka kamu bisa mendapat keuntungan lebih besar.
Lantas, apa yang dimaksud dengan supplier? Bagaimana cara mencari supplier baju tangan pertama yang terpercaya? Simak uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pengertian Supplier

Ilustrasi supplier baju tangan pertama. Foto: Unsplash
Mengutip dari jurnal Penerapan Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk Pemilihan Supplier Suku Cadang di PLTD Bitung karya Sean, dkk., pemasok atau supplier adalah individu atau perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menyediakan barang untuk dijual.
Dalam sumber yang sama, Vindy turut menerangkan bahwa supplier merupakan partner kerja dari perusahaan yang tugasnya memenuhi ketersediaan bahan baku. Oleh karena itu, kinerja perusahaan juga sebagian tergantung pada kemampuan pemasok mengantarkan bahan baku dengan tepat waktu.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa supplier tangan pertama adalah produsen awal yang memproduksi produk dalam jumlah sangat banyak untuk dijual kembali.

Cara Mencari Supplier Baju Tangan Pertama

Ilustrasi baju. Foto: Unsplash
Bagi yang ingin menjadi reseller atau dropshipper, maka bisa mencari si pembuatnya langsung untuk mendapatkan baju murah tangan pertama dari pabrik. Adapun beberapa tips dalam mencari supplier baju tangan pertama di antaranya sebagai berikut:

1. Datang ke sentra industri

Kamu bisa mendatangi sentra produksi atau industri pakaian untuk mendapatkan supplier baju tangan pertama. Jika kamu bertemu langsung dengan pemiliknya, tentu peluang untuk terjalinnya kerja sama pun akan menjadi lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses produksi dan memilih barang yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT

2. Kunjungi pasar grosir

Langkah kedua mencari supplier baju tangan pertama adalah mendatangi pasar grosir yang ada di kotamu. Pasar grosir biasanya menyediakan barang-barang langsung dari pabrik.
Beberapa merek fashion bahkan bisa saja memiliki kios resmi di pasar grosir. Di pasar grosir, kamu juga bisa mencari informasi berapa minimal pembelanjaan yang harus dilakukan jika ingin menjadi distributor.
Ilustrasi baju. Foto: Unsplash

3. Cek toko online

Cara mencari supplier baju tangan pertama berikutnya, kamu bisa cek melalui toko online. Beberapa merek ternama biasanya memiliki website untuk memajang produk mereka.
Melalui website tersebut kamu bisa mencari informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak yang tertera. Biasanya produsen fashion sudah mempersiapkan harga khusus serta syarat dan ketentuan yang berlaku untuk distributor.

4. Cari melalui marketplace

Marketplace ternyata tidak hanya diminati oleh penjual, tetapi juga supplier. Kamu bisa menemukan banyak supplier baju tangan pertama melalui marketplace. Untuk mengetahui apakah supplier tersebut terpercaya atau tidak, cukup perhatikan rating dan ulasan dari konsumennya.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa juga melihat kualitas barang yang dijual serta harganya. Karena di marketplace sangat rentan dengan persaingan harga yang kompetitif, ini bisa menjadi kesempatan emas kamu untuk menemukan harga termurah di sana.

5. Ikut komunitas bisnis

Sekarang ini, ada banyak komunitas bisnis yang bisa kamu temukan di berbagai media sosial seperti Facebook. Nah, di dalam komunitas biasanya ada produsen, distributor, sampai reseller. Kamu bisa ikut menjadi bagian komunitas bisnis untuk mencari supplier baju tangan pertama.
(NDA)