Tidak Sanggup Bayar Cicilan Home Credit? Begini Konsekuensinya

Berita Bisnis
Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
26 Agustus 2022 6:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Home Credit, Foto: homcecredit.co.id
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Home Credit, Foto: homcecredit.co.id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa yang terjadi jika tidak sanggup bayar cicilan Home Credit? Bagi para pengguna Home Credit yang membeli sejumlah peralatan dengan cara mencicil, membayar dan melunasi tagihan adalah sebuah kewajiban.
ADVERTISEMENT
Pembayaran tersebut tidak hanya untuk harga barang yang dibeli, melainkan juga besaran bunga yang telah disepakati. Namun, adakalanya, telat membayar cicilan bisa terjadi dalam prosesnya akibat berbagai faktor.
Nah, lantas apa yang akan terjadi apabila pengguna Home Credit tidak sanggup membayar cicilan atau tagihan miliknya? Untuk mengetahui hal tersebut, Anda bisa menyimak terus artikel ini sampai tuntas.

Profil Home Credit

Dikutip dari laman resminya, Home Credit ialah perusahaan pembiayaan yang memberikan layanan pembiayaan belanja secara online dan offline bagi para penggunanya. Adapun pembiayaan ini untuk membeli barang, seperti peralatan rumah tangga, alat elektronik, dan sebagainya.
Ilustrasi tagihan, Foto: unsplash
Aplikasi My Home Credit dapat digunakan melalui ponsel pintar Anda, dan bisa diunduh melalui Play Store dan App Store yang tersedia. Dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat dapat membeli barang lebih mudah dan cepat dengan mencicilnya di Home Credit.
ADVERTISEMENT

Konsekuensi yang Akan Terjadi Jika Tidak Sanggup Bayar Cicilan Home Credit

Tentunya cicilan dan tagihan yang telah Anda lakukan dalam membeli suatu barang, harus dibayarkan sampai lunas. Namun, pastilah semua pengguna juga ingin melunasinya. Tapi finansial seseorang sulit untuk ditebak.

Risiko Denda

Dalam melakukan cicilan suatu barang di Home Credit, tentu ada tanggal jatuh tempo. Apabila pengguna melewati batas tersebut, akan ada risiko yang didapat. Dikutip dari situs resminya, pengguna yang telat bayar akan dikenakan denda keterlambatan.
Itulah denda yang akan dibayarkan pengguna apabila telat membayar atau telah melewati batas jatuh tempo. Namun, bagaimana jika pengguna masih tidak membayarkannya sampai lebih dari 90 hari?
ADVERTISEMENT

Pengingat untuk Melakukan Pembayaran

Home Credit akan mengingatkan Anda untuk membayar melalui SMS, aplikasi My Home Credit, dan melalui telepon. Apabila Anda masih tidak dapat dihubungi, pihak Home Credit akan menelepon nomor referensi yang telah dicantumkan.
Namun, apabila Anda masih juga tidak membayar, Home Credit akan mengirimkan petugas untuk melakukan pengecekan, serta penagihan ke alamat Anda. Begitulah langkah yang akan diambil pihak Home Credit berdasarkan situs resminya.
Demikian informasi seputar Home Credit, serta hal yang akan diterima pengguna apabila telat membayar, atau tidak sanggup membayar tagihan yang telah dibuat. Ada baiknya bagi seluruh pengguna mengestimasi kemampuan membayar dan pelunasan sebelum mencicil suatu barang.
(NNR)