Bisnis
·
15 September 2021 10:36
·
waktu baca 3 menit

UMR Solo 2021, Ini Dia Nominalnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
UMR Solo 2021, Ini Dia Nominalnya (112923)
searchPerbesar
Ilustrasi Uang. Foto: Shutterstock
UMR Solo 2021 mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Tentunya ini menjadi kabar gembira untuk kamu yang berdomisili di Solo dan wilayah Jawa Tengah lainnya.
ADVERTISEMENT
Upah Minimum Regional atau yang disingkat menjadi UMR merupakan ketetapan standar minimum yang perlu dibayarkan oleh para pengusaha dan pelaku industri dalam pengupahan pekerja atau karyawan. Ditetapkannya UMR bertujuan untuk memastikan setiap pekerja memperoleh upah penghasilan yang layak sesuai keadaan wilayah setempat.
Perlu kamu ketahui, saat ini, istilah UMR telah berganti dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten Kota (UMK).
Setiap daerah memiliki standar upah minimum yang berbeda. Sehingga setiap perusahaan atau pelaku usaha yang beroperasi di suatu daerah wajib menyesuaikan upah terendahnya dengan UMR di daerah tempatnya berada.
Ketetapan mengenai hal seputar UMR di wilayah Indonesia terdapat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 01 Tahun 1999 tentang Upah Minimum. Dalam peraturan tersebut UMR digolongkan menjadi 2 tingkat, yaitu:
ADVERTISEMENT
Upah Minimum Regional Tingkat I (UMR Tk. I) atau upah minimum yang berlaku di satu provinsi. Upah Minimum Regional Tingkat II (UMR Tk. II) atau upah minimum yang berlaku di daerah kabupaten/kotamadya atau menurut wilayah pembangunan ekonomi daerah atau karena kekhususan wilayah tertentu.
Dalam peraturan menteri tenaga kerja, baik UMR Tk. 1 maupun UMR Tk. II ditetapkan dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini:
- Kebutuhan;
- Indeks harga konsumen (IHK);
- Kemampuan,perkembangan dan kelangsungan perusahaan;
- Upah pada umumnya yang berlaku di daerah tertentu dan antar daerah;
- Kondisi pasar kerja;
- Tingkat perkembangan perekonomian dan pendapatan per kapita.

UMR Solo 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah telah menetapkan UMK tahun 2021 sebesar Rp 2.013.810 atau naik sebesar 2,94% dari tahun sebelumnya. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Solo, Ariani Indriastuti mengatakan, penetapan UMK Solo didasari hasil rapat antara Pemkot Solo dengan Dewan Pengupahan, terdiri dari unsur pengusaha dan pekerja.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanBISNIS, menurut Ariani, upah minimum merupakan upah bulanan terendah dan hanya berlaku bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun. Sedangkan bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja di atas satu tahun, tidak terpengaruh dengan penetapan UMK.
Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menetapkan upah minimum kabupaten/kota atau UMK 2021 dengan menandatangani Surat Keputusan Gubernur Jateng Nomor 561/61 Tahun 2020 tentang UMK 35 kabupaten/kota di provinsi itu.
"Kenaikan UMK bervariasi mulai dari 0,75 persen hingga 3,68 persen sesuai dengan hasil-hasil pembahasan Dewan Pengupahan kabupaten/kota dan rekomendasi bupati, wali kota masing-masing daerah," kata Ganjar dikutip dari Antara, Minggu (22/11).
Menurut Ganjar, keputusan ini merupakan jaring pengaman sosial dalam rangka melaksanakan fungsi perlindungan upah bagi pekerja atau buruh dan kelangsungan usaha bagi perusahaan atau dunia usaha di Provinsi Jateng.
ADVERTISEMENT
Ia menyebutkan upah minimum adalah upah bulanan terendah dan hanya berlaku bagi pekerja atau buruh yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun.
"Pengusaha yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketentuan upah minimum, dilarang mengurangi atau menurunkan besaran upah yang telah dibayarkan," ujar Ganjar.
Ia menegaskan keputusan penetapan UMK 2021 Jawa Tengah di 35 kabupaten/kota ini berlaku mulai 1 Januari 2021 sesuai dengan UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja. "Artinya, pengusaha wajib melaksanakan ketentuan ini mulai 1 Januari 2021," tegas Ganjar.

Berikut ini penulis rangkum besaran UMK di wilayah Jawa Tengah.

UMR Solo 2021, Ini Dia Nominalnya (112924)
searchPerbesar
Daftar UMK Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa
UMR Solo 2021, Ini Dia Nominalnya (112925)
searchPerbesar
Daftar UMK Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa
UMR Solo 2021, Ini Dia Nominalnya (112926)
searchPerbesar
Daftar UMK Jawa Tengah. Foto: Dok. Istimewa
Demikianlah ulasan singkat mengenai besaran UMK di Solo dan wilayah Jawa Tengah lainnya. Semoga bermanfaat!
(AAG)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white