Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari, Ini Pilihan Idenya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
30 Maret 2023 17:55
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Dan LeFebvre
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Dan LeFebvre
Dalam memulai suatu usaha, calon pelaku bisnis biasanya berfokus memilih usaha yang menghasilkan uang setiap hari dengan modal seminimal mungkin.
Terlebih lagi, jika usaha yang dijalankan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat karena memiliki keterbatasan waktu dan energi dalam memenuhi kebutuhan tersebut.
Lantas, apa saja ide usaha yang sejalan dengan pemenuhan kebutuhan manusia dan menghasilkan uang? Berikut Berita Bisnis jabarkan ide usaha yang menghasilkan uang setiap harinya.

Jenis Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

Di bawah ini dijabarkan jenis usaha yang menghasilkan uang setiap hari dan bisa menjadi rekomendasi pilihan berbisnis bagi wirausaha:

1. Usaha Cuci Kendaraan

Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Ethan Sexton
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Ethan Sexton
Badan Pusat Statistik mencata pada 2019, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai lebih 133 juta unit. Kondisi tersebut membuka peluang lebih banyak untuk usaha cuci kendaraan dalam berbagai jenis.
Menurut Nugroho dan Erlanda dalam jurnal Pengembangan Jasa Cuci Kendaraan Panggilan yang Terintegrasi dengan Aplikasi Web dan Mobile oleh Hilmi, Suheryadi, Ismantohadi, dkk., peluang usaha ini sangat terbuka dan memenuhi uji kelayakan usaha dan analisis lain, seperti aspek teknik, pasar, Sumber Daya Manusia, dan lingkungan.
Bahkan, usaha cuci kendaraan dinilai dapat balik modal dalam waktu sekitar 1 tahun 10 bulan dan memiliki peluang baik, terutama apabila belum banyak usaha sejenis atau kompetitor.

2. Usaha Jualan Kuota dan Pulsa

Ilustrasi berjualan kuota dan pulsa. Foto: Unsplash.com/Blake Wisz
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi berjualan kuota dan pulsa. Foto: Unsplash.com/Blake Wisz
Data Statista 2019 menunjukkan bahwa pengguna Internet di Indonesia pada 2018 sebanyak 95,2 juta dan akan semakin bertambah per tahunnya. Berdasarkan data tersebut, jumlah pengguna Internet juga akan semakin meningkat, sehingga pembelian kuota maupun pulsa juga berpotensi meningkat.
Merujuk jurnal Analisis Pendapatan Pedagang Pulsa dan Paket Data di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Studi Kasus Kecamatan Tungkal Ilir) oleh Afrialdo, Zulfanetti, dan Umiyati, dengan bertambahnya permintaan akan kuota dan pulsa, peluang bisnis atau kios pulsa akan semakin menguntungkan dan hanya perlu modal awal sebesar Rp125 ribu.

3. Usaha Penatu atau Laundry

Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Douglas Monterrosa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari. Foto: Unsplash.com/Douglas Monterrosa
Mengutip jurnal Kualitas Pelayanan Jasa pada Usaha Laundry Ririn Di Jalan G. Obos XII Kota Palangka Raya oleh Susanti, Tonich, dan Alexandro, situasi dan kondisi kesibukan masyarakat Indonesia terus meningkat sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup mereka.
Keadaan tersebut menyebabkan mereka tidak sempat menyelesaikan pekerjaan domestik, seperti mencuci dan menyetrika karena dapat menghabiskan banyak waktu dan energi.
Namun, dengan keadaan tersebut, pelaku bisnis dapat menjadikan ini peluang untuk jasa laundry atau penatu berkembang, terutama di daerah perkantoran dan universitas.

4. Usaha Katering

Sama seperti usaha penatu, usaha jasa boga atau katering mampu menggantikan pekerjaan domestik dalam hal memasak karena aktivitas ini membutuhkan banyak energi dan modal.
Adanya usaha katering dapat memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan dasarnya. Terlebih lagi, menu jasa boga bervariasi dan beberapa usaha menyediakan harga yang beragam pula.
Demikian ide usaha yang menghasilkan uang setiap hari dan bisa menjadi rekomendasi atau pilihan berbisnis. Semoga bermanfaat.
(MQ)
Di mana saja target usaha laundry yang menguntungkan?
chevron-down
Apa saja keuntungan usaha cuci kendaraan?
chevron-down
Berapa modal awal yang diperlukan untuk usaha kuota dan pulsa?
chevron-down