Utang Usaha Termasuk Utang Jangka Panjang atau Pendek? Ini Jawabannya

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2022 10:44
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Utang usaha termasuk utang jangka panjang atau pendek? Foto: Scrubbed
zoom-in-whitePerbesar
Utang usaha termasuk utang jangka panjang atau pendek? Foto: Scrubbed
ADVERTISEMENT
Dalam bidang akuntansi, utang dibedakan menjadi dua bagian, yakni utang jangka panjang dan hutang jangka pendek. Lantas, utang usaha termasuk utang jangka panjang atau pendek?
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui hal ini, simak informasinya yang akan Berita Bisnis bagikan mengenai perbedaan utang jangka panjang dan pendek.

Pengertian Utang Jangka Panjang dan Utang Jangka Pendek

Kamu pasti sering mendengar istilah utang, baik dalam dunia bisnis ataupun kehidupan sehari-hari. Secara singkat, utang adalah suatu bentuk pinjaman yang wajib dikembalikan oleh orang yang berutang. Pelunasan tersebut ditentukan dalam jangka waktu tertentu dan sesui kesepakatan pemberi maupun penerima pinjaman.
Ada dua jenis utang yang perlu diketahui, berikut penjelasannya yang disadur dari buku Akuntansi Pajak Ms. Excel + Cd karya Johar Arifin.

Utang jangka pendek

Utang jangka pendek adalah utang yang dibayar dalam waktu 12 bulan berjalan. Ketentuan utang jangka pendek disepakati oleh kedua belah pihak guna menyelesaikan kewajibannya.
ADVERTISEMENT
Jika seseorang tidak bisa membayarkan utangnya, hal itu dapat diselesaikan dengan cara memotong hasil sementara investor atau berupa kebijakan dividen.

Utang jangka panjang

Utang jangka panjang memiliki jangka waktu pembayaran utang yang lebih lama daripada utang jangka pendek. Biasanya utang jangka panjang akan dikembalikan dalam waktu lebih dari satu tahun.
Untuk melunasi utang jangka panjang, biasanya perusahaan akan menggunakan aktiva lancar atau memperhitungkan pendapatan di luar utang jangka pendek.
Aktiva lancar biasanya bersifat permanen, hingga tidak akan hilang dan bisa menjadi cadangan dari sebuah perusahaan.

Jenis Utang Jangka Pendek

Ilustrasi utang jangka pendek. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi utang jangka pendek. Foto: Pexels.com
Ada berbagai jenis dari utang jangka pendek. Dikutip dari buku Pengantar Akuntansi karya Parso, berikut jenis utang dalam jangka waktu pendek yang perlu diketahui.
ADVERTISEMENT

Utang usaha atau dagang

Utang usaha termasuk utang jangka pedek yang terjadi ketika suatu perusahaan atau perorangan meminjam dana untuk kelancaran bisnisnya. Selanjutnya, perusahaan akan menggunakan modal dari kredit tersebut untuk membeli suatu barang tertentu.

Utang biaya

Utang biaya adalah salah satu jenis utang yang terjadi ketika perusahaan mencatatkannya ke dalam beban pengeluaran. Pembayaran utang biaya akan dibayar saat utang tersebut mempunyai waktu jatuh tempo yang masih lama.

Utang wesel

Kemudian ada utang wesel atau pinjaman yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan bukti secara tertulis. Surat bukti tersebut tidak membutuhkan syarat dan jaminan tertentu.

Dividen

Dividen akan diberikan hanya untuk investor yang memberikan pinjaman ke suatu perusahaan. Adapun sistem pembayarannya, yakni dengan cara membagi dana atau keuntungan.

Jenis Utang Jangka Panjang

Disadur dari buku Pengantar Akuntansi karangan Parso, beberapa jenis utang jangka panjang adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

Utang hipotek

Utang hipotek termasuk ke dalam bagian jenis utang jangka panjang. Pinjaman ini berlaku sesuai perjanjian awal dan jaminannya adalah harta tetap orang yang mengajukan utang.
Jika ia tidak bisa melunasi utangnya, sesuai kesepakatan harta penjamin akan disita atau dilakukan ambil alih barang.

Utang obligasi

Utang obligasi terjadi akibat adanya perjanjian pinjaman dana dari surat obligasi. Sebelum meminjam dana, peminjam akan melihat terlebih dahulu berapa nominal dari surat obligasi tersebut.
Apabila sesuai, nominal utang yang akan dipinjamkan sama dengan nominal surat obligasi tersebut.
Itulah penjelasan mengenai utang jangka panjang dan pendek. Berdasarkan informasi di atas dapat disimpulkan bahwa utang usaha termasuk utang jangka pendek.
(ZHR)
Apa itu utang jangka pendek?
chevron-down
Apa saja jenis utang jangka pendek?
chevron-down
Apa itu utang obligasi?
chevron-down