Pencarian populer
USER STORY
18 Desember 2018 17:25 WIB
0
0

4 Calon Pengganti Jose Mourinho di Manchester United Musim Depan

Berakhir sudah petualangan Jose Mourinho bersama Manchester United. Pada akhirnya, klub resmi mengumumkan kepergian The Special One pada Selasa (18/12). Hingga akhir musim, MU akan memakai jasa pelatih caretake.

Sejatinya, kabar pemecatan Jose Mourinho sudah kembali merebak setelah Manchester United takluk 1-3 dari Liverpool pada pekan ke-17 Liga Inggris 2018/2019 di Anfield, akhir pekan lalu. Satu gol Sadio Mane dan dua gol Xherdan Shaqiri hanya bisa dibalas MU lewat satu gol Jesse Lingard.

Kekalahan tersebut menempatkan MU dalam situasi yang sulit. Meski masih bertahan di posisi keenam klasemen, koleksi 26 poin mereka kini hanya unggul satu poin atas Wolverhampton dan dua poin atas tiga tim yang sama-sama meraih 24 poin.

Usai pertandingan, Mourinho langsung menegaskan bahwa peluang MU untuk merebut gelar Liga Inggris sudah tertutup. Bahkan, dirinya tak yakin bisa membawa The Red Devils finis di empat besar. Saat ini, MU sudah terpaut 11 poin dari Chelsea yang menempati posisi keempat.

Namun, klub yang mengoleksi 20 gelar Liga Inggris tersebut tampaknya enggan melanjutkan kerja sama dengan pelatih asal Portugal itu meski kontraknya masih berlaku hingga 2020. Mereka mengumumkannya lewat situs resmi dan akun media sosial klub.

"Manchester United mengumumkan bahwa manajer Jose Mourinho telah meninggalkan klub dan ini berlaku secepatnya. Pihak klub ingin berterima kasih kepada Jose atas pekerjaannya selama di Manchester United dan mendoakannya kesuksesan di masa mendatang. Seorang caretaker manajer akan ditunjuk sampai musim ini berakhir, sebelum akhirnya klub memutuskan, melalui proses yang menyeluruh dan mendalam, untuk menunjuk manajer purnawaktu," tulis pernyataan Setan Merah.

Dengan begitu, Manchester United pun memiliki waktu untuk menentukan siapa sosok yang tepat untuk menangani mereka di musim depan. Berikut empat sosok pelatih yang diprediksi bakal jadi suksesor Mourinho di MU pada musim depan:

1. Mauricio Pochettino

Dalam bursa taruhan BetStars, nama Pochettino menempati urutan teratas daftar kandidat pengganti Mourinho di MU. Di usia yang baru 45, ia sudah dianggap sebagai salah satu pelatih bertalenta di dunia.

Southampton adalah salah satu klub yang bertaji di bawah kepemimpinan Pochettino. Pelatih asal Argentina itu membawa Southampton finis di urutan kedelapan klasemen Liga Inggris 2013/2014.

Kini, ia tengah memperlihatkan sihirnya bersama Tottenham Hotspur. Di bawah asuhannya, Tottenham tak lagi menjadi tim yang diremehkan. Puncaknya adalah ketika ia membawa Tottenham finis sebagai runner-up Liga Inggris 2016/2017.

Bersama Pochettino pula Tottenham menjadi tim dengan gaya bermain paling menghibur. Ia juga memunculkan bakat-bakat muda yang mampu unjuk gigi seperti Harry Kane, Dele Alli, dan Eric Dier.

2. Diego Simeone

Sebelum Mourinho, nama Simeone sempat dikaitkan dengan MU selama beberapa bulan. Tentu saja, MU tergiur dengan kemampuan Simeone yang menjadikan Atletico Madrid menjadi salah satu tim terbaik di dunia.

Bersamanya, Atletico kini menjadi tim yang bertabur prestasi. Tak ada yang menyangka saat mereka menghentikan dominasi Barcelona dan Real Madrid saat menjadi juara La Liga 2013/2014.

Selain itu, ia juga membawa Atletico meraih satu Copa del Rey, Piala Super Spanyol, satu Liga Europa, dan satu Piala Super Eropa. Bahkan, ia juga mampu dua kali membawa Los Cholconeros dua kali tampil di final Liga Champions meski belum beruntung.

Dengan sederet prestasi itu, tentu Simeone akan menjadi sosok yang tepat untuk menggantikan Mourinho. Dan Alex Ferguson, sosok yang juga merekomendasikan Mourinho, akan setuju dengan hal itu.

3. Ryan Giggs

Cepat atau lambat, akan ada klub yang mengikuti jejak Real Madrid dengan menunjuk mantan pemain mereka sebagai pelatih. Seperti diketahui, Madrid menjadi tim yang begitu ditakuti selama dilatih Zinedine Zidane.

Jika langkah itu diambil MU, Giggs adalah sosok yang tepat. Ia adalah pemain yang menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama MU. Tampil dalam 963 laga dan mencetak 168 gol, ia membawa MU meraih 34 gelar bergengsi.

Bahkan, ia sempat menjalani tugas sebagai pemain sekaligus pelatih Setan Merah pada Juli 2013. Ketika David Moyes didepak, Giggs pula yang ditunjuk sebagai pelatih interim MU. Karena hal itu pula Louis van Gaal menjadikannya sebagai asisten ketika menukangi MU.

Sayang, kehadiran Mourinho di MU justru membuat Giggs tersisih. Ia pun dipastikan angkat kaki pada Juli 2016. Saat ini, Giggs tengah menjalani tugas sebagai pelatih Timnas Wales.

4. Zinedine Zidane

Sudah cukup lama MU dikaitkan dengan pelatih berkepala pelontos itu. Apalagi, saat ini status Zidane adalah pengangguran. Ia belum bekerja lagi sebagai pelatih usai mengundurkan diri dari Madrid di akhir musim lalu.

Zidane adalah sosok yang membuktikan bahwa pemain yang sukses juga bisa jadi pelatih hebat. Kemampuannya saat bersama Madrid jadi bukti kuat. Setelah menangangi tim junior, ia dipercaya melatih tim utama Madrid pada Januari 2016.

Selama bertugas, ia menjalani 149 pertandingan dengan rincian 104 kemenangan, 29 hasil imbang, dan 16 kali kalah. Kontribusinya adalah membawa tim meraih satu gelar Liga Spanyol, satu Piala Super Spanyol, dua Piala Super Eropa, dua Piala Dunia Antarklub, dan tiga trofi Liga Champions.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57