News
·
20 Mei 2021 8:31

18 Rukun Sholat yang Perlu Dipahami Umat Muslim

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
18 Rukun Sholat yang Perlu Dipahami Umat Muslim (13418)
searchPerbesar
Sholat. Sumber: Kumparan.com
Dalam mazhab Imam Syafi’I, terdapat 18 rukun sholat yang sepatutnya dipahami oleh umat muslim. Penjelasan terkait rukun sholat tersebut dituangkan dalam Kitab Fathul Qarib karangan Muhammad Ibnu Qasim Al-Gozzy.
ADVERTISEMENT
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rukun adalah sesuatu yang harus dipenuhi untuh sahnya suatu pekerjaan. Sebagai contoh, tidak sah ibadah sholat jika tidak memenuhi dan mencukupi rukun dan syaratnya. Rukun merupakan hal fundamental yang patut dipahami agar ibadah sholat sah dan di mata Allah SWT.
Dalam terjemahan Kitab Fathul Qarib yang diterbitkan oleh Pondok Pesantren Al-Khoirot Malang, Ibnu Qasim menjelaskan bahwa sholat secara bahasa adalah do’a. Sedangkan secara istilah, Ibnu Qasim mengutip pendapat Imam ar Rafi’I yang memaknai sholat sebagai ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri salam dengan syarat-syarat tertentu.
18 Rukun Sholat yang Perlu Dipahami Umat Muslim (13419)
searchPerbesar
Tasyahud Akhir. Sumber: Freepik.com

18 Rukun Sholat

1. Niat
Rukun sholat yang pertama adalah niat. Setiap amalan tergantung pada niatnya. Ketika sholat, niat dilakukan saat seseorang melakukan takbiratul Ikram. Tempat niat adalah di dalam hati, tetapi jika mampu, disunahkan untuk melafalkannya. Tujuannya untuk memperkokoh niat di dalam hati.
ADVERTISEMENT
2. Berdiri
Melakukan sholat dengan berdiri termasuk rukun sholat, tetapi ini hanya dikhususkan bagi yang mampu berdiri saja. Jika tidak mampu berdiri, boleh duduk dengan posisi yang dikehendaki, namun duduk iftiras adalah yang lebih utama.
3. Takbiratul Ihram
Takbiratul Ihram adalah mengangkat kedua tangan hingga di samping telinga dengan mengucapkan lafadz Allahu Akbar. Maka, tidak sah sholatnya jika lafadz yang diucapkan bukan Allahu Akbar.
4. Membaca Surah Al Fatihah
Wajib membaca surat Al Fatihah dengan tertib atau dengan membaca ayat-ayatnya sesuai dengan urutan yang sudah ditetapkan di dalam Al-Qur’an
5. Ruku’
Dijelaskan bahwa kewajiban ruku bagi orang yang sholat dengan berdiri dan berfisik normal adalah membungkuk tanpa membusungkan dada sambil membaca zikir dalam sholat. Kedua telapak tangan memegang lutut sampai kepala dan punggung sejajar.
ADVERTISEMENT
6. Thuma’ninah
Thuma’ninah adalah berdiam sejenak setelah bergerak. Ibnu Qasim menjadikan Thuma’ninah sebagai salah satu rukun sholat sebagaimana pendapat Imam an-Nawawi dalam Kitab At Tahqiq.
7. I’tidal
I’tidal adalah berdiri tegap sesuai keadaan sebelum ruku’ bagi orang yang melakukan sholat dengan berdiri dan duduk bagi orang yang tidak mampu berdiri.
8. Thuma’ninah
9. Sujud
Sujud dilakukan dua kali di dalam setiap rakaat. Dalam gerakan ini, kening orang yang sholat harus menyentuh tempat sujudnya, baik tanah atau yang lainnya.
Sujud yang paling sempurna adalah membaca takbir tanpa mengangkat kedua tangan ketika turun ke posisi sujud, meletakkan kedua lutut, kedua tangan, kening, dan hidungnya.
10. Thuma’ninah
11. Duduk di Antara Dua Sujud
ADVERTISEMENT
Duduk di antara dua sujud juga dilakukan di setiap rakaat, baik sholat dengan berdiri, duduk atau tidur miring
12. Thuma’ninah
13. Duduk tahiyat akhir
Ini adalah gerakan duduk yang diakhiri oleh salam.
14. Tasyahud
Rukun selanjutnya adalah tasyahud di dalam duduk tahiyat terakhir.
15. Membaca Sholawat
Membaca sholawat untuk baginda Nabi Muhammad SAW setelah selesai membaca tasyahud.
16. Membaca salam yang pertama
17. Niat keluar dari sholat
18. Tertib
(ULY)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white