3 Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Guru

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
11 Desember 2020 9:06 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seorang guru. Foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seorang guru. Foto: pixabay
ADVERTISEMENT
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka tulus mendidik dan memberikan ilmu kepada kita tanpa mengharap imbalan apapun.
ADVERTISEMENT
Seorang guru rela membagikan ilmu yang dia punya kepada murid yang diajarnya. Tentu saja dengan harapan para murid daapat meraih cita-cita mereka.
Atas perjuangan dan ketulusannya ini, seorang guru patut dihormati. Tanpa jasa mereka, kita akan terus tenggelam dalam kebodohan dan ketidaktahuan.
Selain itu, ada banyak alasan lain yang mengharuskan kita untuk hormat kepada guru. Apa saja alasannya? Simak penjelasan berikut.

Penghantar Ilmu

Guru adalah seseorang yang memberikan ilmu kepada kita. Beliau mendidik kita supaya menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Bukan hanya pelajaran akademis saja, pelajaran hidup juga diajarkan olehnya.
Nilai-nilai budi pekerti dan pendidikan karakter selalu diajarkannya. Nilai-nilai ini tentunya penting untuk menciptakan pribadi yang baik dan unggul.
Ilustrasi seorang guru. Foto: pixabay

Orangtua Kedua

Hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan di sekolah. Oleh haren itu, guru secara otomatis menggantikan peran orangtua untuk mendidik anak di sekolah.
ADVERTISEMENT
Sebagai orangtua kedua, seorang guru tentunya bertanggung jawab terhadap murid yang diajarnya. Kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik sangat dibutuhkan seorang guru ketika menjalankan profesinya. Itulah mengapa kita harus menghormati guru selayaknya menghormati orangtua.

Perjuangan Guru yang Luar Biasa

Perjuangan seorang guru untuk bisa mengajarkan ilmu kepada murid-muridnya begitu luar biasa. Segala upaya akan diusahakan untuk bisa menjalankan kewajibannya.
Di pelosok sana, seorang guru bahkan rela berjalan kaki beberapa kilometer untuk bisa sampai di sekolah. Ada juga yang harus menyebrang sungai tanpa jembatan, dan lain-lain. Semua perjuangan itu tentunya dilakukan untuk murid-muridnya.
Kemudian semenjak kemendikbud mengimbau seluruh sekolah untuk belajar dari rumah, proses belajar mengajar dilakukan secara online. Semua guru diharuskan bisa mengoperasikan teknologi yang mungkin tidak familiar bagi mereka.
ADVERTISEMENT
Para guru lansia bahkan harus bersusah payah belajar mengoperasikannya. Namun para guru tetap terus mengupayakan yang terbaik untuk murid-muridnya.
Dari sini kita bisa melihat betapa perjuangan seorang guru begitu luar biasa. Itulah sederet alasan mengapa kita harus menghormati seorang guru, sang pahlawan tanpa tanda jasa.
(MSD)