Woman
·
19 Juli 2021 12:30
·
waktu baca 2 menit

3 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Penting untuk Dilakukan

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
3 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Penting untuk Dilakukan (26124)
searchPerbesar
Ilustrasi 3 cara menjaga kesehatan tubuh. Foto: Unsplash
Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dengan memiliki badan yang sehat, seseorang dapat beraktivitas tanpa terkendala dan melakukan banyak hal.
ADVERTISEMENT
Pentingnya menjaga kesehatan harus disadari setiap orang sedari dini agar ketika tua tak terkena banyak penyakit. Mengutip buku Cara Hidup Sehat oleh Erma Hanifah, hidup sehat berarti hidup tanpa gangguan masalah secara fisik maupun non fisik.
Gangguan fisik bisa meliputi penyakit-penyakit yang menyerang organ tubuh. Sedangkan, gangguan non fisik menyangkut kesehatan jiwa, hati, dan pikiran seseorang.
Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada 3 cara yang dapat dilakukan. Apa saja cara-cara tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

3 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

3 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh yang Penting untuk Dilakukan (26125)
searchPerbesar
Ilustrasi 3 cara menjaga kesehatan tubuh. Foto: Unsplash
1. Pola Makan Sehat
Pola makan sehat adalah suatu cara atau usaha dalam pengaturan jumlah dan jenis makanan dengan maksud tertentu, misalnya status nutrisi dan jumlah kalori. Menurut WHO, 70% kematian dini disebabkan oleh penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Separuh dari jumlah tersebut adalah akibat pola makan yang buruk.
ADVERTISEMENT
Artinya, mengatur pola makan sehat adalah suatu hal yang harus dilakukan jika ingin menjaga kesehatan. Pola makan sehat dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah.
Makanan pokok mengandung zat karbohidrat seperti yang ada pada nasi dan jagung. Lauk pauk mengandung protein dan lemak, contohnya ikan, daging-dangingan, telur, dan tempe. Sedangkan, sayur dan buah mengandung vitamin, serat, serta mineral, contohnya bayam dan wortel.
Karbohidrat berfungsi untuk memberikan energi bagi tubuh. Lalu, protein bagus untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Dan, vitamin berguna untuk menjaga daya tahan tubuh atau mencegah penyakit. Sedangkan, serat membantu melancarkan pencernaan tubuh.
Selain mengonsumsi makanan bergizi, hindari pola makan modern yang tidak sehat seperti berikut:
ADVERTISEMENT
  1. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan lemak.
  2. Kurang mengonsumsi serat.
  3. Sering menyantap fast food yang banyak mengandung pengawet, penyedap rasa, dan kalori kosong.
  4. Kebiasaan ngemil berlebihan.
  5. Merokok dan minum minuman keras/alkohol.
2. Olahraga Secara Teratur
Olahraga secara teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tidak pernah berolahraga, daya tahan tubuh jadi melemah dan akhirnya mudah terserang penyakit.
Mengutip buku Bugar dengan Olahraga oleh Yuliatin dan Moh Noor, olahraga secara teratur dapat memacu jantung, pernapasan, dan memperlancar peredaran darah. Berolahraga dapat dilakukan setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, joging, atau bersepeda.
Selain itu, dapat pula melakukan olahraga dalam bentuk permainan yang dilakukan secara berkala. Misalnya, setiap minggu menyempatkan waktu bermain badminton, bola basket, sepak bola, atau tenis.
ADVERTISEMENT
3. Istirahat yang Cukup
Istirahat yang cukup juga merupakan hal yang penting dan tak boleh disepelekan. Tubuh memerlukan istirahat setelah banyak beraktivitas. Jika tubuh tidak diistirahatkan dengan cukup dapat mengalami kelelahan.
Organ tubuh seperti otak misalnya, fungsinya dapat menurun jika tidak istirahat dengan cukup. Seperti diketahui, otak memiliki peran penting dalam tubuh. Jika fungsinya menurun, risiko stres dan kesulitan mengontrol emosi menjadi lebih besar.
Kinerja otak yang menurun juga membuat seseorang tidak bisa berpikir dengan baik. Jika pada malam hari tidak tidur dengan cukup, pagi harinya tubuh akan mengalami kelelahan dan sulit berkonsentrasi.
(AFM)