3 Rekomendasi Retinol untuk Pemula yang Aman Digunakan

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
6 Agustus 2022 13:11
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi retinol untuk pemula. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi retinol untuk pemula. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang banyak digunakan dalam produk skincare. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak kaum hawa yang menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan tersebut.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan, retinol memang bisa dijadikan senjata utama untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Fungsi utamanya adalah untuk memerangi tanda-tanda penuaan dini.
Ketika diaplikasikan pada wajah, retinol mampu membantu mengembalikan sel-sel kulit dalam keadaan yang lebih muda sehingga kulit terlihat semakin mulus, bebas noda, dan terasa kenyal.
Retinol juga berfungsi untuk menjaga pori-pori tidak tersumbat, mencegah jerawat, memperbaiki tekstur, mencerahkan kulit, serta menyamarkan garis-garis halus.
Di sisi lain, penggunaan retinol yang tidak tepat dan sesuai justru bisa memberikan efek samping negatif bagi wajah. Mengutip Healthline, saat pertama kali digunakan, retinol mungkin akan menyebabkan iritasi, kemerahan, dan pengelupasan. Efek tersebut lebih rentan dialami oleh pemilik kulit sensitif.
Oleh sebab itu, bagi yang baru pertama kali menggunakan retinol sebagai rangkaian skincare sehari-hari, disarankan untuk memilih produk dengan kandungan retinol rendah dan gentle untuk meminimalisir efek samping tersebut.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi yang butuh membutuhkan referensi, beberapa rekomendasi retinol untuk pemula berikut ini mungkin bisa membantu.

Rekomendasi Retinol untuk Pemula

1. Avoskin Miraculous Retinol Ampoule

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule (30 ml). Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Avoskin Miraculous Retinol Ampoule (30 ml). Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Produk ini cocok bagi Anda yang sudah memasuki usia 20-an dan ingin mencegah penuaan dini. Menurut klaimnya, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule memiliki kandungan 3% Actosome retinol yang 50% lebih rendah efek samping dibandingkan dengan retinol lainnya.
Perpaduan vitamin E, ekstrak green tea, dan ekstrak buah pomegranate yang terkandung di dalamnya bekerja secara optimal untuk memicu regenerasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit.
Cara menggunakannya mudah, cukup aplikasikan ampoule secara merata pada kulit wajah dan bilas keesokan harinya. Jika rutin memakainya, Avoskin Miraculous Retinol Ampoule juga bisa menyamarkan noda hitam dan meredakan jerawat. Untuk menggunakannya, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp259.000.
ADVERTISEMENT

2. Whitelab Retinol Treatment Serum

Whitelab Retinol Treatment Serum cocok digunakan bagi Anda yang baru mencoba memakai retinol. Kandungan Encapsulated Retinol 1% di dalamnya membantu meminimalisir risiko iritasi ketika dipakai.
Ditambah dengan ingredients lain seperti Ferulic Acid, Hyaglutamic 10000TM, dan Ceramide-4, produk ini disebut mampu membantu proses stimulasi regenerasi kulit sehingga wajah tampak awet muda, kulitnya terasa kenyal dan kencang, serta bebas dari noda dan kerutan.
Untuk meminimalisir efek samping yang ditimbulkan, Whitelab Retinol Serum tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui. Produk ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp96.000.

3. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol

Somethinc Level Persen Encapsulated Retinol (20ml). Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Somethinc Level Persen Encapsulated Retinol (20ml). Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Retinol untuk pemula selanjutnya datang dari brand kecantikan ternama, Somethinc. Didukung dengan teknologi enkapsulasi, Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol bekerja dua kali lipat lebih efektif dari retinol biasa, namun tetap gentle dan aman digunakan.
ADVERTISEMENT
Produk ini diklaim mampu menyamarkan kerutan halus, membantu mengencangkan kulit, serta menjaga keremajaan dan kekenyalan kulit. Selain itu, retinol ini juga mengandung 4-t-Butylcyclohexanol yang teruji secara klinis dapat meredakan gejala iritasi dengan cepat.
Gunakan pada malam hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Somethinc Level 1% Encapsulated Retinol bisa ditemui dengan mudah di e-commerce dengan harga sekitar Rp155.000.
(ADS)
Berapa persen retinol yang baik untuk pemula?
chevron-down
Kapan sebaiknya menggunakan retinol?
chevron-down
Retinol gunanya untuk apa?
chevron-down