4 Anggota Planet Luar: Jupiter hingga Neptunus

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
18 April 2024 9:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Planet luar adalah planet yang berada di luar sabuk asteroid dan dikategorikan sebagai planet-planet yang memiliki jarak yang jauh dari Matahari. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Planet luar adalah planet yang berada di luar sabuk asteroid dan dikategorikan sebagai planet-planet yang memiliki jarak yang jauh dari Matahari. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Planet adalah benda langit di tata surya yang mengorbit bintang dan bentuknya hampir bulat. Bentuk ini tercipta karena gravitasi yang menarik memiliki ukuran lebih besar daripada benda-benda langit lainnya seperti asteroid dan komet.
ADVERTISEMENT
Planet umumnya diklasifikasikan berdasarkan jenis, sifat, dan jaraknya. Dilihat dari jaraknya ke Matahari, planet dibedakan menjadi dua jenis, yakni planet dalam dan planet luar.
Menurut Joko Sutisno dalam buku Fokus Belajar Inti Sari Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs, planet luar adalah planet yang berada di luar sabuk asteroid dan dikategorikan sebagai planet-planet dengan jarak yang jauh dari Matahari. Apa saja anggota planet luar?

Anggota Planet Luar

Salah satu anggota planet luar adalah Saturnus. Foto: Pexels.com
Planet luar, juga dikenal sebagai planet superior, adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di luar orbit Bumi. Jaraknya lebih besar dari 1 satuan astronomi (150 juta kilometer) dari Matahari.
Dihimpun dari buku Bumi dan Alam Semesta untuk SD karya Drs. Yamin Winduono dan Drs. Kandi, berikut daftar anggota planet luar:
ADVERTISEMENT

1. Jupiter

Citra planet Jupiter terbaru yang seperti tengah terbakar. Foto: Dok. Gemini Observatory/M. H. Wong et al.
Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya kita. Dengan diameter sekitar 11 kali lebih besar dari Bumi, Jupiter merupakan planet berbentuk raksasa yang menarik bagi para ilmuwan.
Jupiter berjarak sekitar 5,2 Satuan Astronomi (SA) dari Matahari, dengan eksentrisitas orbit sebesar 0,048 dan periode revolusi planet yang terjadi sekitar 11,86 tahun. Sedangkan periode rotasi Jupiter terbilang sangat cepat, yakni hanya sekitar 10 jam.
Atmosfer Jupiter terdiri dari lapisan awan yang tebal, terdiri dari gas-gas seperti hidrogen, helium, amonia, dan metana.
Jupiter juga dikenal dengan keberadaan satelit-satelitnya. Paling terkenal adalah Io, Europa, Ganymede, dan Callisto yang dikenal sebagai satelit Galilea.

2. Saturnus

Gambar Saturnus dengan aurora biru. Foto: ESA/Hubble & NASA
Saturnus adalah planet kedua terbesar dalam tata surya dan terkenal dengan cincinnya yang menakjubkan. Ukuran diameter sekitar 9 kali lebih besar dari Bumi.
ADVERTISEMENT
Planet ini berjarak sekitar 9,5 Satuan Astronomi (SA) dari Matahari, dengan eksentrisitas orbit sebesar 0,056 dan periode revolusi sekitar 29,5 tahun.
Cincin Saturnus terdiri dari partikel-partikel es dan batuan kecil yang mengelilingi planet. Hal itu yang membuat pemandangan Saturnus dari kejauhan begitu spektakuler.
Saturnus memiliki setidaknya 82 satelit yang diketahui. Satelit terbesar adalah Titan yang memiliki atmosfer tebal dan permukaan yang penuh dengan jejak cairan.

3. Uranus

Uranus adalah anggota planet luar yang memiliki warna biru. Foto: Pexels.com
Uranus adalah planet yang terkenal karena sumbunya yang miring dan warnanya yang biru. Sumbu rotasi Uranus miring begitu signifikan, hampir sejajar dengan bidang orbitnya. Hal itu mengakibatkan perubahan musim yang ekstrim di planet ini.
ADVERTISEMENT
Uranus berjarak sekitar 19,2 Satuan Astronomi (SA) dari Matahari, dengan eksentrisitas orbit sebesar 0,047 dan periode revolusi sekitar 84 tahun.
Ukuran diameter Uranus sekitar 4 kali lebih besar dari Bumi. Planet tersebut memiliki setidaknya 27 satelit yang mengorbit planet dalam berbagai arah.

4. Neptunus

Foto Neptunus oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb menampakkan citra cincin beserta satelit alaminya. Foto: NASA
Neptunus adalah planet terjauh dalam tata surya. Planet ini berjarak sekitar 30,07 Satuan Astronomi (SA) dari Matahari, dengan eksentrisitas orbit sebesar 0,009 dan periode revolusi sekitar 164,8 tahun.
Dibandingkan dengan anggota planet luar lain, Neptunus memiliki ukuran diameter yang cenderung lebih kecil, hanya sekitar 3,8 kali lebih besar dari Bumi.
Neptunus memiliki sistem cincin yang tipis dan tidak sebesar Saturnus. Planet tersebut memiliki setidaknya 14 satelit yang diketahui, yang terbesar adalah Triton. Itu adalah satelit yang menarik karena bergerak mundur, berlawanan arah dengan rotasi Neptunus.
ADVERTISEMENT
(SAI)