4 Cara Menangkal Santet di Rumah Menurut Islam yang Ampuh

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
13 Februari 2023 10:31 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi caracare menangkal santet di rumah menurut Islam (Unsplash).
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi caracare menangkal santet di rumah menurut Islam (Unsplash).
ADVERTISEMENT
Santet atau yang dikenal dengan istilah sihir dalam Islam dapat menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk di rumah. Meski begitu, setiap Muslim tak perlu khawatir karena ada upaya yang bisa dilakukan sebagai cara menangkal santet di rumah menurut Islam.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana dituliskan Ega Wahyu dalam buku Khazanah Islam: Himpunan 40 Artikel Saduran Tausiyah Ustadz Abdul Somad, santet atau sihir merupakan perbuatan yang sudah ada sejak zaman nabi. Bahkan, Nabi Muhammad SAW sekalipun pernah menjadi korban.
Lantas, apa saja cara-cara yang bisa umat Muslim praktikkan untuk menangkal santet di rumah? Berikut empat cara ampuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

4 Cara Menangkal Santet di Rumah Menurut Islam

Ilustrasi caracare menangkal santet di rumah menurut Islam (Unsplash).
Ada banyak cara yang bisa dilakukan umat Muslim untuk menangkal santet maupun gangguan makhluk gaib lainnya. Empat cara di antaranya adalah:

1. Menghidupkan Rumah dengan Memperbanyak Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran di rumah dapat memberikan ketenangan sekaligus perlindungan bagi penghuninya, termasuk dari santet dan gangguan gaib lainnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Isra’ ayat 82.
ADVERTISEMENT
وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا
Artinya: Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.

2. Membaca Ayat Kursi

Mengamalkan ayat kursi akan menghadirkan banyak manfaat, termasuk untuk menangkal santet. Mengutip buku Allah The Center of Life oleh Haryanto, bahkan menyebut ayat kursi bisa jadi penangkal kesurupan, santet, sirih, dan pelet.
Membaca ayat kursi bisa dilakukan kapan saja, baik pagi maupun malam hari. Bacaan ini juga bisa diamalkan sebagai doa rutin setelah sholat dan sebelum tidur agar selalu mendapat perlindungan-Nya.

3. Membaca Bacaan yang Mengandung Ayat Al-Baqarah

Mengutip laman hadithprophet, Abu Huraira berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Janganlah jadikan rumah kalian seperti kuburan karena setan itu lari dari rumah yang didalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)
ADVERTISEMENT
Dalam buku Allah The Center of Life juga dituliskan bahwa kandungan ayat Al-Baqarah bisa mengobati gangguan jin dan setan.
Tafsir Ibnu Katsir disebutkan menjelaskan bahwa ayat-ayat yang dimaksud itu adalah 10 ayat surat Al-Baqarah, yaitu empat ayat awal surat, ayat kursi dan dua ayat sesudahnya, dan tiga ayat terakhir. Apabila seseorang membaca ayat-ayat tersebut di malam hari, maka setan tidak akan masuk ke rumahnya.

4. Membaca Al-Muawwidzatain

Al-Muawwidzatain adalah surat Al-Falaq dan An-Nas. Dua surat ini menurut Syamsul Rijal Hamid dalam buku Ensiklopedia Hadits Ibadah Membaca Al-Qur'an dapat digunakan untuk memohon perlindungan Allah SWT.
Sementara menurut Ega Wahyu dalam Khazanah Islam: Himpunan 40 Artikel Saduran Tausiyah Ustadz Abdul Somad, Al-Muawwidzatain disebut sebagai ayat-ayat penangkal santet. Sebab dua surat Al-Quran itulah yang menolong Rasulullah SAW saat terkena sihir dari salah seorang Yahudi.
ADVERTISEMENT
(NSA)